Ya….gw mau cerita tentang telinganya mika yang sebenernya pengen dari dulu nulis disini tapi ya lupa dan sok sibuk. Jadi gini, seperti yang sudah diketahui umum hehe, mika kan terlahir prematur, baru 7 bulan dah nongol aje dia di dunia, bosen kali ye di dalem perut makanya minta keluar hahaha. Nah tau kan lah ya kalo anak prematur tuh belom sempurna sebenernya makanya banyak bayi-bayi prematur yg punya banyak masalah di fisik karena ya itu belum sempurna semua irgan tubuhnya. Nah mika gimana? Alhamdulillah banget banget mika sehat lahir bathin dan juga secara klinis, normal semua dan tanpa kelainan apapun, makanya pas gw pulang dari rumah sakit dia juga ikut pulang dan ga pake masuk inkubator segala karena ya itu mika sehat, cuman berat badannya doang kecil dan dari hasil pemeriksaanpun mika bagus dan ga ada apa-apa, semua fungsi organ tubuhnya baik.

Tapiiiiii ada hal lain ternyata dan gw baru sadar pas di rumah kalo ternyata telinganya mika besar sebelah, yang sebelah kiri agak lebih kecil sedikit dibandingkan kanan, kayaknya emang pas lahir tuh telingan belom mekar banget jadi agak lebih kecil tapi masih berentuk telinga sempurna untungnya. Nah waktu periksa ke dokter anak gw tanya apakah telinga mika bermasalah, dan kalo dilihat pun emang ga ada masalah, cuman emang ya itu lebih kecil doang, kalo pun mau sama kanan kirinya harus di operasi ke dokter bedah plastik dan itu disarankan juga kalo mika sudah besar, kalo masih kecil ga direkomendasikan karena kan kalo anak kecil tulang telinganya juga masih halus dan nanti berkembang juga koq, bukan telinga yg ga berkembang jadi ga perlu dikhawatirkan kata dokter. Tapi dokter tetep menyarankan supaya konsultasi juga ke THT dan ini yg ga gw lakuin hahaha.

Bukan karena apa-apa cuman emang agak terlupakan oleh gw, ya gw mikirnya ntar aja lah kalo mika dah gedean baru ke THT toh selama inj kayaknya dia baik-baik aja dan ga tuli, jadi gw masih santai. Nah sebagai ibu kan gw paling ga betah tuh kalo ada yg kotor-kotor dan tentu saja akyu sering bersihin kupingnya mika termasuk yg kiri ini. Nah karena kecil gw ga terlalu memaksakan masuk si cottonbud ke telinga kirinya mika jadi ya bersihinnya seadaanya dan gw intip ga ada kotoran ya aman. Pada akhirnya gw bener-bener merhatiin lubang telingannya mika yang kiri koq kecil banget ya? Cottonbud aja kalo mau masuk agak susah dan maksa gitu, normal ga ya? Nah dari situ gw emang udah berencana pengen ke dokter THT mau ngecek telinganya mika normal ga tapi ya itu sok syibuk fan ga jadi mulu deh. Sampai akhirnya 3 hari yang lalu mika ngeluh kupingnya sakit, dia bilang di dalemnya. Gw sih mikir ah paling kotor ntar gw bersihin deh. Dan ternyata benar, besoknya ada sedikit kotoran telingan yang keluar dan gw bersihin. Tapi koq besoknya lagi dia masih ngeluh sakit dan pas gw lihat kotorannya keluar dan banyak, vuman karena sakit mika ga mau telinganya di pegang sedikitpun, karena ga betah ngeliatnya ya agak gw paksa dia buat diem dan gw bersihin kupingnya sedikit. Karena kemarin hari minggu dan ga ada dokter yang praktik jadilah baru hari ini gw ke THT.

Dannn benar, ternyata telinga kirinya mika infeksi karena banyak kotoran telingan yang ga bisa keluar dari lubangnya yang kecil. Karena kecil makanya ga bisa dibersihin pake cottonbud dan harus dibersihin sama dokter yang disarankan 3bulan sekali. Jadi kata dokter, kotoran telinga itu akan keluar jika banyak tetapi karena lubang telingan mika terlalu kecil menyebabkan si kotoran ga bisa keluar sehingga numpuk di dalam dan membuat infeksi makanya jadi sakit. Jadi emang disarankan untuk dibersihin 3 bulan sekali di dokter THT. Nah karena dah di THT ya sekalian lah gw nanya tentang telinganya mika, dan kata dia ga ada masalah sama tekinganya mika, semua fungsi telingan berjalan normal hanya memang lebih kecil sehingga jika memang diperlukan ya harus operasi bedah plastik tapi ga sekarang nanti kalo anaknya dah besar.

Fuiihhh, tenang gw akhirnya, ga ada masalah di telinganya mika, tinggal jadwalin aja buat bersihin telinganya ke dokter jangan sampe lupa. Kalo kata orang cina, anak yg kupingnya kecil bawa hoki hahaha, Amin aja lah ya toh gimanapun juga kan anak emang bawa rezeki. Telinganya mika ini kalo ga diperhatiin bener-bener kebanyakan orang ga sadar kalo ternyata telinganya mika besarnya beda, hampir banyak orang yang ga pada sadar kalo ga dikasih tau. Dan gw ga malu buat ngasih tau ke orang! Karena mika afalah hoki gw huehheehe.

Dannnn mari kita cari dokter bedah plastik di rscm, yukkk mareee jauh aja, kagak ada yak di bogor? Hihihi

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku