Horay, Alhamdulillah akhirnya peyapeyo weekend class #batch2 tanggal 11 April 2015 sakses dilaksanakan. Peserta semakin banyak, 55 Orang. Waktu buka pendaftaran, cuman butuh waktu 2 hari udah full buat pendaftaran, Alhamdulillah banget pokoknya.

Untuk peyapeyo weekend class #batch2 ini temanya masih mengenal air tapi permianan, pembelajaran dan petualangannya berbeda dengan yang #batch1 kemarin karena kalo di samain kasian yang udah ikutan #bacth1 jadi ga bisa ikutan yang #batch2. Makanya supaya masih bisa ikutan, kita bedain kegiatannta tapi tetep seru lah, ini dilihat dari animo peserta yang ikut. Untuk kegiatan #batch2 yaitu Water transfer, pipe line, roket air dan main lumpur tangkap ikan.

Berikut penjelasan kegiatannya:

  • Permainan pipa baris adalah permainan untuk beberapa anak-anak dalam kelompok. Seperti namanya, permainan ini menggunakan pipa yang dibelah sebagai media atau jalan bagi kelereng yang untuk berpindah dari anak yang satu ke anak selanjutnya. Anak-anak akan ditantang untuk menindahkan kerereng sebanyak-banyaknya. Di permainan ini, anak-anak akan berlatih bekerja sama dengan teman sekelompoknya. Memerintahkan sekaligus melaksanakan komando dari teman-temannya dan berbagi peran. Kesabaran dengan sendirinya dibangun ketika anak-anak bersama-sama menunggu dan berupaya untuk mencapai tujuan. Pipa baris melatih motorik kasar anak-anak ketika harus menjaga keseimbangan agar kelereg teatp ada di pipa . Hal ini juga merangsang daya imajinasi dan kognitif anak-anak dalam menentukan bagaimana kelereng bisa berpindah ke rekannya.
  • Roket Air adalah permainan yang seru dan menarik. Karena anak-anak diperkenalkan akan fungsi udara / gas sebagai pelontar. Berbekal botol bekas, karet dan pompa. Akan melatih kognitif, motorik kasar serta motorik halus ananda pada saat memompa pompa dan memasangkan penutup botol yang terbuat dari karet. tentunya dengan cara yang seru dan menarik. Melalui bermain air, anak-ama mengamati air dan melakukan berbagai percobaan terhadap air seperti menuang dan mengambil dengan berbagai cara. Dari kegiatan tersebut anak belajar sifat-sifat air dan udara. Anak mungkin akan mengetahui bahwa air dapat mengalir dari satu tempat ke tempat tempat ke tempat lain.
  • Water Transfer. Anak akan berlari dari ujung satu ke ujung lainnya dimana terletak air dan botol. Anak-anak harus meindahkan air dari wadahnya ke botol dengan menggunakan spons. Disini anak dikenalkan dengan fenomena resapan air, dan air mengikuti bentuknya. Selain sisi keilmuan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus anak. Anak juga dikenalkan pada daya saing dan kekompakan.
  • Bersahabat dengan lumpur. Anak-anak diajak berani kotor masuk ke kolam lumpur sambil menangkap ikan. Dengan masuk ke kolam lumpur, anak-anak akan lebih dekat dengan alam. Petualangan ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak dengan merelaksasikan otot-otot dengan baik yang mungkin tidak sering digunakan. Hal ini juga berguna untuk melatih koordinasi mata dan tangan dan keseimbangan, melatih aspek-aspek motoris menjadi terlatih dan menyehatkan jasmani seperti jantung, paru, sendi, menampung oksigen, dan lainnya. Anak-anak dikenalkan pada konsep bersih dan kotor dan juga bagaimana menjaga kesehatan. Saat menangkap ikan, anak akan belajar bersosialisasi dengan anak anak lainnya dan belajar bekerjasama dalam tim untuk memecahkan suatu masalah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku