Akhirnya setelah belasan kali bikin kegiatan anak setiap bulannya, sering banget ga ada libur di weekend karena berbagi senyum dengan peyapeyo, liburan pun datang, ahay. Yup dengan berakhirnya semua kegaitan peyapeyo di 2015 ditambah dengan penatnya kami semua dengan berbagai macam drama kehidupan ahaha, akhirnya karena ga mau kalah sama yang lain, kami piknik juga, ahay. Rencana awal mau ke Cikole Bandung, tetapi saran jangan kesana kalo waktu libur apalagi libur panjang ditambah anak sekolah libur, pasti macet banget kesana. Jiper juga dengernya, ya sudah deh diputuskan kemping beneran aja yang ga usah jauh-jauh, kita kemping ke Mandalawangi Cibodas aja alias Gunung Gede.

Rencana memang kita mau berangkat hari Kamis pas tanggal merah Maulid Nabi, niatnya pengen sebelum itu tapi karena banyak yang ga bisa sebelumnya ya sudah kamis saja berangkat. Udah ciut sih pas denger-denger kawasan puncak bakalan macet parah, tapi kami masih santai karena mikirnya kan pake motor ini lah, kalopun macet masih bisa jalan pelan-pelan, jadi hajar aja atau lihat kondisi besok aja. Di grup whatsapp juga udah rame mikirin mau jadi ke Mandalawangi atau ganti rute aja ke tempat lain yang kira-kira ga terlalu macet dan ga jauh juga. Browsing sana sini, diskusi bareng plus minusnya seperti macet, terus nanti di Mandalawangi  rame banget ga yang kemping, bisa-bisa kalo rame banget jatah area kempingnya cuman sepetak, yang senggol dikit kena ahaha. Kamis pagi lihat berita dan lihat maps kalo arah ke puncak macet total ga gerak, dan denger-denger juga di Mandalawangi banyak yang mau kemping akhirnya kami putuskan kemping ke Sukamantri Ciapus Bogor. Memang niatnya mau naik motor aja, jadi daday babay lah sama mobil. Niat awalnya lagi gw, age dan mika bakal boncengan 1 motor, tetapi pas lihat tas carrier age penuh banget dan menjulang tinggi (ya iyalah penuh wong isinya buat 3 orang), yang pasti annti ujug-ujugnya gw yang suruh bawa dibelakang, belum lagi satu carrier yang harus gw bawa berisi ramsum makanan buat disana, nah loh kagak bakal muat ini mah satu motor. Akhirnya gw harus bawa 1 motor lagi untuk bawa carrier dan mika. Untung motor Akbar masih ada di Bogor, jadilah diberdayakan buat ke Sukamantri.

Meeting point sebelum bernagkat ke Sukamantri yaitu di Pangiuhan Peyapeyo. Perjalan ke Pangiuhan Peyapeyo pun dihadang oleh macetnya Bogor dari ujung ke ujung. Sekali lagi bersyukur banget pake motor, bisa selap selip cari jalan dan bisa cepat sampai. Sampai di Pangiuhan Peyapeyo sudah ada Nday, Aries, Uut dan Eli yang menunggu kami. Kebetulan kemping ini tidak semua personil Peyapeyo bisa ikut serta, Ayu dan Devi ga bisa ikutan karena memiliki acara yang lain. Sebagai gantinya kami mengajak Rodi sang Fotografer di acara Peyapeyo untuk ikut kemping bersama dan kebetulan Rodi bisa ikutan, jadi lumayan rame. Di Pangiuhan Peyapeyo kami membagi rata bawaan yang diperlukan buat kemping nanti. Karena kemping ini adalah murni kemping bukan GlowCamp, jadi memang harus bawa peralatan kemping sendiri, mulai dari tenda, sleeping bag, alat masak, terpal, matras dll. Untuk perlengkpaan kemping kami sewa di Green Camp yang harganya masih masuk akal dan di Bogor.

Selepas Ashar akhirnya kami berangkat ke Sukamantri, perjalanan juga santai dan tidak macet. Sampai kiranya kami mendekati daerah Sukamantri kami disuguhi jalanan yang luar biasa banget tekstur jalannya. Jalan berbatuan tak menentu membuat perjalanan lebih menantang dan tak bisa dilupakan. Jalan berbatuan itu cukup lumayan panjang kalo kata gw sih ahaha, dan baru sekali ini gw nyetir motor yang sampe mikir cari jalan yang agak enakan dan kenyataannya ga ada yang enak jalannya. Sungguh perjalanan ini yang bakal teringat sampai kapan pun kayaknya. Akhirnya plang bertuliskan “Kujang Raider” terlihat dari kejauhan, Yeay, itu tandanya sedikit lagi kami sampai. Fiuhhh, akhirnya Gerbang Masuk Sukamantri sudah didepan mata. Huwaaa lega rasanya penderitaan nyetir motor di jalan berbatuan tak beraturan akhirnya selesai dan kami pun langsung bergegas mencari tempat dan mendirikan tenda. Alhamdulillah kami dapat tempat yang dekat dengan air, kamar mandi dan Mushola. Pendirian tenda pun selesai sebelum Maghrib. Setelah Shalat Maghrib, kami bahu membahu membuat Nasi Liwet untuk mengganjal perut  yg mulai kembang kempis. Suara tongeret, jangkrik, burung, anjing, monyet, lebah terdengar sangat indah. Semakin malam semakin dingin, kabut mulai turun, kamipun membuat api unggun untuk menghangatkan diri disertai dengan makan malam bersama yaitu nasi liwet, tahu goreng, kangkung oseng dan juga jengkol. Yup semua kami masak di tempat, hanya jengkol saja yang kami bawa dari rumah. Mengisi waktu setelah kekenyangan, akhirnya kami bermain permainan masa kecil yaitu Pancasila ada Lima Dasar. Siapa coba yang ga tau permainan ini? ahaha seru banget lah pokoknya, yang paling belakangan jawab dekankaan hukuman joget ahaha. Tawa canda tentu saja pecah gempita, seketika kami melupakan penat yang ada di daerah yang sejuk dan nyaman.  Api unggun pun sudah semakin padam, saatnya kami beristirahat sejenak untuk menyambut keseruan esok hari.

Pagi hari pun tiba, semua sibuk membuat sarapan, udara yang dingin membuat perut selalu meminta diisi. Setalah makan pagi alias sarapan, kami berjalan-jalan sekeling, foto-foto, leyah leyeh sampai membuat video joget pinguin ahaha. Yang paling seru adalah foto-foto di depan tenda menggunakan tripod dari bambu. Maklum lah si om fotografer lupa bawa memory card dan tongsis, jadi disaat kepepet semua bisa terjadi salah satunya si tripod bambu ahaha. Puas dengan foto-foto dan hari semakin menjelang siang, kami bergegas untuk pulang, niatnya mau balik sore tapi ternyata hari Jumat, yang laki-laki mau sholat Jumat, diputuskanlah untuk turun gunung sebelum sholat jumat. Ahhhh kemping yang seru banget, pengalaman seru, teman yang seru dan asyik, dan yang pasti ini harus terulang kembali dan semoga semua personil bisa lengkap ikutan, aamiin. Oh ya kemping ini juga janji gw dan age ke mika kalo kita mau kemping dan Alhamdulillah bisa terpenuhi janjinya.

Untuk melihat keseruan kami bisa lihat foto-foto kami di sini yaa