Sungguh ini postingan agak telat, sudah mau sebulan tapi tak apa ya, baru sempet banget karena beberapa hal yang nanti mungkin akan gw ceritain di blog ini juga.

Seperti postingan sebelumnya, bahwa gw dan age akan mengikuti kelas inspirasi Sukabumi akhirnya terlaksana juga dengan seru, menyenangkan dan luar biasa banget deh. Berangkat hari Jumat sore pake motor bikin tambah seru perjalanan ke sukabumi. Seru karena ga cuman gw dan age aja tapi bareng juga sama nday yang kebetulan ikut juga kelas inspirasi. Jalan agak santai dan sempet beberapa kali berhenti istirahat karena pinggang agak pegel ahaha, akhirnya kami sampai di Sukabumi menjelang maghrib. Langsung menuju ke rumah kakak (abah) untuk sholat dan numpang makan hahaha.

Jumat malam ini memang rencana kami akan menginap bersama masing-masing kelompok, jadi gw akan nginap bareng kelompok gw, age dan nday pun begitu menginap bareng kelompok mereka. Nah kebetulan kelompok gw dapet tempat penginepan rumah deket sekolah yang bayarnya seikhlas kita. Ya penginepannya biasa aja sih, bukan model villa megah gitu ahaha, emang rumah bukan buat dihuni tiap hari gitu, jadi disitu cuman ditunggu sama penunggu rumahnya aja, paling diisi kalo ada yang mau nginep. Tapi ga usah dibayangkan lah ya rumahnya, pokoknya diluar ekspetasi gw dan teman-teman deh ahaha. Tapi karena buat tidur sebentar dan mandi, ya gpp lah toh kan rame-rame ini ga sendirian ahaha. Sampai di penginepan sekitar jam 9 malam, taro barang, ngaso sebentar dan langsung lah haha hihi sama teman-teman kelompok. Ga haha hihi doang sih, sambil update jadwal ngajar, nyiapin buat kebutuhan besok dan tentunya cerita-cerita seru sampai jam 1 malem, hahaha. Jam 1 malem baru mulai mau tidur, agak-agak mulai telayang gitu tidurnya eh kebangun jam 2 karena Adit (salah satu anggota kelompok) baru dateng. Harusnya pas adit dateng langsung tidur lagi dong? tapi ternyata TIDAK ahaha, yang ada adalah bikin topi ayam hahaha. Sebenernya topi ayam ini harusnya adit yang ngerjain tapi ternyata seminggu mau hari inspirasi, dia harus bernagkat ke Lombok, jadi selain ga sempet bikin, takut rusak topinya juga kalo masuk bagasi. Ya sudahlah, jam 2 malem akhirnya gw, adit dan aidel bikin topi ayam sambil ngantuk. Jam 4 pagi teman-teman lain pada bangun, dan gantian gw yang tidur, ga tidur juga sih, tidur ayam gitu lah, yang masih bisa denger samar-samar orang ngomong. Jadi bisa disimpulkan bahwa gw ga tidur padahal mau ngajar, hyuuukk cakep kan?

Jrenggg hari Inspirasi dimulai, Sabtu. 23 Januari 2016

Seperti yang dibilang diatas, tidurnya tidur ayam, jadi jam 5 sudah kebangun lagi dan antri mandi. Kalo antri mandi gini inget waktu tinggal di Pondok, antri di depan kamar mandi supaya kebagian jatah mandi ahaha, untungnya yang ini enggak sih, nunggu sambil selonjoran santai di kursi dan tentunya sambil ngobrol dan teriak-teriak gedorin yang lagi mandi untuk mandi ga pake lama haha. Jam 6.30 semua anggota kelompok beres dan kita langsung berangkat ke sekolah. Di sekolah kita kulonuwon dulu sama kepala sekolah sambil kenalan dan briefing sebentar. Setelah itu baru deh masang-masang backdrop dan kain putih untuk cap tangan dan juga cek sound.  Selesai ngeberesin printilan-printilan tersebut, berarti waktunya opening kelas inspirasi dimulai.

Opening

Opening dilakukan di Lapangan SDN Cibereum Wetan Sukabumi, untuk ukuran SD kecil, lapangannya lumayan besar. Murid di SD ini hanya berjumalh 97 anak, sedikit ya, kita aja agak kaget pas tau jumlah muridnya, tapi jadi enak sih kalo sedikit, pas dikelas kayak belajar private ahaha. Opening di mulai dengan sambutan dari kepala sekolah serta perkenalan para relawan, yaitu ada Kak Yaman, Kak Rani, Kak Diska, Kak Adit, Kak Dila, Kak Adam, Kak Din, Kak Riza, Kak Alya, Kak Yasmin, Kak Aidel dan juga Diriku. Setelah perkenalan, untuk menambah semangat anak-anak, kami mengajak anak-anak untuk senam chicken dance dengan para inspirator memakai topi ayam yang telah dibuat. Wah seru banget, anak-anak senang dan kakak-kakak terlihat lucu dan menggemaskan dengan topi ayamnya.

14 15 16                   17

Sesi 1, Kelas 2

Sesi pertama gw dikelas 2, awalnya gw ngajak mereka bermain lempar bola, ketika bola gw lempar ke salah satu dari mereka, yang mendapatkan bola harus menyebutkan nama dan cita-citanya, kemudian bola dilemparkan lagi ke yang lain smapai semua murid mendapatkan bola. Setelah permainan lempar bola ini, waktunya gw mendongeng dengan cerita  “Ingin jadi apa aku nanti” yang kebetulan ceritanya tentang kevin yang menjadi pengusaha ikan, cucok lah sama kerjaan gw pengusaha, jadi lebih gampang nyelipin pekerjaan gw lewat dongeng ini. Dan seperti waktu di Bogor, anak-anak ga ngerti pengusaha atau pemilik usaha itu apa, mereka lebih tahu tentang penjual atau pedagang akrena mungkin lebih sering mereka temui ya, jadi ya menjelaskannya memang harus detil dan semudah mungkin untuk dimengerti oleh mereka. Setelah dongeng, gw ajak mereka untuk keluar kelas untuk melakukan percobaan sains “Air Mancur Soda”. Tentunya pada bagian ini anak-anak pada seneng dan kaget, tidak menyangka bahwa ternyata minuman soda ketika dicampur oleh permen mint bisa membuat pancuran seperti air mancur. Setelah percobaan sains ini, gw menggiring mereka untuk cap tangan cita-cita, yaitu cap tangan mereka ke cat warna warni lalu di cap ke kain putih dan tulis nama serta cita-cita mereka. Buat anak-anak kegiatan cap tangan itu menyenangkan sekali.

1 4 3                   2

Sesi 2, Kelas 4

Di sesi kedua ini gw mendapatkan kelas 4. Kegiatannya hampir sama dengan kelas 2, tetapi tidak mendongeng, main bola cita-cita iya dan juga mendampingi anak-anak untuk membuat surat cita-cita kepada orangtua mereka dirumah. Setelah membuat surat cita-cita, gw langsung mengajak mereka keluar kelas, sebelum melakukan percobaan sains ” Air mancur Soda”, gw mengajak mereka untuk senam pinguin dulu supaya mereka tambah semangat. Setelah senam pinguin baru dimulai kegiatan percobaan sain Air Mancur Sodanya.

10                 9

Istirahat

Nah jam istirahat ini, kesempatan buat kita jajan makanan yang dijual di sd ahaha, nostalgia banget lah. Tadinya mau pesen mie ayam tapi anak-anak sd banyak banget yang pesan dan akyaknya bakalan lama jadinya, ya udah kita pesen cilor 5rb yang ternyata banyak banget dapetnya ahaha dan enak, ah surga dunia banget lah. Nah gw, Adit dan Din sempet juga jajan di sd tetangga yang ga jauh letaknya untuk jajan CILOK, ohhh myyy karena lapar jadi semuanya terasa enak ahaha.

 12

11

  Sesi 3, Istirahat

Nah kebetuylan sesi 3 ini gw pas ga ngajar alias istirahat, jadilah ngobrol di lorong sama temen-temen yang kebagian istirahat juga, sempet memejamkan mata sebentar karena ngantuk luar biasa ahaha.

Sesi 4, Kelas 5

Nah ini sesi terakhir dan mendapatkan kelas 5, udah siang, capek, ngantuk, jadi daripada ga semangat langsung aja ajak anak-anak kelaur kelas buat percobaan sains Air Mancur Soda dan juga senam. Ternyata ya anak kelas 5 ini suka banget sama senam, jadilah gw ajak senam pinguin, hoki poki dan gummy bear, nah mampus ga tuh gw langsung senam 3x di waktu menjelang siang, rasanya kayak mau mati hahaha.

 8     5
   6

7

Closing

Nah closing ini simpel banget sih, cuman pidato penutup dari Kepala Sekolah, terus nerbangin pesawat cita-cita ramai-ramai deh. Seneng banget bisa mengajar di SDN Cibereum Wetan ini, anaknya manis-manis semua, seru lah pokoknya.

18                19

Sesi Foto-Foto

Seperti biasa, ga afdol namanya kalo ga ada sesi foto-foto, ahaha. Walupun capek, laper, ngantuk tapi kalo disuruh foto sih langsung semangat ahaha.

20

 23

Terimakasih Sukabumi, terimakasih SDN Cibereum Wetan dan tentunya Terimakasih yang paling kece buat Geng Ayam Kece ahaha. Ah aku bangga dan senang bisa bekerjasama dengan kalian sampai detik ini. Semoga kita terus membumi dan bisa terus menginspirasi kebaikan ke anak-anak Indonesia. Mari Berbagi Senyum.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku