Semenjak menikah, kehidupan gw pun berubah, berubah dalam arti kata punya keluarga baru yang ga hanya keluarga kecil yg baru gw bangun sama suami tapi juga keluarga besar dari suami yaitu orangtua suami, kakak-kakaknya suami. Rasanya? seneng punya keluarga baru dan makin menambah hidup gw jadi lebih istimewa dan berwarna. Yang lebih utama lagi adalah punya orangtua baru alias MERTUA.

Baiklah, disini gw akan ngomongin tentang mertua gw terutama mama mertua. Banyak temen-temen gw suka curhat tentang mertuanya lah, calon mertuanya lah dan kebanyakan yang di ceritain yang jelek-jeleknya aja. Sampai pada titik semua temen gw itu bertanya: “Kalo mertua loe gimana dit? bawel ga? galak ga? enak ga orangnya?” dan segerombolan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Ehmmm, okay mertua gw gimana? ya kayak gitu aja, emang musti gimana? hehehe. Tapi yang jelas, jawaban temen-temen gw itu gw jawab dengan: “Bawel? ga sama sekali!. Galak? ga sama sekali!. Rese? ga sama sekali!. Enak ga orangnya? Enak bgt! (emang makanan!)”. Dan pasti yang keluar dari mulut-mulut temen-temen gw itu adalah: “Ah masa sih? bohong loe!” atau “Ih enak banget punya mertua kayak gitu”. Ya begitulah kenyataannya, gw ga pernah bohong tentang mertua gw karena emang mertua gw emang asyik orangnya, karena asyiknya makanya gw sayang mereka sama kayak gw sayang orangtua gw sendiri. Kenapa gitu? ini penjabaran gw tentang mertua (simak baik-baik), hehe.

Dari pertama kali gw kenal sama anaknya (age) yg sekarang jadi suami gw, mertua gw terutama nyokap selalu open sama gw, ngebuka hatinya ke gw, kalo bokap mertua ya standar bapak-bapak lah, ga banyak ngomong walaupun gw tau banget dia perhatian sama gw, hihi. Semenjak gw pacaran sama anaknya, gw emang sering ketemu mereka, main kerumah mereka, dengerin mereka cerita, kenalan sama kakak-kakak nya age, bahkan gw suka ngintil ikut ke acara keluarga besarnya mereka yang ngebuat gw akhirnya semakin lama semakin deket sama mertua gw ini. Ya iyalah secara gw pacaran sama age 6 tahun!. Tapi ga karna gw pacaran lama juga gw bisa deket, karena banyak juga yg pacaran lama tapi ga deket juga sama mertuanya, iya kan? Entahlah, mungkin gw sama mertua gw terutama mama mertua udah klik kali ya dan selain itu juga emang si mama ini baik bener orangnya, ga cuman ke gw, ke semua menantunya juga baik dan sayang sama kayak sayangnya ke anaknya. Dulu waktu gw pacaran sama age, sering banget gw dimasakin sama mama, secara kan gw anak kostan, jadi kalo beliau lagi masak yang banyak dan enak pasti deh si age langsung disuruh ke kost gw buat bawain tuh masakan, yang seneng ga cuman gw doang, tapi anak kost gw juga pada seneng kalo dibawain masakan si mama, hihi. Bahkan pernah waktu age ga ada, si mama malah nyuruh kakak ipar gw buat nganterin masakannya ke kost gw, hihihi. Oh ya, yang lebih istimewanya lagi, karena gw ga suka pedes, akhirnya mama masak jadi ga pedes padahal seisi rumah itu pada doyan semua. Pernah age sama teteh protes: “Ma, koq sambel gorengnya ga pedes kayak biasanya sih?”. Dan si mama jawab dengan polosnya: “Iya emang sengaja, kasian dieta kalo pedes nanti ga bisa makan, kalo kalian kurang pedes, bikin sambel lagi aja” hahahaha, yang ada age ma teteh langsung manyun sambil bilang: ” Uh dasar mantu kesayangan mama!” hihihi. Nah makanya, gimana gw ga sayang coba sama mertua gw?

Selain itu, mertua gw ini emang ga pernah marah, terutama mama ya, dari cerita age dan teteh sih emang mama tuh ga pernah marah sama mereka, lah ke anaknya aja ga pernah marah apalagi ke menantu kan?. Mertua gw ini juga amat mandiri walaupun sudah pada sepuh, mereka menyuruh semua anak-anaknya ketika menikah untuk keluar dari rumah, terserah mau beli rumah sendiri ataupun ngontrak, yang penting keluar dari rumah agar kita anak dan menantunya mandiri ngejalanin kehidupan berumahtangganya. Lalu mereka berdua aja? Yup!. Sempet ga tega ngeliat mereka udah sepuh cuman berdua aja, gw pun sama age dan teteh berencana untuk mencarikan pembantu buat mereka, minimal si mama dan papa ga ngerjain kerjaan rumah, tapi apa? mereka ga mau sama sekali! jawabannya: ” Kalo ada pembantu, nanti mama sama papa ga ngapa-ngapain, ga enak, udah kami berdua saja”. Hiks, sedih denger jawabannya, cuman namanya orangtua kalo dah kekeuh ma ya kekeuh ga mau. Kadang gw sedih kalo liat mereka cuman berdua doang dirumah, tapi ngelihat mereka enjoy dan happy gw pun jadi lega ngeliatnya.

Yang jelas gw bangga dan salut sama mertua gw ini, kenapa gitu? Karena diantara keterbatasan yang mereka punya masing-masing, mereka bener-bener enjoy dan ikhlas ngejalanin hidup ini, dan gw pengen nantinya gw bisa seperti mereka. Mama mertua gw punya keterbatasan dalam penglihatan, istilahnya beliau sudah tidak bisa melihat lagi sejak age masih kecil kalo tidak salah, tapi beliau amat sangat ikhlas menerima keterbatasan yg beliau punya. Walaupun beliau memeliki keterbatasan penglihatan itu, beliau masih bisa Masak makanan yang enak! Sumpah, gw aja pas tau pertama kali kaget, koq bisa? ya itulah kenyataannya, semua pekerjaan rumah dikerjain sama mama mertua gw ini. Yang gw seneng adalah, semua keluarga menerima beliau apa adanya termasuk gw sang menantu. Gw melihatnya ini bukanlah suatu kekurangan tetapi kelebihan yang Tuhan kasih ke mama dan keluarga.

Dan satu hal lagi yang makin membuat gw sayang sama mertua gw adalah mereka ga mau ngerepotin kita, anak dan menantunya!. Nah untuk hal ini kadang bikin gw dan age kesel. Karena mereka ga mau ngerepotin kita, terkadang mereka sakit suka ga bilang, tau-tau pas dateng main kesana baru bilang kalo abis sakit, errrrrrr. Gw sama age emang ga tiap hari main kerumah mereka, tetapi sebisa mungkin seminggu sekali kita usahain untuk mampir melihat mereka, makanya terkadang gw sama age suka ngomel ke mama ataupun papa kalo ga ngasih tau kalo sakit. Oh ya, pernah gw sama age marah (bukan marah-marah ya) ke mama karena berencana mau pergi ke jakarta berdua aja sama papa. Oh God, gw sama age emang sudah ga ngebolehin mereka untuk pergi berduaan aja, karena emang kondisi mereka sudah susah untuk pergi berdua dan kita sudah mewanti-wanti, kalo ada kondangan atau acara di manapun kasih tau sebelumnya agar kita bisa mengantar mereka. Sumpah, ga tega gw ngebiarin mereka berduaan aja pergi jauh tanpa ada yg nemenin. Makanya, semenjak gw sama age marah karena mereka berencana mau pergi berdua dan ketahuan, akhirnya sekarang mereka bilang ke gw dan age kalo mau pergi. Gw pribadi lebih baik direpotin sama orangtua daripada gw ngebiarin mereka pergi dan terjadi apa-apa sama mereka. Huhu ngebayainginnya aja gw ga sanggup!.

Itulah sekilas tentang MERTUA gw. Ga pernah ikut campur urusan rumah tangga gw apalagi masalah anak gw, mereka sepenuhnya menyerahkannya ke gw dan age. Beliau lebih pada mensupport gw dan age dalam bentuk doa dan moril. Gw tau banget, sayangnya mertua gw ke gw bener-bener tulus dan ga dibuat-buat, beliau menganggap gw adalah anak mereka, ga hanya seorang menantu tetapi anak, begitupun juga gw, karena ketulusan mereka dan sayangnya mereka ke gw yang akhirnya membuat gw amat tulus menyayangi mereka seperti orantua kandung gw sendiri. Oh ya, gw sempet cerita hal ini ke nyokap gw, dan nyokap gw pun melihat sendiri betapa mertua gw sayang sama gw, dan nyokap gw bilang: “Bersyukurlah kamu bisa deket dengan mertua, dapet mertua yang baik dan sayang, anggep mertua itu adalah orangtua kamu sendiri”.

Yang pasti dan amat jelas, gw bersyukur sama Tuhan diberi anugrah mertua yang luar biasa. Tepat di hari ini dan tanggal ini 8 desember 2010, Mama mertua gw ulangtahun dan untungnya gw tadi pagi dah ngucapin bahkan age kalah start ama gw, hihi.

Happy Birthday Mama, semoga mama tetap menjadi bintang di hati kami.

Comments (1)

  • sayakeren2011

    mertua saya juga baik, ga kalah baiknya sama mertua situ..

    selamat ulang taun mama, we love u muuuuuuuuuuchas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku