Setelah #Tutur1 terlaksana dan berjalan dengan baik dari semua pihak, kami mencoba membuat #Tutur2 dengan materi dan narasumber yang ga kalah kecenya. Pada #Tutur2 ini kebetulan saya bertemu dengan Mas Ilya Alexander di acara TUM bulan lalu dan mencoba mengajak Mas Ilya untuk berbagi ilmunya di #Tutur dan Mas Ilya mau untuk berbagi, hahay senangnya.

Setelah diskusi via email dan wa akhirnya sepakat bahwa #Tutur2 akan membahas mengenai “Safer Internet at Home”. Kenapa tema ini? karena ini adalah langkah awal dan penting bagi kita untuk mengetahui seberapa amannya kah atau bahanya internet pada kehidupan kita bahkan kepada anak-anak. Mas Ilya sudah berpesan tidak akan memasuki ranah parenting karena setiap orangtua pasti punya rules masing-masing di parentingnya, tetapi dia lebih ingin membuka mata kita bahwa ini nyata dan ada di kehidupan kita dan bisa kita cegah jika kita mau dan mau cari tahu. Ya bisa dibilang dampak pronografi dan sejenisnya bermula dari internet, nah sebelum dampaknya lebih baik kita sebagai orangtua harus tahu apa yang membuat itu bisa terjadi dan bagaimana meminimalisirnya.

Mas Ilya mengatakan bahwa sebermanfaatnya internet bagi kita tetap internet tidak aman, apalagi bagi anak-anak dibawah 13 tahun, karenanya banyak aplikasi-aplikasi diciptakan untuk 13 tahun keatas, sehingga sebagai orangtua tentunya kita harus tahu apa saja yang baik digunakan oleh anak dan tidak baik digunakan. Parenting control dari semua aplikasi baik di handphone maupun gadget apapun biasanya sudah disediakan, nah kita harus bisa menggunakannya dengan sebaik-baiknya, hal ini dilakukan untuk meminimalisir dampak yang tidak baik kedepannya. Bahkan smart tv atau siaran tv kabel pun berbahaya bagi anak-anak, nah sadar kah kita akan itu? Banyak hal dan faktor yang dijabarkan oleh mas Ilya sehingga membuat para peserta #tutur2 merasakan bahwa ternyata selama ini apa yang biasa kita lakukan bisa membuat dampak yang nantinya menjadi tidak baik. Bisa dibilang kemarin tuh rasanya kita sebagai individu dan orangtua seperti ditampar bolak balik deh.

Acara #Tutur2 ini sangat bermanfaat sekali, dengan suasana yang hangat walaupun diluar hujan tetapi rasa penasaran para peserta dan penjelasan yang asyik dari Mas Ilya membuat suasana berbagi pengalaman di #Tutur ini sangat khidmat dan sempurna. Senang rasanya jika #Tutur bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan. Sampai jumpa di #Tutur3 berikutnya yaaa, jangan sampai ketinggalan!.

IMG_20170318_123839

#Tutur2 : Safer Internet at Home

Ilya Alexander @ialexs

Sabtu, 18 Maret 2017

Qarnaina2 Daycare, Bogor

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku