Ga! ga gampang sama sekali kalo menurut gw yang awam dan baru belajar merintis usaha, sial!. Dulu sebelum mulai usaha dan nanya ke orang-orang yang udah pada sakses usaha bilangnya sih mereka gampang, yang penting modal berani dan saat itu juga gw mulai jiper karena kagak berani sama sekali, ya iyalah kalo usahanya bangkrut dan rugi gimana? huwaaa ga kefikiran deh buat gw. Tapi semakin kesini semakin banyak doktrin yang mengatakan, kalo mikirnya takut dan ga berani mulu ya ga bakal berani untuk mulai usaha dan ga akan belajar gimana caranya usaha. Ya maklum lah ya, walaupun gw orang padang, nanek dan kakek gw pedagang tapi jiwa dagangnya ga ada sama sekali nurun ke emak babe gw karena ya emang emak babe gw pan orang kantoran yang biasa nerima gaji dan ga pernah tau gimana caranya dagang bahkan kagak pernah ikutan dagang bareng nanek dan kakek gw, jadi ya maklum juga lah kalo gw terdidik bukan dengan jiwa pedagang, tapi jiwa pegawai negeri haha jadi tetep aja jiper, apa lagi nyokap bokap gw pas gw bilang pengen usaha dan berhenti kerja, busett ditentang abis-abisan dan sempet ga percaya sama gw kalo gw bisa ngejalaninnya, huhu. Tapi ya itu kalo ga di coba ga akan tau kan? sipp bener banget deh.

Nah sampai akhirnya beneran gw mencoba memutuskan untuk usaha, awalnya sih pengen buka online shop aja tapi ternyata seiring berjalan waktu dan Alhamdulillah Tuhan maha baik sama gw, dapet modal buat buka usaha offline alias buka warung huehe dengan skala yang lebih besar daripada online dan ini menyita waktu, fikiran dan tenaga gw pada awalnya sehingga si usaha online ini terbengkalai dan lambat jalannya, ya sudah ya satu-satu dulu dan kata orang juga nih kalo usaha tuh harus fokus ga bisa disambi-sambi dan harus terjun langsung supaya hasilnya maksimal dan tau rasanya. Yeah you right man! Fokus dan pusing lebih tepatnya haha.

Jadi karena sudah niat dan hasrat menggebu-gebu untuk bisa resign, akhirnya gw mencoba usaha laundry kiloan dan dry clean. Kenapa milih ini? simpel sih karena gw emang ga kefikiran buat bikin usaha makanan dan karena sudah hampir 2 tahun gw nyuci di laundry jadi kenapa enggak gw punya laundry sendiri karena ngelihatnya sih seru dan semakin kesini semakin banyak orang yang ga mau repot, capek kerja masih diurusin sama masalah nyuci dan nyetrika, daripada pusing ya mending ke laundry kan karena nyuci dan nyetrika tuh makan waktu loh, mungkin kalo nyuci sih enggak ya bisa disambi nonton tv atau masak karena tinggal masukin mesin dan beres, lah nyetrika? hiyaa minimal sejam kali buat nyetrika baju doang, kalo ada pembantu sih enak, lah kalo kagak ade? karena kalo difikir-fikir ongkos buruh cuci sama ke laundry ga jauh beda. Buruh cuci sebulan itu paling murah misalnya 250rb, malah ada yang sampe 400rb dan itu lebih mahal daripada nyuci di laundry. Misalnya nih kayak gw, seminggu itu sekitar 10kg gw nyuci berarti seminngu gw ngeluarin duit 60rb nah kalo sebulan tinggal x4 = Rp. 240.000, lebih murah kan? hasilnya ga jauh beda koq, tetep bersih, wangi dan rapi, sampe rumah tinggal pake haha. Nah karena kemudahan ini makanya banyak orang yang sekarang nyuci ke laundry kiloan. Jadilah gw cari tahu tentang buka usaha laundry dan karena emang gw ga ada pengalaman sama sekali, ya terpaksa gw ambil laundry yang franchise dulu sambil belajar, nanti kalo dah tau gimana caranya dan punya modal lagi ya bisa buka laundry lagi mungkin dengan ga pake franchise jadi bisa lebih murah itungannya karena kalo pake franchise pasti agak lebih mahal sedikit dan tiap bulan kita musti bayar royalti segala, tapi karena untuk awla yang bagus dan pengen hasil yang bagus jadilah gw laundry franchise. Cari informasi, ngehubungin franchise, keliling bogor cari tempat dan masih banyak lagi yang dilakuin dan itu bener-bener nyita waktu, tenaga sama fikiran. Belom lagi cari karyawan yang bagus dan ga neko-neko, yak perjuangan masih panjang lah, makanya 4 bulan yang lalu tuh bener-bener jadi orang sibuk deh, belum lagi gontok-gontokan sedikit sama kantor pusatnya laundry dan hal-hal lain yang ga kefikiran sama gw bakal gw lewatin. Dan ga sampe situ aja, pas dah running usahanya, apa semuanya lancar kayak dipantai? KKAAAGAAAKKKKK *sambil teriak*, ini yang lebih pusing lagi……

Yah gw baru bener-bener ngerasain kalo usaha tuh ga gampang, susyehhh bo….masalah selalu ada dan ya itu gimana kita nyelesain dan ngadepinnya. Adalah lagi banyak-banyaknya cucian, listrik mati atau air mati, huwoooo pengen nangis ga sih rasanya? kalo ga tepat waktu ya ga profesional dong namanya, dan pasti ntar dimaki-maki konsumen, huwooo mati lah eyke, pernah juga stabilizer jebol jadi mesin ga bisa nyala, lari lah gw nyari stabilizer baru, dan masih banyak hal lain yang diluar fikiran gw deh dan itu terjadi di awal-awal yang mana gw masih panik TAPIIII sekarang? lebih santai kayak dipantai…..kalo air atau listrik mati ya udah santai aja, mau gimana lagi toh bukan salah gw kan sebenernya, wong yang salah pln atau pam, lah eyke kan tinggal ngikutin aja, kalo ada konsumen yg ngomel ya tinggal dikasih tau aja kalo listrik atau pam mati, wong dirumah mereka juga mati kan? huehehe, kalo ga ngerti ya kebangetan sih.

Tapi semua itu proses belajar sih buat gw, banyak yang nanya sama gw enakan mana usaha sama jadi pns? yang jelas sih kalo masalah pendapatan ya enak kerja kantoran lah, tiap bulan udah pasti dan yang kita kerjain juga udah pasti ya itu-itu aja, tapi kalo usaha tuh ga pernah bisa ditebak, yang diurusin juga banyak, ngurusin karyawan, ngurusin konsumen, ngurusin keuangan, ngurusin manajemen dan banyak hal lainnya dan ini lebih menantang daripada kerja kantoran dan butuh keuletan yang maksimal dan kesabaran yang maksimal juga. Semua harus dilihat dari segala porsi dan posisi, dicerna baik-baik, diperhatikan, dicoba dan dilihat hasilnya, kalo ga sesuai ya harus mikir lagi cari pola selanjutnya dan bakal begitu terus, jadi ga cuman duduk manis nunggu konsumen dateng buat nyuci tapi lebih dari itu yang kadang ngebuat kepala gw cenat cenut tiada henti haha.

Tapi dari semua kesusahan yang ada, pasti ada hal yang baik dan menyenangkannya lah ya, Alhamdulillah dapet karyawan yang baik dan jujur dan juga lucu yang kadang bikin gw ngakak ketawa dan bisa bikin gw lama-lama bisa bahasa sunda haha karena mereka pada ngomong sunda, tinggal gw doang yang cengok kagak ngarti haha. Dapet pemilik ruko yang juga baik, dapet dukungan yang baik banget nget nget dari suami dan orang tua jadi ngebuat gw selalu berusaha untuk ngejalanin usaha ini dengan baik dan sebaik-baiknya. Senengnya juga adalah bisa nolong orang-orang buat nyuci, bisa nolong karyawan dan hal-hal lain yang ga bisa dibilang.

Kesimpulannya? tetep usaha susah? susah kalo kata gw! ga tau kalo ntar gw sakses, mungkin gw bakal bilang gitu juga kali ya sama orang yang nanya ke gw: gampang ga dit usaha?. Dan gw bakal bilang dengan gaya tengil: GAMPANG! hahaha.

Sekian dan terima cucian….

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku