Sebenarnya sudah lama saya dan suami ingin mengajak anak-anak menonton pertunjukkan sirkus, tetapi tidak pernah sempat dikarenakan waktu dan biaya. Yang saya ketahui biasanya pertunjukkan sirkus itu dimainkan oleh orang-orang dari luar Indonesia, sehingga biaya menontonnya pun lumayan mahal. Dulu saya tidak mengetahui ternyata Indonesia juga punya pemain-pemain sirkus, karena yang saya tahu sirkus yang biasa kami tonton hanya di Taman Safari.

Pertunjukkan sirkus sendiri merupakan sebuah seni budaya warisan dunia sebagai salah satu atraksi yang menampilkan kemampuan luar biasa yaitu keberanian, ketangkasan, kekuatan, ketahanan, kelenturan serta keindahan. Di samping pertunjukannya yang menarik, sirkus dapat disaksikan oleh berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia, dari yang tua maupun yang muda dan dari berbagai status sosial dan golongan. Pertunjukan sirkus berasal dari kegiatan hidup manusia sehari-hari dimana menurut catatan sejarah seni akrobatik sudah ada sejak 2.700 tahun yang lalu dan pernah ditampilkan di kerajaan Roma dan Dinasti Han China (221–220 sesudah masehi).

 

Sedangkan di Indonesia, pertunjukkan sirkus pertama kali ditampilkan pada tahun 1967 oleh sekelompok orang yang memiliki hobi dan kecintaan terhadap seni olahraga akrobatik yang dinamai Oriental Circus Indonesia (OCI). Saya sendiri mengetahui ada OCI dari guru gymnastic Mikail, karena ternyata beliau pernah menjadi bagian dari OCI dan Taman Safari. Sejak mengetahui OCI, saya langsung tertarik ingin melihat pertunjukkannya. Kebetulan sekali ketika libur lebaran kemarin, OCI mengadakan pertunjukkan di Cibinong Bogor yang letaknya tidak terlalu jauh dari rumah. Selain lokasi dekat, ternyata harga tiket pertunjukkannya saat itu juga terjangkau.

Sirkus OCI ini biasanya melakukan pertunjukkan selama 1 bulan di tempat pertunjukkan yang berbeda-beda. Mereka biasanya berkeliling Indonesia untuk melakukan pertunjukan. Pertunjukkan sirkus ini sangat menyenangkan terutama bagi anak-anak. Kami saja sampai menonton dua kali bersama keluarga besar. Pertunjukkan sirkus yang dipertunjukkan antara lain atraksi Flying Trapeze (akrobatik udara), pertunjukkan satwa-satwa yang sudah dilatih dengan baik, serta aksi badut lawak yang lucu.

Pertunjukkan sirkus yang kami tonton kemarin berdurasi kurang lebih 1,5 jam. Menonton sirkus ini merupakan hiburan keluarga yang menyenangkan. Anak-anak sudah tentu mendapatkan pengalaman baru.

 

Informasi lebih lanjut:

Website OCI: www.orientalcircusindonesia.com

IG : @orientalcircusindoensia

FB : orientalcircusindonesia

IMG_1714 fullsizeoutput_a21 IMG_1550 IMG_1546 IMG_1541 IMG_1545

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku