Malang merupakan salah satu tempat yang indah di Jawa Timur yang menyediakan beragam destinasi wisata menarik. Saya sendiri tidak akan pernah bosan untuk datang ke kota ini dan berwisata dengan puas mulai dari wilayah utara yang bergunung-gunung hingga wilayah pesisir yang masih memiliki banyak pantai yang indah dan alami untuk dikunjungi.

airy2

Sumber : wisatamalang4wisataindonesia.blogspot.co.id

Walaupun tempat wisata di Malang Raya banyak dan beragam, kita tidak perlu khawatir untuk masalah biaya. Karena dengan anggaran yang terbatas, kita bisa menikmati liburan dengan seru. Koq bisa? coba deh beberapa tips ala backpacker yang saya buat untuk berwisata di Malang Raya.

  1. Buat Rencana Perjalanan yang Tepat

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, Malang Raya memiliki wilayah yang sangat luas. Nah jika kita ingin mengunjungi banyak tempat dengan dana terbatas, kita harus merencanakan terlebih dahulu perjalanan kita. Rencana perjalanan yang tepat akan membantu kita menikmati semua lokasi wisata tanpa takut dompet jebol.

Misalnya nih pada hari pertama, kita menjelajahi kawasan Malang Selatan yang memiliki banyak wisata pantai. Untuk menghemat waktu, pilih lokasi  satu dengan lokasi lain yang berdekatan, sehingga kita bisa menikmati semua pesonanya dengan puas. Misalnya kita datang ke Pantai Goa Cina saat sore hari agar bisa berenang ke tengah laut dan berikutnya mengunjungi Pantai Bajul Mati yang memiliki pemandangan indah dan ombak besar yang menggelegar.

  1. Pelajari Angkutan Umum di Malang

Hal lainnya jika kita ingin melakukan penjelajahan di dalam Kota Malang yaitu pelajari jalur angkutan umumnya. Di kota ini, tarif angkutan umum jauh-dekat tetap Rp4.000 saja, cukup murah. Jadi, tentukan dahulu destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Selanjutnya cari tahu angkutan umum yang ada melewatinya.

Jika nanti merasa kesusahan dan takut kesasar, bisa menggunakan angkutan online. Malang sudah memiliki beberapa penyedia angkutan online baik motor maupun mobil.

  1. Jelajahi Pusat Wisata Kuliner

Hal yang saya suka dan tidak pernah lupa dari Malang adalah wisata kulinernya. Kita bisa menjelajahi dan menikmati kawasan kuliner seperti kawasan Jalan Soekarno-Hatta. Kawasan inidDari ujung ke ujung tersedia banyak kedai yang menyajikan makanan khas Malang atau makanan unik hasil inovasi.

Selain kawasan Jalan Soekarno-Hatta, kita bisa datang ke kawasan kampus UB, UM, dan UIN Malang. Di sini juga banyak kedai kuliner yang murah dan nikmat serta ramah di kantong.

  1. Sewa Kendaraan

Kendaraan umum di Malang memang mudah didapatkan, tapi jika tidak ingin repot dan ingin menjelajah dengan lebih bebas, sewalah kendaraan umum. Kota ini memiliki beberapa penyewaan kendaraan mulai dari motor hingga mobil.

Oh ya, tarif sewa kendaraan ini bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau Anda melakukan penjelajahan dengan keluarga, menyewa mobil lebih direkomendasikan.

  1. Menginap di Hotel Murah yang Nyaman

Menjelajahi Malang dalam satu hari tentu tidak akan puas. Tentu saja kita perlu menginap di Malangi. Malang sendiri memiliki cukup banyak hotel budget (murah) yang nyaman dan bisa diandalkan.

Salah satu hotel murah di Malang yang bisa diandalkan adalah Airy. Hotel dalam jaringan terbesar di Indonesia ini menyediakan kamar hotel yang sarat dengan fasilitas. Kita bisa mendapatkan ruangan dengan AC, akses internet nirkabel gratis, pelengkapan mandi, shower air hangat, air minum gratis, TV, dan kasur yang bersih.

Hotel yang lokasinya strategis ini juga mudah dipesan. Kita bisa melakukan booking melalui web atau aplikasi iOS dan Android. Setelah pemesanan dilakukan, pembayaran bisa dilakukan melalui gerai Indomaret, menggunakan kartu kredit, dan transfer bank secara langsung.

airy

Nah itu beberapa tips untuk melakukan perjalanan murah di Malang. Dengan menerapkan lima tips di atas, tentu saja perjalanan wisata kita bisa lebih menyenangkan tanpa pengeluaran yang terlampau besar. Jika seperti ini, siapa yang tidak ingin? Yuk kita jalan-jalan ke Malang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku