Bulan Ramdahan atau biasa dikenal dengan bulan puasa sudah di depan mata. Tentunya jika sudah memasuki bulan puasa tentu saja identik juga dengan perayaan hari raya Iedul Fitri atau Lebaran. Nah Lebaran sendiri tentu saja identik dengan kue kering atau kue lebaran seperti Nastar, putri salju, kastengel yang biasanya selalu ada di setiap rumah. Kue kering ini seperti wajib ada dan kurang afdol kalo pas lebaran tidak tersuguhi di meja untuk dicicipi bareng sanak saudara. Saya pribadi termasuk orang-orang yang selalu menyiapkan kue kering ketika lebaran, rasanya kalo tidak ada kue kering tidak terasa lebarannya karenanya kue kering adalah hidangan wajib yang ahrus ada di meja tamu saya ketika lebaran.

Kue kering di saat lebaran biasanya saya beli di toko kue, saya agak malas jika harus bikin kue sendiri karena oven saya yang tidak terlalu besar dan menggunakan listrik yang cukup besar membuat saya berfikir ribuan kali jika harus membuat kue kering, hasilnya adalah membeli kue saja biar mudah tanpa repot-repot membuat apalagi menggunakan oven.

Nah, Sabtu lalu, saya di undang oleh blueband untuk menghadiri workshop membuat kue lezat lebaran dengan resep mudah meriah tanpa menggunakan oven? loh koq bisa tanpa oven? bagaimana caranya? Nah di Workshop ini yang diadakan di Lucy in the Sky kawasan SCBD Jakarta, Blueband menjelaskan semuanya. Lewat Brand Manager Blueband, Nando Kusmanto mengatakan bahwa Blueband sangat mengerti bahwa setiap ibu ingin memberikan kue lebaran yang spesial dan lezat untuk keluarganya walaupun tantangannya sangat berat, karenanya blueband cake and cookie tahun ini meluncurkan 10 resep mudah meriah kue khas lebaran tanpa menggunakan oven.

10 resep mudah meriah ini  diciptakan dengan kolaborasi blueband bersama chef muda berbakat, Ayu Rinjani Raharjo. Chef Anjani mengatakan, walaupun resep mudah meriah ini cara memasaknya tanpa menggunakan oven, tetapi untuk rasa dan tekstur tetap difikirkan dengan baik,s ehingga rasa klasik pada kue lebaran tetap ada seperti kue yang menggunakan oven. Pada acara ini juga dihadiri bintang tamu yaitu Ayudia Bing Slamet. Ayudia yang sekarang sudah menjadi mama muda yang memiliki anak kecil juga sempat meraskan sulit untuk membuat kue lebaran sendiri. Padahal ayudia bermimipi untuk bisa membuat kue lebaran sendiri untuk suami dan anak serta memiliki kue andalan sendiri ketika lebaran. Dengan resep mudah meriah tanpa oven ini, ayudia optimis bisa membuat kue sendiri di rumah.

Nah, untuk mendukung ibu-ibu membuat kue yang lezat, selain 10 resep yang diluncurkan, blueband juga membuat inovasi baru yaitu blueband cake and cookie untuk kualitas kue yang lebih baik dan lezat karena komposisi yang sudah dipadupadankan dengan sempurna antara margarine dan butter sehingga memberikan aroma  kue yang harum dan rasa yang lembut khas butter, tanpa perlu menggunakan butter. 10 resep mudah meriah tanpa oven ini bisa kita lihat di http://www.blueband.co.id/dapurnooven/.

Untuk pengganti oven, kita bisa menggunakan kukusan, ya bener kukusan. Saya juga awalnya kaget, koq pake kukusan? ternyata kukusan juga bisa menjadi pengganti oven dan bersifat memanggang karena pada kukusan ini kita tidak menggunakan banyak air, hanya cukup 2 sendok air saja, jadi prosesnya tetap memanggang bukan mengukus. Tetapi ada beberapa kue seperti kue putu yang prosesnya mengukus, yaitu menggunakan air banyak. Untuk kue kering, hanya butuh 2 sendok air, dan mengoleskan mentega pada dasar letak meletakkan kue. Proses pemanggangan ini sedikit lebih lama dibandingkan menggunakan oven, jika menggunakan oven 10-15 menit sudah matang, dengan menggunakan kukusan menghabiskan waktu 20-30 menit. Nah kalo ada alternatif yang lebih mudah seperti ini tentu saja membuat saya semangat untuk membuat kue sendiri nanti.

Oh ya, diacara ini juga chef Anjani mendemokan bagaimana mudahnya membuat kue chocolate chips kesukaan anak-anak. Setelah chef Anjani mendemoka kue buatannya, tiba gilirannya mama-mama yang datang diberi kesempatan untuk membuat kue juga. Dibagi menjadi beberapa kelompok, dengan resep kue yang berbeda, kami ditantang untuk bisa menaklukkan resep yang telah diberikan. Kebetulan saya tergabung di dalam kelompok 4 bersama mama-mama yang lain untuk membuat kue kaasstengels. Nah disini nih diuji kompak dan kebersamaan dalam kelompok, seru banget, karena waktu yang terbatas dan kami harus bisa menyuguhkan kue kaasstengels yang enak dan lezat. Alhamdulillah, kerjasama yang baik, membuat tim kami menang dalam lomba membuat kue ini, yaaayyy senang rasanya mengetahui bahwa kue yang kami buat sesuai dan enak!.

terimakasih ya blueband atas resep murah meriahnya yang mudah banget untuk dipraktekin di rumah tanpa ribet dan membuat kepercayaan diri saya bertambah untuk bisa bikin kue lebaran sendiri di rumah.

wpid-IMG_20170520_133952_220-500x281.jpg wpid-IMG_20170520_111651_245-500x281.jpg wpid-IMG_20170520_120549_384-500x499.jpg wpid-IMG_20170520_101016_049-500x333.jpg wpid-IMG_20170520_101614_129-500x303.jpg wpid-IMG_20170520_134101_996-500x281.jpg

Comments (1)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku