Libur lebaran kemarin bisa dibilang cukup banyak waktu untuk mengajak anak-anak jalan-jalan, banyak rencana yang ingin kami lakukan, tetapi namanya liburan sambil lebaran jadi ya ga semua yang kami inginkan bisa terwujud karena harus keliling silaturahmi juga ketika lebaran. Nah ketika waktu silaturahmi sudah dijalani, saatnya untuk mengajak anak-anak jalan-jalan. Mika sempet mengutarakan kepada saya dan age bahwa dia ingin piknik berempat saja dengan saya, age dan adik jibril. Permintaan Mika pun ga muluk-muluk, dia hanya ingin piknik di Kebun Raya Bogor katanya. Saat itu sih kami hanya meng-iya-kan saja permintaan Mika sambil berfikir mencari tempat lain untuk piknik, karena jika libur lebaran sudah pasti kebun raya Bogor akan sangat padat.

Setelah berfikir, saya awalnya mengusulkan untuk piknik di Suaka Elang Gunung Sralak Bogor. Waktu saya usul disana, age sempet menawarkan untuk kami camping saja, tetapi tidak jadi dikarenakan keesokan harinya rencananya age ada acara, sehingga piknik adalah solusi yang sudah pasti. Ketika hari H, saya sempat berfikir apakah jalan ke Suaka Elang akan macet? karena memang jalan ke daerah sana terkenal macet. Karena takut macet, akhirnya saya mengusulkan untuk ke Gunung Pancar Sentul saja, selain lebih dekat juga sepertinya tidak terkena kemacetan.

Sekitar jam 10 kami berangkat dari rumah, agak siang memang karena anak-anak bangun tidur agak siang karena kecapean pergi sebelumnya. Selain itu saya dan age juga harus menyiapkan bekal piknik nanti disana, semua stok makanan yang ada di rumah kami bawa dan siapkan, mulai dari nasi, kentang, nugget, sossis, buah juga Bakso Oke  buatan temen yang enak banget. Semua bekal tersebut kami siapkan di wadah/box makan, termasuk kami membawa mangkok dan piring yang tidak mudah pecah serta sendok. Kami tidak membawa alat makan yang sekali pakai atau buang karena selain membuat banyak sampah nantinya, rasanya juga tidak enak jika harus makan di tempat-tempat seperti itu. Dan sampah yang ada pun kami buang ketempat sampah, tidak kami tinggalkan begitu saja. Bahkan gelas plastik yg kami bawa pun kami bawa pulang lagi untuk kami cuci dan gunakan lagi nanti. Intinya sih meminimalkan penggunaan bahan plastik hehe.

Perjalan ke gunung pancar sendiri sebenarnya hanya 30 menit dari rumah, tetapi karena sempat berhenti-henti dan nyasar karena google map yang salah memberikan arah, akhirnya kami baru tiba disana sekitar jam 12an. Gunung pancar ini sebeernya dereta hutan pinus yang luas. Dan karena memang musim liburan jadi ya agak ramai juga, tetapi untungnya kami datang masih siang, karena ternyata semakin sore semakin ramai. Di gunung pancar ini selain tempat rekreasi, bisa juga sebagai tempat camping, ada area camping tersendiri dan juga ada area piknik. Bahkan ada juga pemandian air panas nya. Akhirny kami memutuskan untuk berhenti di area piknik, mencari tempat yang tidak terlalu ramai dan mulai menggelar matras yang kami sewa di BnB Adventure Bogor. Kemudian kami juga menyewa Hammock yang disewakan oleh penduduk sekitar, harga sewa hammock sebesar IDR. 20.000/jam. Anak-anak langsung sibuk bermain di hammock dan bermain tiup balon yang juga kami beli disana.

Pengalaman piknik ini sangat seru bagi anak-anak terutama Mika yang memang menginginkan hal ini. Dia sudah tidak sabar lagi untuk petualangan berikutnya nanti ketika saya dan age ada waktu lagi megajak mereka jalan-jalan. Senang rasanya melihat raut muka senang anak-anak. Saya dan age pun lebih menyukai kegiatan alam dan outdoor seperti ini, rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, luar biasa lah. Next trip mungkin kami akan ke Suaka elang, doakan yaa semoga bisa terwujud, aamiin.

wpid-wp-1499248572117..jpg

wpid-wp-1499248572436..jpg

wpid-wp-1499248572394..jpg

wpid-wp-1499248572353..jpg

wpid-wp-1499248572318..jpg

wpid-wp-1499248572272..jpg wpid-wp-1499248572228..jpgwpid-wp-1499248648131..jpg

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku