Bulan lalu gw dan age mencoba daftar menjadi relawan pengajar kelas inspirasi sukabumi, nah tanggal 1 januari kemarin adalah pengumumannya dan ternyata gw dan age lolos untuk mejnjadi relawan. Kelas inspirasinya sendiri baru tanggal 23 Januari, tetapi seperti biasa sebelum hari inspirasi pasti ada hari briefing yang daidain tanggal 9 Januari. Awalnya udah niat ga mau dateng pas hari briefing karena nanti juga akan ada grup whatsappnya untuk diskusi dan kelompok sekolah, tapi ternyata tanggal 10 Januari ada acara nikahan di Cibadak, jadi mikirnya ya udah lah sekalian aja ikut briefing sekalian juga jalan-jalan ke Sukabumi ajak Mika.

Awalnya kan emang mau berangkat kondangan ke Cibadak untuk anter eyang dan sekalian main ke rumah kakaknya age (abah) pas tanggal 10 itu naik mobil karena ga mungkin juga ajak eyang naik kereta, tetapi pas tau ada briefing ya udah gw dan age memutuskan untuk bernagkat duluan tanggal 9 naik kereta ajak Mika sedangkan Jibril dititip ke datuk dan nenek. Karena ga mungkin lah gw briefing bawa jibril, yang ada gw ga bisa ikutan briefing, kalo mika masih bisa karena udah bisa diatur ahaha. Hari Rabu age langsung beli tiketnya di stasiun karena ternayta sejak Januri sudah ga bisa beli tiket kereta online, entahlah ya kenapa begitu, padahal enak banget kalo bisa online jadi ga repot buat ke stasiun beli tiket. Beli tiket buat gw, mika dan age yang kebetulan kalo dari Bogor jam pertama berangkat kereta adalah 7.55 yang di perkirakan sampai Sukabumi sekitar jam 10.00. Masih ada tenggang waktu untuk ke acara briefing yang jadwalnya jam 11.00 – 15.00.

Sabtu pagi kami berangkat dari rumah sekitar jam 7.00 langsung cuss naik ojeg karena takut telat juga, sampai stasiun jam 7.30. Wah masih ada waktu buat sarapan dulu daripada kelaperan di kereta kan ya mending perut diutamakan dulu lah. Sampai akhirnya jam 7.55 kereta pun belum nongol sedangkan stasiun batu tulis sudah penuh sesak dengan manusia yang mau naik kereta ke sukabumi. Saat itu ternyata banyak rombongan yang naik kereta, ada rombongan orang-orang yang mau lari, rombongan orang-orang yang mau reunian, rombongan orang-orang yang mau naik gunung, jadi emang rame banget nget nget deh plus berisik. Akhirnya kereta nongol jam 9.00, buset deh telatnya sejam dong ya yang sudah pasti bakal telat juga sampai sukabuminya. Kebetulan kami dapet duduk di gerbong 2 yang mana barengan sama rombongan yang mau lari dan yang mau naik gunung, cakeb banget kan ya, baru juga duduk masuk kereta udah rame dengan kelakuan dan kelakar mereka yang ketawa-ketawa kenceng tanpa etika bahwa di kereta itu ga cuman mereka dan kelompoknya saja tapi ada orang lain juga. Huwaa rasanya pengen mitesin satu-satu deh atau lemparin sepatu ke mulutnya ahaha *kejam*. Udah gitu ya, ditambah ac kereta yang ga dingin dan udara luar yang panas ditambah berisiknya orang-orang di kereta, tau lah rasanya ya pengen terjun bebas ke sungai deh gw rasanya, kayaknya enak dan adem ahaha. Yang baru gw tahu juga adalah ternyata ac di keretanya pake ac split atau ac rumah gitu lah ahaha, seumur-umur gw naik kereta baru nih lihat kayak gini.

Ternyata kalo naik kereta ke sukabumi itu beda sama naik kereta commuter line, jalannya pelan-pelan banget, katanya sih karena kontur tanahnya terlalu lembek jadi mudah anjlok kalo dipake agak ngebut, katanyaaaaa sih katanyaaaaa, entahlah ya bener apa ga. Jadilah baru sampai sukabumi jam 12 siang disambut dengan hawa panas luar binasa, haus dan lapar. Karena udah telat, jadi kami langsung meluncur ke tempat briefing yaitu di pendopo sukabumi. Sampai sana ternyata pas break untuk makan siang dan sholat, ya udah langsung meluncur cari makan terdekat dan sholat di masjid agung sukabumi yang kebetulan letaknya di depan pendopo sukabumi, tinggal nyebrang aja. Lumayan lah istirahat sebentar, ngatur nafas dan balikin energi yang udah habis waktu di kereta tadi jadi agak sedikit lebih fresh lah ahaha. Jam 1 balik lagi ke pondopo untuk ikut briefing sampai jam 4, habis itu sholat sebentar dan nunggu abah yang lagi perjalanan pulang dari cibadak. Karena bingung mau ngapain sambil nunggu abah yang katanya masih sejam lagi sampai, kita akhirnya ke Mall Yogya aja deh, yang ternyata sebenernya deket dari masjid agung tapi karena ga tau akhirnya kita naik becak motor ahaha, biarlah sekali-kali dan sekalian biar mika seneng naik becak.

Di mall Yogya ga ngapa-ngapain sih, cuman beli sikat gigi sama minum doang, abah dateng juga langsung cuss pulang ke rumah abah. Iya kita memang rencana nginep di rumah abah yang kebetulan sejak abah pindah ke sukabumi kita belum pernah ke rumahnya, jadi perdana lah ya kesana dan langsung nginap, ahay. Niatnya lagi nih malem mau jalan keliling sukabumi ah minjem motor abah tapi kenyataan tinggalnya kenyataan, yang ada gegoleran di rumah abah karena capek ahaha. Lagian kangen juga udah lama ga ngobrol sama abah, jadi ya udah ngobrol-ngobrol aja dirumah abah sampai tidur.

Minggu pagi bangun siang ahaha, rencana mau ke cibadak ga jadi, jadi kita nunggu rumah aja sambil nunggu eyang dan teteh dateng ke rumah abah. Nah karena kebetulan gw dan age belum tahu lokasi sekolah yang kita dapet untuk hari inspirasi nanti, akhirnya kita putuskan untuk keliling sukabumi untuk nyari sekolahan yang akan kita datangi nanti. Ternyata letak sekolahnya juga ga jauh dari rumah abah, kalo dari rumah abah, sekolahan gw belok kiri, sekolahan age belok kanan dan paling sekitar 10 menit juga sampai karena emang ga terlalu jauh juga. Yah lumayan lah ya jadi pas hari inspirasi enak karena deket sama rumah abah dan bisa pinjem motor ahaha. Sialnya sekolahnya gw dan age ga sebelahan lagi kayak kemaren di Bogor jadi ga bsia berangkat bareng nantinya ahaha, ya sud lah dada babay ahaha. Setelah dapet lokasi ke dua sekolah, kita cari makan ke kota dan nyobain batagornya mang udin di jalan Juanda atau Dago kalo orang Sukabumi bilangnya. Habis makan mau beli moci di Moci Lampion di jalan Bhayangkara. Nah pas nyari tempat moci ini nih yang kita keliling keliling nyasar muter-muter ga ketemu, nanya supir angkot juga ga ketemu temu kahirnya buka google map dan ketemu ahaha kenapa ga dari tadi aja sih, dodol deh emang ya. Setelah beli moci langsung cuss kerumah abah karena eyang sudah sampai. Sekitar jam 4 akhirnya kami pamit untuk kembali ke Bogor dan kali ini kami bareng eyang naik mobil.

Sampai jumpa lagi tanggal 22 ya Sukabumi, jalan-jalan yang menyenagkan sekali kemarin, semoga nanti juga menyenangkan yaaa.

bertiga di becak motor

naik becak motor

di mochi lampion

name tag kelas inspirasi sukabumi