Saya pribadi bukan penikmat kopi, bukan karena tidak suka tetapi karena tidak bisa. Saya suka kopi tetapi perut saya tidak menyukainya, jadi setelah dinyatakan terkena maagh akut, berhenti pula saya sebagai penikmat kopi, karena jika saya membandel sedikit, sudah pasti besoknya saya akan mengunjungi salah satu IGD rumah sakit haha. Sayangnya, saya termasuk orang yang suka sekali nongkrong lama di warung kopi modern atau kata kerennya coffe shop, sambil bercengkrama dengan teman, kencan berdua dengan age bahkan untuk menyendiri mengerjakan sesuatu.

Di Bogor sendiri sebenarnya sudah mulai ramai tempat semacam warung kopi modern ini, bisa dibilang lagi booming lah, hampir di setiap sudut jalan dan tempat muncul beberapa warung kopi modern sampai saya sendiri bingung mau ke warung kopi modern mana yang tempatnya enak buat kongkow, internet yang kenceng serta kopi yang enak. Berhubung saya tidak bisa minum kopi, pilihan minuman berikutnya adalah coklat, sudah pasti saya akan mencari tempat dimana menjual es coklat yang enak haha.

Salah satu warung kopi modern yang saya suka adalah Rumah Kopi Ranin yang mempunya tagline “Setiap Seduhan, Merayakan Persahabatan”. Kenapa saya suka dengan Rumah Kopi Ranin ? karena konsep Rumah Kopi Ranin yang ngena banget ditambah tempatnya memang asyik untuk kongkow bareng temen, berdua dengan pasangan bahkan untuk menyendiri. Ditambah lagi cita rasa kopinya yang luar biasa. Rumah Kopi Ranin ini memang memiliki konsep berbeda dengan warung kopi modern lainnya karena mereka memiliki konsep manual brewing atau seduh manual. Seduh manual ini dilakukan agar cita rasa kopi akan lebih berasa dari kopi-kopi petani Indonesia.

Kelebihan lain dari Rumah Kopi Ranin adalah warung kopi modern di Bogor yang mensangrai kopi single origin dari kebun petani Indonesia. Melayani kopi sangrai segar dan bubuk (ground) dan wholesale roasted bean. Nah yang lebih kerennya lagi, Rumah Kopi Ranin memiliki Laboratorium Sensori yang merupakan pelayanan jasa uji citarasa dan penyiapan sumberdaya sensori kopi. Di laboratorium sensori ini kita bisa melakukan Uji Cita Rasa Kopi, Kursus Seduh Manual dan Evaluasi Mutu Kopi. Uji cita rasa kopi yaitu memfasilitasi pelaksanaan uji citarasa kopi bagi petani, dunia usaha dan pengunjung. Khusus program Uji Citarasa untuk pengunjung dilakukan secara terbuka pada hari Sabtu jam 13.00. Kursus seduh manual merupakan kursus untuk menjadi barista kopi seduh manual, mulai dari dasar-dasar citarasa dan aroma kopi, pengendalian mutu kopi, teknik penyeduhan dan protokol cupping. Sedangkan evaluasi mutu kopi merupakan pelayanan dalam menentukan tingkat mutu kopi (green bean) untuk keperluan petani dan dunia usaha.

Bagi para penikmat kopi mungkin Rumah Kopi Ranin merupakan surga dunia. Walaupun saya tidak bisa mencicipi banyak kopi disini, es coklat dan pisang gorengnya sangat sedap untuk disantap. Dari banyak warung kopi modern yang saya singgahi, Rumah Kopi Ranin adalah tempat yang paling sering saya singgahi karena tempat yang nyaman dan harga yang tidak terlalu menguras kantong.

ranin1

ranin2

Rumah Kopi Ranin

Jln. Kresna Raya 46, Bantarjati, Bogor
Telp +62 81213856018
email: info[at]rumahkopiranin.com
facebook.com/ranincoffee
www.rumahkopiranin.com
@ranincoffee

Comments (3)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku