Setelah ikut Kelas Inspirasi Sukabumi dan Kelas Inspirasi Yogyakarta (yang ini nanti-nanti aja ceritanya kalo mood ahaha), gw ikutan lagi Kelas Inspirasi Bandung, urutan deh tuh ya dari Bogor ke Sukabumi lanjut Yogya terus ke Bandung dan terakhir Tasik (nah ini juga nyusul ceritanya). Yang spesial banget pake telor di Kelas Inspirasi Bandung ini  ternyata gw sekelompok sama age ahaha. Entahlah itu kenapa panitia bisa bikin gw dan age sekelompok padahal nomor telefon hampir sama, email pun domainnya sama dan sepertinya kesempatan untuk sekelompok hanya sekali seumur hidup kayaknya ahaha. Seperti biasa, sebelum hari inspirasi pasti ada hari briefing, sayangnya kami ga bisa dateng karena berbarengan dengan acara Peyapeyo jadi skip lah ga dateng briefing.

Walaupun ga dateng briefing, sudah tentu setelah briefing akan ada grup rumpi kelompok di whatsapp ahaha, dan ternayta KI Bandung ini mempunyai anggota kelompok yang paling banyak daripada KI lain yang pernah gw ikut. Ada 28 Orang dalam satu kelompok dan 4 orang mundur, total jadi 24 orang, banyak kan?. Di KI Bandung ini gw dan age masuk ke kelompok 41 yaitu kelompok Komplek SDN Luginasari yang terdiri dari SDN Luginasari 1, SDN Luginasari 2 dan  SDN Sukagalih 7. Jadi ternyata ada 3 sekolah dalam 1 komplek dilebur menjadi 1, entahlah kenapa begitu, mungkin terlalu banyak sekolah atau bagaimana ga paham juga.

Karena teman-teman kelompok tidak semua berasal dari Bandung, ada juga yang dari luar Bandung, akhirnya kami yang dari luar Bandung untuk memutuskan mencari penginapan bersama biar kenal dulu lah sebelum hari inspirasi, biar kece gitu nanti tim nya pas hari inspirasi ahaha. Alhamdulillah dapet penginepan dekat sekolah, jadi pas hari inspirasi ga makan waktu banyak buat sampai ke sekolah dan ga grabak grubuk juga haha. Akhirnya malam sebelum hari inspirasi sebagian banyak temen kelompok berkumpul di penginepan, dari mulai kenalan, cemal cemil cantik, ngobrol ngalor ngidul, meeting setitik buat persiapan hari inspirasi dan tak lupa belajar senam gummy bear untuk openingnya. Malam yang seru lah, sampai sampai baru tidur jam 2 pagi dan harus bangun jam 5 pagi ahaha.

HARI INSPIRASI, 24 Februari 2016

Seperti dibilang diatas, baru tidur sebentar eh udah pagi, tapi karena antusias untuk hari inspirasi sudah pasti langsung bangun, mandi dan bersiap untuk ke sekolah. Jam 6.30 semua sudah siap dan menuju lokasi sekolah karena menurut jadwal kami akan mulai opening sekitar jam 7 pagi. Jadi sebelum jam 7 pagi sudah harus sampai di sekolah untuk kulonuon ke kepala sekolah dan guru-guru disana serta persiapan untuk opening termasuk pasang backdrop dan kain cap tangan.

Opening

Opening dilakukan di lapangan sekolahan komplek SD Luginasari, lapangan cukup luas untuk kami melakukan opening. Opening yang kita lakukan sih ga pake upacara segala, cukup dibuka sama MC yang berasal juga dari inspirator yaitu kang fauzi. Setelah pembukaan dari kang fauzi lanjut ke sambutan ketua geng yaitu kang Bdee dan juga sambutan dari Kepala Sekolah. Setelah sambutan, dilanjut dengan perkenalan dan ditutup dengan senam Gummy Bear. Oh ya di Bandung ini gw dan age niat buat bikin helm Atronout ahaha, biasalah age kan ga mau kalah, dia tertantang untuk bikin helm astronout gara-gara si topi ayam ahaha. Jadilah 3 hari 3 malam gw dan age bikin helm astronout buat 26 helm. Ahelah perjuangan banget dah ah, sampe lelah hayati pokoknya. Nah pas opening ini, kami semua anggota kelompok akhirnya pakai helm astronout, seru deh, anak anak sd pada takjub ngelihat kami ahaha.

Mengajar di Kelas

Yang jelas dan pasti, dari 4 sesi mengajar, gw kebagian 4 sesi itu full ngajar, ga ada sesi istirahat, ya istirahat pas jam istirahat aja. Nah di sesi mengajar ini gw kebagian kelas 1, 2 dan dua kali kelas 6 yaitu 6a dan 6b. Anak kelas 1 ini jumlah muridnya paling banyak, paling rempong dan paling susah dikasih tahu alias lebay ahaha. Tapi buat gw ga masalah lah, udah biasa ngadepin anak-anak kayak begini ahaha *lebay dan sombong beda tipis emang*, jadi ya santai aja. Ajak main aja yang seru-seru habis itu diajak ngomong sambil sesi curhat ahaha, yang curhat bukan gw ya tapi anak-anaknya. Kalo kelas 2 dan 6 ya biasa aja lah, mereka antusias ngikutin semuanya tanpa gw harus tarik urat pas ngomong. Kalo mengajar seperti ini, jadi semakin miris melihat pola didik orangtua, sistem pendidikan kita yang sebetulnya bisa lebih kece lagi kalo sama-sama mau berjuang. Apalagi untuk SD yang anak-anaknya masih senang dengan main, harusnya bisa lebih kece lagi kalo sistem pendidikan kita bisa lebih menyenangkan dan ga kaku.

Selalu dan selalu, setiap di kelas gw ga lebih menekankan akan apa pekerjaan gw dan cita-cita. Tetapi lebih menkankan bagaimana anak mau sekolah, pinter, bekerja keras untuk bisa mencapai cita-citanya. Anak-anak itu ga akan mengerti pekerjaan kita hanya dengan kita menjelskan pekerjaan kita selama 15-30 menit. Yang mereka tau cuman sekolah dan punya cita-cita, nah gimana mencapai cita-citanya itu yang harus di motivasi salahs atunya dengan cara-cara yang menyengkan, bahwa diluar sana banyak hal yang bisa mereka pelajari dengan menyenangkan. Makanya kenapa gw selalu ngajak anak-anak buat senam/joget ceria bareng agar mereka senang dan gw bisa masukin motivasi motivasi belajar yang akan membuat mereka semangat untuk belajar. Ketika anak-anak senang, akan sangat mudah memasuki dunia mereka dengan nasihat-nasihat yang kita berikan. Gw pun selalu mengajak anak untuk mendongeng dan melakukan percobaan sains yang menyenagkan, agar mereka terbiasa untuk berfikir kritis, berkhayal baik dan mampu mengeluarkan imajinasi mereka lewat kreatifitas yang mereka miliki. Karena sesungguhnya anak-anak itu hebat, tinggal bagaimana kita mengarahkan mereka menjadi yang lebih hebat lagi.

Disini ga usah gw ceritain detil lah apa yang gw lakukan dikelas, sama aja koq sama dengan kelas inspirasi lain yang gw ikutin, ga akan jauh dari itu hahaha.

Closing

Kalo closing ya sama juga dengan yang seperti sebelumnya, dan kebetulan memang kita closing dengan menerbangkan pesawat origami, seru lah pokoknya.

Biar gw ga kebanyakan ngomong, langsung lihat foto-fotonya aja lah ya…..

IMG_20160224_113856


_MG_0039

_MG_0095--

_MG_0144--

2--

1--

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku