Masa depan anak adalah masa depan bangsa menurut saya, sehingga menciptakan masa depan yang baik bagi anak adalah tugas orangtua pada khususnya agar masa depan  anak cerah tanpa hambatan. Banyak cara sebenarnya yang bisa kita lakukan untuk menciptakan masa depan yang baik bagi anak yaitu dengan membangun kembali dunia ramah anak, mengenalkan anak pada dunia yang lebih optimis agar anak bisa mengembangkan kemampuan yang mereka miliki. Dari banyak cara tersebut, hal yang terpenting adalah kita turun langsung mendampingi anak-anak untuk mengajak mereka melihat dunia dengan cara yang lebih baik tanpa ada rasa takut dan pesimis.

Karena masa depan anak adalah masa depan bangsa, Unilever sebagai perusahaan fast moving consumer goods terdepan di pasar Indonesia yang berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia mengadakan Kampanye Unilever BrightFuture untuk Program Edukasi Kesehatan, Lingkungan dan Pemberdayaan Komunitas. Tema yang diangkat dalam kampanye brightfuture adalah “Selamat Tinggal Dunia Lama” yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk bersama-sama meninggalkan rasa pesimis pada dunia yang bermasalah dengan membangun dunia baru yang lebih baik, khususnya bagi anak-anak. Dunia dimana anak bisa tumbuh di lingkungan yang nyaman dan sehat dengan menjalani masa kecilnya yang indah dan gembira.

Dalam kampanye brightfuture ini, Unilever juga bekerja sama dengan Blibli.com yang bertujuan untuk mengajak konsumen melakukan hal nyata membangun masa depan anak.  Mbak Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk., menjelaskan bahwa pemilihan produk yang digunakan sehari-hari dan gaya hidup konsumen adalah dua hal yang sangat berpengaruh dalam menentukan seperti apa dunia kita di masa yang akan datang. kekuatan konsumen dan brand-brand akan mampu membuat perubahan positif bagi generasi mendatang. Hal ini disampaikan beliau pada acara #TUMBloggerMeetUp yang diadakan oleh The Urban Mama, 17 Desember 2016 kemarin.  Mbak Maria juga mengatakan bahwa menurut penelitian terbaru dari Unilever Global menunjukkan bahwa 54% konsumen mau memilih produk yang diproduksi secara bertanggung jawab dan memiliki misi sosial. Selain manfaat, harga, dan kualitas, konsumen menginginkan produk yang membuat mereka merasa ikut terlibat dalam sebuah tujuan yang mulia. Dengan banyaknya jumlah konsumen yang memiliki kesadaran ini, berarti sebetulnya langkah menuju dunia baru yang lebih cerah sudah dimulai saat ini dan dunia yang lama akan segera berubah. Karena itu agar konsumen bisa berperan langsung pada masa depan anak, Unilever menggandeng Blibli.com untuk mulai mengedukasi konsumen melalui program kesehatan, lingkungan,dan pemberdayaan komunitas di sekitar area bermain publik di 5 Kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar). Program yang dijalankan dengan Blibli.com tidak hanya mengajak peran aktif masyarakat dalam mewujudkan dunia yang lebih sehat dan gembira lewat ranah digital. Namun juga menggandeng komunitas dan pemerintah di sekitar taman bermain umum untuk memanfaatkan dan menjaga fasilitas yang kami bangun. Tentunya fasilitas yang sudah ada bisa dimanfaatkan dengan baik bila komunitas setempat ikut merawat.

Kerjasama Unilever dengan Blibli.com ini merupakan hal yang baik karena Blibli.com juga mempunyai visi dan misi yang sejalan yaitu memberikan kehidupan lebih baik sesuai gaya hidup konsumen. Di zaman teknologi dan online sekarang ini, belanja online merupakan solusi baik bagi masyarakat khususnya yang tinggal di kota-kota besar, terlebih bagi ibu-ibu modern belanja online bisa memudahkan belanja bulanan tanpa harus ke luar rumah dan tetap bisa berkumpul bersama keluarga, ujar Lani Rahayu, Senior Marketing Communication Manager Blibli.com Kerjasama Unilever dengan Blibli.com ini tentunya juga melakukan program edukasi seputar kesehatan, lingkungan, dan bijak dalam berbelanja online. Program-program edukasi yang pernah dilakukan seperti mencuci tangan memakai sabun, sikat gigi pagi dan malam, mengetahui pentingnya sarapan bergizi, ditambah dengan cara menjaga toilet agar tetap bersih, bermain di luar ruang, memilah sampah, serta bijak dalam berbelanja online.

Kampanye ini sebenarnya sudah dilakukan dari tahun 2013, dimana setiap tahunnya memiliki tema yang berbeda dan aksi yang berbeda sesuai dengan isu dan permasalahan yang ada, seperti sanitasi, penanaman pohon dan sebagainya. Kerjasama yang dibuat oleh Unilever dengan Blibli.com  berlangsung mulai 1 Desember 2016 sampai dengan 31 Desember 2016 dimana selama masa periode kampanye, setiap konsumen Blibli.com yang melakukan pembelian produk Unilever tertentu yaitu Lifebuoy, Pepsodent, Blue Band, Domestos, Vixal dan Rinso di Blibli.com, konsumen secara otomatis turut mendonasikan Rp. 1.000,- untuk program edukasi kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di arena taman bermain.

Kenapa Taman bermain? karena saat ini sudah berkurangnya taman bermain yang ramah, nyaman dan beredukasi bagi anak, ditambah lagi dengan pola anak sekarang yang terbiasa bermain di dalam rumah daripada di luar rumah. Sehingga pembuatan taman bermain ini diharapkan dapat membantu anak dan orangtua untuk bisa bermain dan belajar di lingkungan luar rumah dengan nyaman. Dengan bermain dan belajar di luar rumah diharapkan anak dapat mengetahui apa saja yang ada di luar rumah dan juga bisa menciptakan lebih rasa toleransi pada anak. Karenanya Taman bermain yang memiliki sarana fasilitas yang lengkap termasuk edukasi dan sanitasi yang baik dapat membuat anak berkativitas dengan nyaman dan juga memberikan waktu bagi anak untuk bisa mengembangkan dirinya secara optimal.

Mbak Retno, Psikolog dari SAUH Psychological Services, juga mengatakan bahwa pemberdayaan komunitas di era sekarang ini sangatlah tepat. Komunitas sebagai saluran yang menterjemahkan gerakan sosial menjadi sebuah aksi dan yang menjadi pengikat suatu komunitas adalah kepentingan bersama dalam memenuhi kebutuhan sosial. Melalui kaborasi dengan banyak pihak yang relevan sangatlah diperlukan agar tujuan dari kampanye brightFuture bisa mengikutsertakan sebanyak mungkin orang.

Dari program edukasi yang dilaksanakan, diharapkan komunitas dapat memelihara taman bermain yang telah dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik, memanfaatkan taman bermain untuk beraktivitas sambil mengeksplor sarana edukasi yang ada di taman, dan juga menerapkan perilaku hidup bersih, sehat dan bijak dalam berbelanja online.

Harapan dari kampanye brightfuture “Selamat Tinggal Dunia Lama” ini dapat mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dan memiliki kesadaran serta kepedulian untuk kehidupan yang lebih baik terutama bagi anak-anak. Kerjasama-kerjasama yang ada pun bisa terus berlangsung untuk dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat agar terbiasa untuk hidup bersih, sehat dan bijak dalam berbelanja online.

Yuk, ikutan turun langsung yuk untuk membantu masa depan anak cerah!.

unilever2

unilever3

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku