Akhirnya kemarin hari kamis, 4 Juni 2013 hari yang ditunggu-tunggu Mika, yaitu Sekolah TK yayyyyyy!.

Udah dari berbulan-bulan lalu kayaknya nih bocah minta sekolah TK, dan gw selalu bilang nanti ya 3 bulan lagi haha. Mika itu pengen bnaget sekolah TK karena ada perosotan dan ayunanannya hahaha tapi maaf ya nak di sekolah TK kamu sekarang ga akan ada ayunan ataupun perosotan, tapi mainan yang lebih seru lagi pastinya karena menyatu dengan alam.

Ya, gw masukin mika ke sekolah alam di katulampa Bogor, baru buka dan mika angkatan pertama. Ga takut masukin anak ke sekolah baru? Ga sama sekali karena sistem pembelajaran dan guru-gurunya dari sekolah alam Bogor yang udah penuh banget kalo mau masuk ke situ, makanya meeka buka lagi di katulampa. Agak sedikit jauh sih dari rumah tapi ga jauh juga, lumayan lah karena ada jalan belakang yang bikin lebih cepat dan bebas macet, jadi masih bisa dibilang ga jauh. Pertama gw ke sekolah alam katulampa gw sudah jatuh hati sih sama tempatnya karena gede banget dan sarana untuk outbound udah ada, lapangan yang besar, sungai, kolam yang pasti gw yakin mika pasti suka banget dan bener banget, pas observasi siswa kan kita bawa mika ke sana, dan hilang usah keinginan dia untuk sekolah TK yang ada perosotan ataupun ayunan, dia antusian banget lihat lapangan hijau gede, air bersih yang ngalir dingin, kolam ikan dan tempat outbond gede, yay mika senang. Mulai dari situ dia udah ga sabaran mau sekolah.

NAh tanggal 4-5 kemarin masa orientasi siswa alias pengenalan siswa ke lingkungan sekolah dan ini ditemenin sama orangtua supaya anak agak terbiasa dulu dengan lingkungan sekolah, teman serta guru. Ya namanya mika ya, kalo ada gw mah manja banget dan apa-apa sama ibu, duh ilah, padahal biasanya dia cuek bebek dan berani, ya mungkin karena masih baru kali ya jadi belom menyatu banget tapi dia fun banget ngikutin aturan sekolahnya. Muridnya cuman 8, jadi emang dikit tapi bagus sih jadi gurunya bisa fokus ngurus bocah-bocah yang ke 8 semuanya aktif banget nget nget, 4 perempuan dan 4 laki-laki dan semua aktif. Gw kayaknya kalo disuruh ngajar anak kecil aktif semua gitu nyerah duluan deh haha, soalnya ngelihat banget sih, gurunya nyuruh apa yang dilakuin sama anak-anak apa haha.

Waktu MOS kemarin memang belum masuk ke pelajaran sih, lebih ke ngajak anak-anak untuk main dan kenal lingkungan, guru sama teman-teman, dan itu aja seru abis. Mulai bener-bener belajar baru agustus nanti habis lebaran. Setiap harinya mereka sekolah dari jam 8-12.30, lumayan lama karena emang kegiatannya lumayan. Setiap harinya mereka akan melakukan kegiatan:

  • Morning Activity –> kegiatan yang diharapkan bisa menjadi kebiasaan anak seperti qiroaty, sholat dhuha, snack time, freeplay. circle time. Semua aktifitas ini dilakukan dalam waktu 45-60 menit.
  • Zero Mind Process –> aktifitas yang diberikan anak sebelum memulai aktifitas utama pembelajaran. Tujuannya untuk mempersipakan anak akan materi yang akan di pelajari.
  • Main Activity –> aktifitas utama yang berbasis pada experiental learning, dimana siswa diberi pengalaman langsung untuk memahami suatu kompetensi sehingga secara konseptual mereka mampu menyimpulkan apa yang mereka pelajari. seluruh aktifitas diuraikan dengan multiple intelejent.
  • Closing –> dilakukan untuk menekankan pada mengajak siswa untuk merefleksikan setiap aktifitas yang telah dilakukan sehingga siswa dapat mengambil nilai-nilai dari setiap pengalaman yang diperolehnya.
pegang ikan

pegang ikan

 

Selain itu ada bebrapa kegiatan lain seperti kunjungan edukatif dan social gathering, home visit, Outbond, family day, project day, market day dan camping. Oh ya, setiap minggu kita orangtua dikasih evaluasi hasil pembelajaran anak di sekolah juga.  Yang jelas sih, gw yakin dan percaya bahwa pendidikan dasar yang terpenting ya di rumah/keluarga, sekolah hanya sebagai pendamping utama, jadi peran orangtua tetep yang utama.

lempar ikan ke kolam

lempar ikan ke kolam

Lanjut cerita mika sekolah, jadi MOS kemarin mika lebih banyak main di luar dibanding di kelas, hari pertama main kejar-kejarna dan ular tangga gitu sma membuat apollo air sendiri juga menangkap ikan kecil-kecil untuk di taro di kolam. Hari keduanya nangkep ikan besar, kasih makan ikan sama cari ikan di kolam ikan, ini seru banget. Cuman emang dasar anak gw sok bersih, pas lihat kolam ikan penuh tanah dia ga mau masuk dong hahaha malah milih di selokan air yang jernih banget. Nah waktu itu kan adik gw ikutan nganter mika, yang ada malah dia yang ikutan nyebur ke kolam ikan haha, ketahuan TK nya di dalem kelas ya? haha. 2 hari sekolah mika seneng banget, tapi karena mau puasa jadi libur deh seminggu, dan masuk lagi tanggal 15 untuk sanlat ramdhan gitu.

Yay, happy happy ya mika di sekolah, belajar yang bener, supaya pintar, ok?

Comments (1)

  • resna

    Hi dieta, salam kenal
    Kayaknya sering mendengar namamu di TUM
    Itu sekolah alam posisinya dmn yah? Mau survey sekolah buat TK besar buat qila anakku.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku