Seperti postingan gw sebelum-sebelumnya, kalo gw sekarang lagi punya cita-cita untuk keluar dari zoba nyaman, jadi ibu rumahtangga biasa yang bisa ngurus anak dan juga punya usaha, jadi biar waktu kerja gw fleksibel dan anak masih bisa gw urus dulu dan ga keburu sama waktu kerja. Yup itu cita-cita gw setelah semua yang gw lewati membuat gw memiliki cita-cita yang berbeda dari yang dulu-dulu.

Gw juga pernah bilang untuk keluar dari zona nyaman yang udah ada dan gw dapet itu susah banget dan jarang ada orang yang berani ambil keputusan untuk keluar dari zona nyaman karena takut akan banyak hal tanpa memperdulikan ketengan hati dan fikiran, kenapa gw bisa ngomong gitu? ya karena gw mengalaminya.

Jadi waktu itu gw sangat sulit bahkan hampir tidak ingin keluar dari zona nyaman yang gw punya yaitu pekerjaan gw sebagai PNS karena ya sudah nyaman lah istilahnya, bisa izin dateng telat, bisa izin kalo anak sakit, bisa santai dan lainnya dan juga istilahnya gw ga usah takut dipecat karena ga bakal dipecat juga kalo gw ga korupsi mah hahaha. Gw sempet mikir ga berani keluar PNS karena suami gw bukan PNS, nanti kalo dia dipecat dan gw ga kerja gimana? ntar makan apa kita? anak gw ntar ga bisa sekolah dan lain-lain hal yang gw takutin. Tapi setelah melihat perkembangan pekerjaan gw dikantor yang sama sekali ga konduksif dan ga bisa membuat gw berkembang, yang bisa dibilang gw cuman dateng ke kantor buat absen doang dan ga ngapa-ngapai and its suck buat gw. Namanya orang kerja ya pasti pengen berkembang lah ya tapi lingkungan di tempat gw kerja itu bener-bener bikin gw jalan di tempat dan gw merasa buat apa gw kerja kalo ga ada hasilnya? lebih baik keluar dan lakukan hal yang lain.

Berfikir sangat lama dan akhirnya gw memutuskan untuk keluar dan berhenti menjadi PNS, yes keputusan yang berat dan berani buat gw. Setelah diskusi dengan age baik dan buruknya, minta pendapat orangtua dan restunya akhirnya gw membuat surat pengunduran diri gw, dan setelah itu gw adalah orang yang paling bahagia,beneran deh!. Dan dari sini gw mulai bener-bener belajar arti kehidupan sesungguhnya.

Jadi sebenernya issue gw mau keluar tuh dah lama banget tapi ya itu gw masih belum berani keluar dari zona nyaman padahal keadaan gw yang ga memungkinkan untuk bertahan tetap harus gw tahan. Gw sering sakit karena emang ga bisa kecapean ditambah gw stress karena di kantor gw gitu-gitu aja dan jadilah fikiran yang makan otak gw dan jadilah sakit yang semakin lama age semakin sebal dengan keadaan gw dan kata dia: kamu masih mau bertahan jadi PNS tapi sakit-sakitan? ga sayang badan? gasayang anak dan suami? ayoo dong move on dari yang ada, rezeki ga akan kemana. Okay gw masih cengar cengir aja dibilang kayka gini dan masih belum berani untuk memutuskan sampai akhirnya kerjaan age di kantornya selesai yang notabene age harus nyari kerjaan lagi dan kemungkinan kerja ada di jakarta. Nah kalo age kerja di jakarta siapa yang bakal anter jemput mika? ga mungkin kalo gw dan age pada kerja di jakarta, ga akan keburu untuk jemput mika di daycare, dan pilihan untuk mencari ART sama sekali bukan solusi buat gw dan age karena kita emang ga mau ada ART lagi, so pilihannya adalah gw berhenti kerja atau age yang ga kerja, Damnn pilihan yag sulit karena bagaimanapun gw pengennya suami yang tetep kerj, bukan jagain anak ka karena sesungguhnya anak itu tugas ibu buat menjaganya dan bapak mencari nafkah. Dan disinilah gw yakin akan jalan Tuhan yang sesungguhnya yang bener-bener indah dan diluar dari dugaan gw. Dapet kabar age selesai diakntornya yang notabene dapet pesangon yang lumayan bisa bikin kita hidup lah kalo age belom dapet kerja, dan Alhamdulillah age dapet kerja di jakarta tapi kerja berdasarkan project yang cuman 3 bulan, gpp lah yang penting dapur masih ngepul dan nanti cari kerja lagi. Nah karena dapet pesangon, Alhamdulillah ada dana buat buka usaha dan membuat gw berani untuk mengambil langkah besar ini, keluar dari PNS dan menjalani usaha ini dari awal dan semoga bisa langgeng dan sukses ke depan, Amin. Yah semua ini bener-bener diluar dugaan gw, gw yang dulu takut keluar dari zona nyaman akhirnya dengan berani untuk ambil sikap bahwa gw harus bisa berkembang lebih baik lagi, harus bisa menjaga keluarga kecil gw, harus sehat demi anak dan suami gw dan sangat yakin akan rezeki dan jalan yang Tuhan kasih, selama kita yakin, Tuhan akan terus bersama kita, kalo kita ga yakin ya Tuhan akan menjauh dari kita. Rasa takut buat ga bisa makan, anak ga sekolah dan lain hal yang menye-menye bener-bener ilang dari diri gw, yakin Tuhan kasih yang terbaik buat gw dan keluarga kita. Banyak orang yg gw cerita begitu bilang: ya loe enak ada usaha jadi ga takut lah. oh nooo, usaha gw ini kan baru mulai bahkan untuk menghasilkan untung aja belom, jadi emang amsih merangkak, bukan usaha yang udah jadi dan besar terus gw pegang, kagak! ini bener-bener dari awal gw terjun langsung dan memulainya juga baru ini, jadi ya ga gampang buat gw. Satu hal yang pasti hal ini membuat gw tertantang untuk bisa mengembangkan usaha untuk hasil yang lebih baik.

Sebenernya indahnya hidup itu kalo kita bener-bener bisa menikmatinya dan yakin sama apa yang kita jalanin. So far gw Happy dengan keputusan ini, bisa tetep ngurus anak, anter jemput anak, masak, ngurus usaha, me time, kerja tanpa jam kerja dan melakukan apapun yang gw suka tanpa memikirkan hal yang ga penting hahaha.

So, yes gw berhasil keluar dari zona nyaman, wooohoooo

Comments (93)

  • Memez

    Hebat…. Iri deh membaca postingan ini. -dari yang pingin resign dari kerjaan, tapi inget cicilan ini itu-

  • Riska

    wah selalu seneng deh kalo baca kisah yang berbau transformasi ke arah lebih baik, hehe.
    selamat yaaa karena udah berhasil keluar dari zona nyaman. the struggle is not over yet, but as long as you have the spirit, insya Allah hasilnya akan baik-baik aja :)

  • annisa

    been thinking of it for so long. Tapi akhirnya, suami yg memutuskan buat resign dan fokus ke anak-anak dulu krn kita ga ada ART #howselfishIam. Sambil berdoa juga kalo anak2 sudah bisa agak mandiri suami bakal dpt rezeki (materi) yg lebih2.

    • dieta

      Wow suami yg resign ya? Suamiku jg maunya gt tp aku yg ga mau hehe. Apapun keputisannya insyaallah yg terbaik ya mbak

      • annisa

        Aaamiin, semoga keputusan2 yg masing2 kelg kita ambil mmg yg terbaik dan berkah.
        Suami dl kerjanya ga pernah di rumah, 2-3 wiken dlm sebulan aja di rumah, jd at least skrg hikmahnya kita bs ngumpul :)

    • deasy

      wah samma persis dg pengalamanku, suami yg resign terlebih dahulu…..

  • rosevita indri

    Aq jg PNS mb, lgi gak nyaman jg dgn suasana kantor, udah dari thn pertma pngen klr, tp mpe thn k3 ini blm ada kbranian. Salut deh bwt mbak..
    Pengin bsa kyk gtu..

  • lativa

    Salam kenal,
    Saya lg cari2 info ttg tatacara mengundurkan diri jd pns dan nemu blog ini, thx fo sharing yaaa…
    Mau tanya dong, wkt resign cara-caranya gmn aja sih? sy tanya sm org kepegawaian di kantor ga ada yg tau, krn ga pernah ngurusin yg resign, emg yg ky kita ini termasuk langka ya kayanya, hehee… Ditunggu infonya yaa, tengkyuuuu

    • dieta

      hai salam kenal juga,waktu itu sih aku cuman kasih surat pengunduran diri aja, mengundurkan diri terhitung mulai kapan, lalu kasih ke pimpinan, nanti biar kantor yang urus ke kepegawaian pusat, dan tinggal tunggu SK yang pasti keluar SK nya ga sebentar. Sampe sekarang aja gw belom keluar SK nya.

      • yeninovember

        hallo mbak dieta, aq jg mau keluar dr PNS nih, mo tanya walau dah ga dpt gaji, dirimu tetap msk kerja pa dah ga lg msk kerja?

  • Joe Ronald

    Hebat! Gue juga mau keluar dari PNS, akhir tahun ini atau awal tahun depan, karena bener-bener membuat gue bukan menjadi diri gue!

  • TW

    Hai mbak, saya juga udah ngundurin diri dari pns sekitar 3-4 bulan yang lalu, tapi sampai sekarang belum terima SK nya, tetapi gaji sudah dihentikan.. Jadi agak suudzon sama kepegawaian di kantor. Kalo boleh, diskusi japri di email dong mbak.. thx ya

    • dieta

      hai salam kenal juga. Kalo SK juga sampe sekarang saya belum keluar tapi emang gaji udah ga dapet. Dan kayaknya kalo SK emang lama deh. Kalo mo nanya-nanya boleh aja koq lewat email

      • Maria

        mbak minta contoh surat pengunduran diri pns nya dong, saya berencana mau mengundurkan diri. trus saya mau tanya apakah kita keluar atau tidak ngantor menunggu SK atau ditulis disurat kita mengundurkan diri per kapannya? trima kasih

  • pengen resign

    mbak.. aku juga kerja di pemerintahan.. dah 3 tahun,.. tapi bukan pns (non pns alias TKS)..
    yang kurasakan sejak bbrp bulan bekerja sampe sekarang adalah dilema karena nggak sesuai dengan hati nurani dan idealisme ku (pasti mbak ngerti.. hehe)..
    terutama akhir tahun begini lagi hot-hotnya pencairan .. dilema beraaaaatttttttt
    aq pengen banget keluar dari pemerintahan
    tapi masih takut ngecewain ortu,.. ortu sih awalnya setuju2 aja,, tapi lama2 kok nada bicaranya agak2 kurang suka gitu (aku baru bilang tadi pagi sih..) huhuhu
    rasanya seperti menggenggam bara api..

  • deasy

    saya juga pengen keluar dari PNS…….pengennnn bgt, tahun depan, jan 2013 insya Allah ….

  • janjan

    Curhat dikit deh. Saya juga pengen keluar. Gak cocok ama passion+idealisme hahaha. Saya si ga peduli ‘zona aman’ ato waktu kerja lebih dikit ato gaji lebih gede di tempat lain. Malah saya ga ngerti pikiran pns2 kok pendek banget ya, dapet iming2 duit pensiun, kerjaan dikit, waktu kerja gak banyak, dll gitu aja jadi alasan. Sama sekali ga ada impian dan goal untuk hidup -kah? Beginikah nyali bangsa Indonesia? Ciut.

    Sedih saya kerja di sana. Kerjaan ga banyak, sering kali ga butuh mikir. Apa gunanya sekolah tinggi2? Ngejar jabatan? Ironi. Elus dada, pengen nangis. Emang saya cuma kontrak, masuk gak lewat tes tapi pns2nya aslinya malah kebanyakan ga ngerti apa2. Ironi. Kalo rapat2 kecil seringkali saya liat orang2 numpang rapat, numpang duit. Buat apa itu? Memenuhi anggaran? Kenapa gak dipotong aja kalo sebenernya emang gak ada? Pemasukan tambahan? Otak saya mulai mengeras karena gak dipakai mikir banyak.

    Lebih sakit hati saya liat korupsi tiap hari. Tiap hari diminta bantuan korup. Sakit. Sakit hati saya liat Indonesia kaya begini. Bobrok. Saya emang masih bolong2 ibadahnya. Makanya saya lebih sakit hati lagi, liat orang2 berjilbab dan berpeci, beriman, anggep korupsi itu jalan normal buat cari duit. Astaghfirullah.

    Sering saya nemu forum2 ato posting2an tentang kejelekan PNS. Temen2 PNS langsung serta merta bereaksi panas dan ofensif. Saya ngerti dan sadar masih ada pns2 baik hati, tapi berdasarkan realita yang saya liat di pusat maupun daerah, sama aja. Gak sadarkah mereka, mereka uda korup kecil2an, yang lama2 ditabung jadi bukit?

    Saya cuma pengen nangis tiap hari.

    • hedy259

      hebat mbak,, saya malah masih tahap pikir2.. tapi jujur di tempat kerjaan emang ga tahan sama korupnya.. banyak yg fiktif.. oh iya mbak,, untuk surat pengunduran dirinya ada format baku atau buat sendiri.?? trims sblumnya…

      • dieta

        surat pengunduran dirinya buat sendiri, nanti biar bagian tata usahanya yang urus

  • dae

    mbak dieta,, boleh minta alamat email atau mgkn ada media chat spt whatsapp, kakao, ym, gtalk?? mau tanya2 dg mbak ttg teknis pengunduran diri sbg pns. tks ya sblmnya

  • kiki

    saya juga memutuskan untuk mengakiri karir di PNS tahun ini. keinginan untuk memulai usaha dan keinginan untuk berkembang lebih baik lagi menjadi motivasi saya

  • SYAHRIMEIRI

    Saat mantap mengambil keputusan mundur sbg PNS apalagi landasannya Adl PASSION dn IDEALISME..sangat lega dan membahagiakan rasanya..

  • Nana

    bagaimana caranya mengundurkan diri dari PNS? setahu saya ada denda 100 juta bila mengundurkan diri, benar begitu? -padahal terima gaji di bawah gaji buruh masa ngganti 100 jt?-

  • Yudi

    Saya seorang dokter. Kemarin saya sudah memutuskan untuk mundur dari pns. Keinginan itu sudah lama sebenarnya namun memuncak pada kejadian kemarin. Langsung saya komunikasi dengan istri dan orangtua dan alhamdulillah mereka tidak menghalangi. Istri malah mendukung sepenuhnya keputusan dan itu sangat berarti. Apa penyebab kemunduran saya? banyak hal sebenarnya yang berujung pada idealisme kinerja. Dua tahun saya disana saya mengalami perkembangan intelektual dan kepribadian saya mandeg kalo tidak bisa dikatakan mengalami degradasi. Jujur agak sedih juga tapi daripada menderita batin di dalam ya lebih bijak kalo resign. Ada yang mengusulkan untuk pindah tempat saja, tapi menurutku itu pengecut. yah sejauh ini saya melihat keputusan itu adalah keputusan terbaik, alhamdulillah

    • lintang

      Mas Yudi,makasih sharingnya ya..Saya juga seorang dokter yg dah lama berniat mengundurkan diri dari PNS.Akhir tahun ini saya dah bulatkan tekad untuk mundur.Kenapa menunggu akhir tahun?Saya masih punya tugas yg tidak mungkin saya tinggalkan di tengah jalan.Membayangkan saya menjadi orang merdeka membuat saya bahagia, padahal baru membayangkan saja hehe..Buat mbak Dita,makasih dah memperkuat niatku ini walaupun banyak teman yg mencoba membatalkan niatku ini..

  • devi

    Mbk bs mnta emailna? Mau nanya2 nih ;D

  • dudul

    saya juga ga nyaman mba dengan dunia pns.. pengen keluar tapi apa daya, saya ditentang keras baik ma ortu maupun keluarga besar..
    -nasib-

  • nisa

    Salam kenal mb dieta,,,
    Lagi galau gara2 br ja ngundurin diri dr PNS,buka2 mbah gugel..eh mendarat d blog ini…jadi semangat lagi bacanya..
    Sedikit cerita aq seorang bidan d bogor.n memutuskan utk resign dr PNS cz mesti ikut suami kuliah lg ke swedia…cepet bgt ngurus pengunduran diri,seminggu SK langsung turun,hehe
    Semoga keputusan ini merupakan awal pintu masuknya rezeki dr Allah krn rizkiminallah.rizki dr Allah tdk hanya seluas daun PNS..so..semangat :)

    • reta

      Ngurus pengunduran diri seminggu? Cepet bgt,, saya udah berbulan2 kok nggak selesai2. Sedih

      • dieta

        y kalo SK sih baru keluar setahun, tapi saya sih udah ngasih pengunduran diri sudah ga masuk kerja lagi

  • niken

    wah.. akhirnya ada orang yang sepemikiran… saya juga ngara nothing banget pas jadi pns. ibarat cuma kerja demi uang tapi ga ada soul. jiwa saya mati. ngliat crita mbak sy jadi semnagat untik berani mengambil keputusan, mumpung sy masih 24 dan single. hehe

  • meme

    salut…sy punya niat jg utk resign…oya mbk sy pgn konsultasi tanya2 ttg prosesnya bgmn dan contoh surat pengunduran dirinya.. bs dibantu?

  • Keluar dari Zona Nyaman untuk Lebih Nyaman

    Salut, Mba Dieta. Mba Dieta sudah mulai buka usaha di rumah? Gimana setelah keluar dari zonya nyaman? Pasti jauh lebih nyaman, ya? :) Saya juga sudah cukup lama ingin keluar dari tempat saya kerja, salah satu perusahaan televisi yang mengusung jargon transformasi di Indonesia. Maret nanti saya 8 tahun bekerja di sana, menjadi karyawan tetap (penerjemah) Setelah membaca artikel ini, saya menjadi lebih termotivasi dan langsung menghubungi istri, seorang guru sekolah swasta, dan menyampaikan maksud saya untuk resign dari kantor dan bekerja di rumah sebagai full time freelancer, menerjemahkan film2 dari TV berbayar, sambil mengawasi perkembangan anak2 kami. Karena saya termasuk seorang ayah yang tak ingin melewatkan perkembangan anak saya dan karena saya lihat istri saya sedang nyaman2nya menggeluti profesinya sebagai guru. Pada dasarnya dia tak keberatan saya bekerja di rumah, asal bisa tetap mendapatkan penghasilan setiap bulannya. Insya Allah. Thanks sharingnya, Mba Dieta. It really lifts my spirit up.

  • pita

    Terima kasih atas postingannya mbak. Luar biasa, mbak sungguh berani. Saya masih terkatung-katung dengan dilema keluar atau tidak sampai sekarang, dan itu membuat saya sangat stress. Cuma ya itu, saya belum berani keluar dari zona nyaman. apalagi saat ini dikantor saya ada peluang untuk S3. tambah susah mikirnya. tapi di satu sisi anak-anak sangat butuh saya. saya ga tega jika harus selalu menitipkan mereka di daycare. Semoga saya segera mendapatkan keberanian. terima kasih sekali lagi atas inspirasinya. salam, Pita

    • Putri

      Mba.. Thx for sharing ur experience.. Salut utk mba yg resign dr PNS. Saya udh lama ngerasa spt mba yg ga berkembang di PNS apalagi ditambah kondisi sdg tdk ada ART kasian anak2..menggalau apakah resign aja.. Apa bisa dr kerja trs jd drmh aja

  • nita

    bener-bener sama seperti yang kualami….tapi aku masih terkekang dengan rasa takut akan ini itu terutama respon ortu yang kecewa, akuuu inginnn melangkah seperti anda!!!!usaha apa sekarang?

    • dieta

      hai nita, penjajakan ke orang tua emang rada susah, pelan-pelan aja dan dikasih tau sisi positif dan negatifnya, saya rasa mereka akan mengerti.

  • shylvie

    Wooooww………jd tambah smangat mau resign PNS ni mba……aku jauhan ama suamiku dr awal nikah,aku di Jambi,suami di Bandung……aku n suami sama-sama PNS….. Liat susahnya proses pindah ikut suami ke sana,jd kpikiran pengen resign aja dr PNS…..soalnya kpikiran jg tar kalo anak2 udah skolah,siapa yg bakal ngurusin mereka….soalnya aku merasa anak2 n kluarga lebih m’butuhkan aku dibanding pkerjaanku…….tambah lg kalo pindah k Bandung yg kota Besar itu……

  • abd rahman kamaru

    Mantap—–Sya Juga Lagi Susun Planning Untuk kluar dari PNS——-Bukan Nilai Uang Yang Kita Cari Tap Profesi kita dan Bathin Kita cocoknya dimana,,……..

  • rahma

    this post is so inspiring

  • Vina

    Waaaahh…keren euy..saya pengen banget resign dr PNS..udah ga kuat dgn birokrasi& fitnah2 yg ada d sini..ibaratny tembok pu bisa mendengar&bicara,tp tak pernah tepat..Tapi yg menjadi ganjalan saya,saya punya hutang d bank,dan itu cukup besar. Saya sudah bertanya k pihak Bank,ternyata tidak bisa d alihkan atas nama saya. Sampe saat ini saya bingung. Saya dan suami saya berbeda kota. Mau usaha juga bingung,usaha apa ya??

  • Riva Putra

    Berani keluar dari PNS itu keren :)

  • Tina

    Alhamdulillah.. baru aja saya juga sudah resign. Menjadi PNS di Indonesia, begitu banyak yang dikorbankan tanpa penghargaan dan kesempatan berkembang yang layak… Alhamdulillah… sekarang bahagia banget.. Dunia jadi terasa lebih luasssss… Selamat ya mba.. Semoga pilihan kita berkah untuk semua.

  • afrien

    Aslm mb dita..salut ma keberaniannya.saya juga pingin dan akan berhenti dari pns ini.karena suami saya yg kerjanya berpindah2 dari suatu daerah..dan satu lagi saya tdk tahan dgn birokrasi yg mempersulit seseorang yg UUD..bagi istri, keluarga vs pekerjaan?ya keluargalaahh..
    Insyaallah,saya sudah tekad mengumdurkan diri..

  • jhonnie bloon

    Salut…. gwe jga dh ngrasa sumpek dlm sistem PNS. Pgn bget keluar, tp msih syang ma murid2. Coz mrka dket bget. Lgian gwe jg gk suka sistem pndidikn qta sering mnekan anak2 unt bljar hal2 yg gk brkaitan dgn dunia mreka. Gwe ngrasa brdosa hrus menjjali anak2 dgn hal yg gwe sndiri gk suka.
    Pngin bget keluar, tp msih bingung ngasih pnjlasan ke ortu… coz ini kebanggaan buat mrka.

  • iim

    Salam kenal mbak…lg galau nih krn gak turun2 sk resign saya..kmrn mbak nunggu sk turun dl ato lgs maen kabur aja dan gaji gak d ambil?makasih mb

  • greenivy

    mbaaa…kereenn.
    aku cpns dokter dikab B. sdh lulus prajab. sttpp juga sudah keluar. tinggal tunggu sk 100% tahun ini. dannnn… serasa nunggu vonis hukuman mati:'(
    aku ga nyaman disini…perang batin. tp ya ituuu..kebentur ortu. aku sedang berdoa agar pengangkatan 100% ditunda sampai tahun depan. karena denger2 kalau uda jadi pns sulit mundur.
    aku baru bs ajukan pengunduran diri desember ini…setelah resmi menikah. untungnya calonku paham dan setuju aku kembali praktek mandiri saja. 😀
    kira2 kalau resign msh cpns tp sudah diklat akan kena denda tidak ya mmbak?

  • eyang subur

    Perkenankan saya menceritakan kisah saya
    Saya mantan pns gol saya terakhir 3d, dan sdh 2 tahun ini saya berhenti jadi pns. Alasan saya berenti karena tdk ingin terus terusan memberikan nafkah yg haram utk anak istri saya. Terus terang sbg pns dan karena memegang jabatan strategis dan memegang proyek dgn nilai ratusan milyar saya sangat banyak menerima easy money (suap dsb) dan uang sangat mudah saya dapat hidup pun sangat nyaman tapi at the end of the day saya sadar semua yg saya dapat adalah haram, dan dgn tekad bulat saya ingin menyudahinya padahal masa kerja saya msh panjang saya masih berumur 40 th .
    Singkat cerita saya keluar dan membuka usaha sendiri tetspi selama 2 tahun ini usaha yg saya jalani bangkrut dan satu persatu aset saya yg saya dapat selama jadi pns saya jual utk bertshan hidup (mungkin ini kehendak Allah utk membersihkan ) 2 tahun ini hidup saya istri dan anak2 sangat berat dan kadang ada penyesalan knp berenti jadi pns, tapi mungkin dibalik semua ini ada rencana yg indah dari Allah utk saya , istri dan anak2, moga Allah memberikan saya dan keluarga kekuatan dan kemudahan utk melanjutkan perjuangan hijrah bagi mendapatkan rezeki yang halal .

  • vivi

    salut bwt mba dita,,
    saya jg sedang berfikir utk resign dr pns,,
    skedar share,saya sdh bersuami,tp kami berdua harus LDR.saya udh 4thn jd pns.
    sdh mengajukan pindah megikuti suami,tp kantor asal mempersulit.
    saya sering perang lahir dan batin,kdg timbul salah paham sm suami.
    aplg tmn2 d kantor sdh hampir semuanya memberi pandangan buruk pada saya.
    tdk munafik,walo saya keliatan tegar d luar,tp ketika saya seorang diri sdg sholat,saya sering menangis.dan skrg suami sdh ikhlas ketika saya akan keluar,mengingat keadaan saya skrg.tp saya msh bgg bgaimana mnjelaskan k ortu,krna menurut mreka pns pekerjaan yg wah!!

    • dewi

      Saya juga sama skrg saya LDR dengan suami, sudah mengajukan pindah ikut suami,tapi kantor saya mempersulit, akhirnya mba resign? Bagaimana prosesnya mba? Thx….

      • dieta

        saya hanya mengajukan surat pengunduran diri saja mbak. proses sk dan lain lain kantor yang urus

  • tita

    Mba dieta, aku pny msalah yg sama bgt tp blm smp mngundurkan diri krn msh bingung n takut. Msalahnya dulu sblm nikah ortu udh wanti2 jgn smp keluar dr pns krn suami swasta. mohon tipsnya mba cara memberi pengertian biar dpt restu ortu

  • eva

    Assalamualaikum,
    Salam kenal, salut deh mba dita…..posisi saya saat ini ‘depresi’ di kantor dan dalam waktu dekat ni saya berniat resign dr pns, tapi bingung mencari format surat pengunduran dirinya….. boleh saya minta dikirim formatnya? Nti saya kontak by email. Tks.

  • Re_Art

    Mb Dieta…aku juga msh CPNS nih, awal2nya juga rasanya berraaattt bgt, kaya org ngah ngoh gitu di kantor, ga ad kerjaan. Pengen bgt resign n balik ke swasta. Alhamdulillah skrg kerjaan da lmyn banyak, da ga ky org ngah ngoh dan org2 di sekitar termasuk pimpinan baek2 gt -jujur2 juga, ad sih yg aneh2 tp ga banyak, seklumit ajah-. Alhamdulillah da merasa nyaman aj jd PNS..wkwkwk

  • dhani

    alhamdulillah ternyata masih ada orang2 senasib seperti saya.. hee, kebetulan browsing di mbah google ketemu web ini.. senang rasanya membacanya. saya PNS yang punya cita2 keluar..(masih cita2 sih).. sudah eneg rasanya…. mudaha2an Alloh memberi keberanian pada saya. aMIIN..

  • Apris

    Alhamdulillah bisa ketemu tulisan di sini. Sedikit sharing sya jg pns msuk Jan 2008. Seblumnya kerja di swasta. Kalo skrg dhtung sdh lbih dri 5 thun sy bkerja. Diawal msuk jd pns sya dh niat utuk resign stlah mngetahui realita yg ada spt : etos kerja, ‘duit’ yg tdak jlas kehalalannya,lap2 yg fiktif. Itu semua brtentangan dengan nurani saya. Jujur dngan kondisi ini sya tersiksa bathin ada pertentangan luar biasa dlm diri saya. 2 tahun blakangan ini sya bersama istri membuka usaha (menjual aneka boneka) dengan income berkali lipat dri gaji yg saya terima. Ini membuat saya makin mantaf untuk resign dri pns, Istri sdh mendukung meski belum spenuhnya. tinggal orang tua yg rada berat meyakinkan mereka. terlebih keluarga saya sbgian bsar jd pns jga. Mohon doanya ya temans smga dmdahkan jalan myakinkan orang tua & smga tahun depan bisa terwujud. Kdang saya ksh saran buat mreka yng mncari kerja utuk tdk melamar jdi pns, mending buka usaha saja. Asal dtekuni inshaAllah hasilnya jauh lebih bnyak dri gaji pns terlbih lgi uang yg ddapat dri keringat sndiri itu jlas halal & berkahnya. Kdg suka miris sndiri mendengar pkiran org2 yng mngtakan klo jd pns hdupnya terjamin.

  • finni

    Harusnya judulnya keluar dari zona tidak nyaman.. bukankah sebagai wanita lebih nyaman di dekat keluarga/anak ya mba hehe :) Dan dalam Islam pun wanita tidak wajib mencari nafkah, apalagi kalau sampai mengorbankan kewajiban utamanya sebagai istri dan ibu, cmiiw..

  • eris

    Mbak,salut sm keputusannya…saat ini sy msh bekerja sbg pns,kira2 sy bs ngobrol gak sm mbak ttg keputusan mbak saat itu. Gmn sy bs menghubungi mbak? Tks

  • syafi fitriya nuzuly

    seneng banget baca tulisan ini..sy jg pns..guru..juga ingin resign. trima kasih ats masukannya

  • tyas

    Mba, salut atas keputusan mba keluar dari “comfort zona” demi keluarga. Keputusan yg sangat berat tp mba berhasil mengambilnya.

  • keke

    Mba, keadaan mba sama seperti keadaan saya sekarang.

    • ati

      Salam kenal buat mba dieta…saat ini sy sedang memberanikan resign dari pns. Saya minta format surat resign ya makasih

  • anggi

    asm mb dieta..,saya jg pingin resign jd PNS mb, saya br 3 th bekerja mb, tp banyak hal yang membuat sy tidak nyaman dengan pekerjaan ini, sy dan suami bekerja beda kota mb, setiap mlm sy selalu perang batin mb, pengen bgt bs deket sm suami n bisa totalitas ngurus anak..,tp keadaan tidak memungkinkan,..,ada keinginan sy kluar dr PNS, tp saya bingung menjelaskan k org tua, pasti mereka sangat kecewa..,.sy sdh izin k suami,suami udah setuju..,dan sampai skrg sy terbelenggu dlm ktidaknyamanan sy…,semoga ada jln kluar untuk ini.

  • dewi

    Mba dieta, prosedur pengunduran dirinya gmn? Aq PNS jg tp ngajar dibalikpapan, pengen resign juga. Minta tolong share langkah2nya ya, surat ditujukan kesiapa kedinas pendidikan ato badan kepegawaian? Thanks

    • dieta

      prosedurnya ya bikin surat pengunduran diri, saya juga lihat di google juga. kalo saya sih ditujukan ke badan kepegawaian

  • Na

    wah…sedangnya..jd pengen tau gimana pertama caranya ngajuin surat pengunduran dirinya ke mana trus prosesnya lama gak? Saya juga pengen resign krn sdh ngerasa gak sreg lg dgn kerjaan yg ada. Trus skrg kalau boleh tau usahanya apa Ya? Saya blm tau mau usaha apa.

    • dieta

      waktu itu cuman ngajuin surat pengunduran diri saja ke kepegawaian, nanti yang urus bagian kepegawaian. Sekarang saya usaha daycare di bogor.

      • dewi

        Trus setelah ngajuin surat resign, mba dita lgsg g masuk kerja, atau bagaimana mba? Rencananya saya juga mau resign dari pns, karena mengajukan pindah keluar instansi ko kayanya dipersulit y…

        • dieta

          saya langsung ga kerja mbak setelah mengajukan surat resign.

  • linsa

    Makasih banget…. ssemoga bisa mengikuti jejak

  • dina

    Makasih sharing pengalamannya mbk dieta. Oiya sebelum memberikan surat resign, apakah mbk dieta ngomong dulu ke atasan? Atau langsung kasih surat resign dulu baru pamit atasan dan teman2? InsyaAllah aku mau resign awal tahun depan..mksh

    • dieta

      bicara dulu dengan atasan mbak baru bikin surat resign

    • ummu hasan

      mba dina….jadi mengundurkan dirikah? bagi2 ceritanya donk….

  • FUSPARINA

    gue iri deh sama kamu, yang udah jadi jagoan banget keluar dari zona nyaman…gue juga mau. gue udah sesumbar sih mau berhenti jadi PNS, tapi gue masih gak berani…khawatir keluarga komplain…kasih saran ya…

  • Wiwiek Wijayanti

    Assalamu’alaikum…salam kenal mbak….,saya juga pengen resign di akhir tahun ini,karena pengen fokus ngajar ngaji…doain ya mbak,smg Alloh membuka pintu rizqiNYA dari arah yg tidak disangka…

  • Wiwiek Wijayanti

    Assalamu’alaikum mbak,salam kenal…

  • Wiwiek Wijayanti

    Assalamu’alaikum mbak…salam kenal…

  • adhi

    sore mba

    mba dita, saya mau konsultasi boleh saya minta emailnya ?

    kebetulan saya juga kepikiran untuk mengundurkan diri

    makasih ya mba

  • ani

    mbak….waktu abis resign kan buka usaha laundry, trus kok gak ada kelanjutannya lagi ya. saya tertarik berbagi pengalaman soalnya saya juga baru memulai usaha laundry dan kepengen resign supaya bisa fokus berbisnis. thx yaaa

  • puspa ayu

    mbak…pengen banget resign..yaa itu idealisme sama kenyataan gaa berbanding lurus…sedang saya sendiri sudah punya usaha yang bisa di maksimalkan..penghasilan usaha saya bisa 15 kali lipat dari gaji pns… pns hanya sbagai status sosial jadinya dan dipaksa oleh keadaan keluarga kalau gaa pns ya ga kerja….pengen banget mbak resign supaya bisa lebih berkembang tidak stagnan…

  • Devi Y A

    Akhir tahun ini tepat 14 tahun sy menjadi PNS, guru bersertifikasi. Zona nyaman banget. Tapi saya yakin di luar sana ada zona indah yang bisa saya raih. Sudah gregetan pengen fokus di usaha yg baru sy geluti 8 bulan terakhir ini. Plus punya banyak waktu berkualitas dengan 4 orang anak ku yg masih kecil2, suami, kedua ortu, keluarga besar. Jalan2 n senang2 tanpa perlu izin sama atasan. Ibadah semakin lancar, dll. Keputusan untuk resign memang masih belum mantap. Saya akan sholat istikhoroh dulu. Diskusi dan mohon pilihan terbaik dari Tuhan. Salut buat mba Dieta

    • dieta

      semoga mendapatkan keputusan yang terbaik ya mbak, semangat!.

  • mardhi

    mbak DIETA, saya mau tanya. saya baru diterima cpns tahun 2014, dan sk pns turun 2015. Rencana akhir 2016 ini mau resign. masa kerja minimal untuk resign dr pns itu brp tahun ya? apakah jika kita tidak memenuhi minimal kurun waktu masa kerja yang ditetapkan, akan terkena pinalti?
    mohon pencerahannya

  • mardhi

    mbak DIETA, saya mau tanya. saya baru diterima cpns tahun 2014, dan sk pns turun 2015. Rencana akhir 2016 ini mau resign. masa kerja minimal untuk resign dr pns itu brp tahun ya? apakah jika kita tidak memenuhi minimal kurun waktu masa kerja yang ditetapkan, akan terkena pinalti?
    mohon pencerahannya. saya sangat bingung

  • Dina

    Untuk para ibu dan mbak2 yg berniat keluar dr pekerjaannya (pns) krn merasa tidak nyaman. Sy ucapkan Selamat. Krn memang keresahan mbak2 meninggalkan rumah adalah fitrah…hati nurani yg berkata. Bahwa sesungguhnya tempat ibu dan mbak2 adalah di rumah. Mengurus anak mengurus rumah tangga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku