Tiba-tiba bangun pagi kaget membaca sms yang masuk tepat jam 5 pagi dari mama dan tanteku yg isinya: Ta, ada Assalaam di Indosiar. Dan sempat juga ada panggilan tak terjawab di Hp ku dari mama. Tapi sms itu baru aku baca jam 6, hahaha karena telat bangun dan tak sahur. Baca sms itu sih biasa saja, hanya didalam hati bilang: Oh ada Assalaam di tv, ah sudah biasa, dari dulu jg sering nongol di tv kalo bulan puasa gini. Sudah deh….lewat saja tuh pesan…

Tapi…..pas tiba-tiba di kereta dapet duduk (saya kerja naik kereta), setelah baca koran, akhirnya saya mengeluarkan iphone saya, cek twitter, dan ternyata semua temen Assalaam pada ngomongin tentang siaran Assalaam di tv tadi, huaaaaa yang tadinya biasa aja, tiba-tiba nyesel juga ga nonton. Mana sempet diledekin sama temen-temen kalo ga nonton tuh rugi banget, SIAL!

Sebenernya bukan masalah nonton atau tidaknya liputan di tv tadi, tapi yang membuat jadi ramai di twitter bahkan Facebook pun adalah semua temen-temen termasuk diriku tiba-tiba pada KANGEN ASSALAAM! Bukan kangen mondok lagi ya, tapi mungkin kangen suasana waktu mondok disana, kelucuan-kelucuan hidup di pondok, susah dan sedihnya jauh dari orangtua dan hidup mandiri. Point-point itu sebenernya yang ngangenin, khususnya buat saya, entahlah kalo teman-tema yg lain.

Jujur, sebenernya begitu banyak yang bisa diambil hikmahnya ketika mondok, yaitu:

  1. Kita bisa jadi MANDIRI. Mandiri dari mulai nyuci dan nyetrika baju sendiri (walaupun ada laundrynya jg), pokoknya semua serba dilakukan sendiri tanpa bantuan orangtua.
  2. Kita bisa jadi DISIPILIN. Walaupun ini kadang menciptakan disiplin dengan keterpaksaan, bukan karena keinginan sendiri. Harus disiplin ke masjid, disiplin ke kelas, disiplin makan, dan disiplin-disiplin lainnya.
  3. Kita jadi bisa MENGAJI. Hahaha kalo yang ini pasti harus bisa, secara kalo mau lulus, kita musti menghapal Juzz Ama, sampai-sampai mulut dan rambut pada keriting semua ngapalin Ayat tiap ayat Alquran
  4. Kita jadi bisa SHOLAT BERJAMAAH. Sekali lagi, ini hal yg sangat seru, karena pasti sekarang kita belum tentu bisa jamaah tiap hari dan tiap waktu sholat. walaupun kadang adawaktu males juga solat di masjid, hihi.
  5. PUNYA BANYAK TEMAN. Yess yang ini bentul-betul terbukti, gmn enggak, penghuni Assalaam kan dari Sabang sampai Merauke, makanya tiap ke daerah mana pasti ada aja anak Assalaamnya.
  6. Jadi Bisa Belajar BAHASA ARAB dan BAHASA INGGRIS. Yang ini gw yakin pasti ada beberapa temen-temen yg sudah lupa, hahah termasuk gw kl masalah bahasa arab.
  7. Dan berbagai kebaikan-kebaikan lainnya yang bisa kita ambil hikmahnya. kalo diomongin disini pasti ga ada habisnya!

Selain kebaikan tadi, ada juga beberapa hal yang terjadi di Assalaam, hal-hal yang kadang bisa menjadi hal yang lucu, malu-maluin atau hal yang sebenernya ga baik, yang seharusnya tidak boleh dilakukan, hihi. Diantaranya:

  1. Pasti ada aja yang Cabut atau Manjat Pagar. Iya kan? tapi kalo manjat pagar biasanya santriwan, kalo santriwati sih cabut diem-diem, ngibulin pak satpam. Atau pura-pura mau ke dokter, supaya bisa keluar komplek, izin kedokter, padahal ga kedokter, haha.
  2. Pasti ada aja yang pacaran antara santriwan dan Santriwati, dan hebatnya ada yang sampe nikah lho…Dan gw juga termasuk orang yang punya pacar santriwan, tapi ga sampe nikah, hehe.
  3. Pasti ada aja yang kirim-kiriman surat. Caranya? dengan berbagai cara, hahaha! yang penting tuh surat bisa aman sampai ditangan penerima, walaupun kadang ada juga yang ga aman alias ketahuan sama ustad atau ustadzah, nah yg ini namanya sial kalo sampe ketahuan,hihi.
  4. Pasti ada aja yang janjian ketemuan diluar. caranya? ah tetep dengan berbagai cara.
  5. dan masih banyak lagi yang lain

Selain kebaikan dan hal-hal yang tidak mengenakkan, ada juga hal-hal yang seru untuk dikenang lagi, yaitu:

  1. POSA (Pekan Olahraga Santri Assalaam). kalo ini saya bener-bener seneng dan sangat menanti-nanti. dengan adanya POSA ini bener-bener bisa bikin kebersamaan lebih erat lagi. Satu kelas bahkan satu angkatan bersama-sama ikut lomba dan bersatu untuk memperoleh kemenangan. Nah mulai dari Takhasus sampai kelas 5, gw selalu ikut POSA, yaitu lomba Basket. gw and the Team selalu Menang juara 1. pas kelas 6, kami memang tak ikut lomba, tapi malah saya didaulat untuk jadi wasit *tepok jidat*
  2. MUHADHOROH (Pidato) ini selalu diadain setiap hari kamis. Adanya muhadhoroh ini melatih kita untuk belajar berpidato di depan orang banyak. Pidato 3 bahasa, yaitu Arab, Inggris dan Indonesia. Saya pernah menang juara 1 Lomba Pidato, hihihi *narsis*
  3. PRAMUKA (lupa namanya apa ya kl di pondok?). Ini juga hal yang sangat menyenangkan dan seru.
  4. Upacara, yang notabene kita upacara cuman pas 17 Agustus di Lapangan, hihi.
  • Tertib makan 3x sehari di jam dan waktu yang ditentukan. Walaupun kadang makannya cuman nasi, sayur dan sambal jg tak lupa kerupuk, haha. Walaupun lauknya terbatas tapu tetep aja dapur penuh kalo pas waktunya makan
  • Cuman bisa keluar komplek 2minggu sekali, gantian antara santriwan dan santriwati tiap minggunya. Dan kalo sudah waktunya keluar komplek, pasti pada sibuk nyiapin baju buat keluar komplek (tp ini kyknya cmn santriwati aja). Keluar komplek adalah suatu hal yang amat ditunggu2, karena salah satu obat buat melepas penat dan kejenuhan. Ayo pada keluar komplek kemana nih?
  • Sholat Jumat berjamaah. Ini yang ga pernah gw rasain lagi pas lulus dari Assalaam. Terkadang ingin sekali sholat jumat berjamaah, tapi apa daya itu tak bisa terwujud.
  • Pentas Seni. Ajang pentas seni ini juga seru banget. Kita bisa ngeluarin bakat kita. yang mau ngeband bisa, yang mau jadi model bisa jg, yang mau berteatee jg bisa, pokoknya semua bisa deh!
  • Teater! ini hal yg amat gw suka. Ikut teater dan sempet bikin pentas perdana yang bisa dibilang sangat menakjubkan, haha (narsis lagi). Berawal dari keterpurukan nasib teater, akhirnya bisa dibangkitkan lagi, semua bener-bener kerja keras para anggota teater. Hip hip huray!
  • Karnisa. Merupakan majalah khusus santri Assalaam. Sempet terjun juga disini setahun menjadi reporter merupakan pengalaman yang tak terlupakan. banyak hal yg bisa didapet dr sini, mulai mewawancarai narasumber samapai membuat laporan. So, seneng banget bisa jadi bagian disini.
  • OP3MIA. Walaupun cuman 1 periode, tapi yang jelas ini membuat gw semakin keren, hahaha. Jadi pengurus emang ga gampang. penuh lika dan liku, penuh hujatan dan kepalsuan, hihi. Tapi memang diakui, mengurus jamaah santriwati itu emang sulit! hihi. Tapi yang jelas, dimulai dari sinilah kita dapat belajar berorganisasi.
  • Ujian sekolah yang berbeda dengan sekolah lainnya! Yup, disini kita bisa ujian sebulan, mulai ujian lisan sampai tulis, mulai dr ujian kepondokan sampai ujian umum. Yang jelas, muka-muka anak Asssalaam kalo waktunya ujian pasti ga ada yang enak buat dilihat, semua muka menampilkan tampang serius, tegang dan jelek, haha. Alhamdulillah gw bisa melewatinya dengan baik. *narsis lagi dah*
  • Dan masih banyak masih banyak masih banyak hal yang tak bisa teelupakan di Assalaam. seperti yang gw bilang di atas, ga bakal cukup untuk menceritakan semuanya.
  • Apapun kenangan waktu itu di Assalaam baik suka mauphn duka, satu yang jelas bahwa kita bisa melewatinya dengan baik. Gw sendiripun tak pernah menyangka bakal bisa ketemu temen-temen yang super duper istimewa, super nyenengin, super baik, super nyebelin dan super super yang lain. Tak pernah menyesal bugi gw sudah pernah hidup, tinggal dan belajar di Assalaam, semua adalah yg terbaik yang pernah Tuhan kasih ke gw, Lulus dengan baik, dapet pmdk, dan sampai akhirnya sekarang gw menikah dan menjadi ibu.

    So kawan, tetaplah ini jadi kenangan indah untuk kita. Miss u guys!

    ps: pssssttt kali ini gw bener2 iseng, haha!

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

    • Siapa hayoh?

      ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku