Telat banget ya gw baru nyari sekarang? gw fikir sih ga telat-telat amat lah ya daripada ga sama sekali? hihi *pembelaan diri*. Sebenernya kemaren-kemaren gw ga kefikiran buat bikin asuransi jiwa, walaupun para financial planner pada berkoar-koar bilang bahwa asuransi jiwa itu penting terutama untuk sang pencari kerja utama a.k.a suami. Dan kemaren-kemaren gw masih meng-ignore kepentingan si asuransi jiwa ini, karena gw berfikir ahh gw kerja jadi pns aman lah, kalo gw mati gw bisa dapet pensiun dan pensiun bisa buat anak gw, jadi tenang lah dan gw ga berfikir sampai kalo sebenernya dan nyata bahwa umur manusia ga ada yang tau, iya kan? dan gw melupakan bahwa pak suami bekerja bukan sebagai PNS yang notabene ga punya duit pensiun booo. Nah semua itu terabaikan begitu saja sama gw dan si pak suami. Sampai akhirnya tiba-tiba gw ingin banget berhenti kerja menjadi PNS dan mencari kerja di Bogor saja walaupun sampe sekarang juga belom berhenti dari PNS dan belom dapet kerja di Bogor. Nah kalo gw berhenti kerja gimana nasib si dana pensiun dan lain-lainnya?

Nah dari sini gw mulai mencoba melek lagi tentang si financial planning buat keluarga kecil gw, apa aja sih yang harus kami penuhi untuk menghadapi hidup ini sekarang dan nanti? apa yang harus kami siapkan buat anak-anak kami? dan jawabannya ternyata BANYAK! huahaha sampe pening kepala gw mikirinnya. Okay gw mulai nanya-nanya dan email-emailan sama temen-temen yang gw anggap agak lebih melek tentang finacial planning daripada gw, thanks ya guys sudah membuat gw tercerahkan tentang semuanya. Karena banyak yang harus gw lakukan dan perhitungkan dengan keuangan yang gw punya juga, akhirnya gw memutuskan untuk mencari tau tentang asuransi jiwa khususnya buat pak suami karena beliau pencari nafkah utama. Berkat dari banyak nanya dan cari tau di artikel-artikel keuntungan dan musti gimana serta milih produk asuransi jiwa seperti apa, akhirnya gw memutuskan untuk mencari tau dan berniat mengambil asuransi jiwa termlife. Nah tugasnya adalah cari tau tentang produk asuransi jiwa termlife yang dijual oleh perusahaan-perusahaan asuransi yang ada. Dari segala macam hal yang gw baca dan cari tau bahwa jangan sampai terjebak oleh produk unitlink, prosuk yang menawarkan asuransi dan investasi karena ga sesuai dengan tujuan. Begini, asuransi jiwa kan sifatnya lebih pada ke proteksi, selama tenggat kontrak kita sama asuransi dan ternyata terjadi apa-apa sama kita maka kita akan mendapatkan manfaat dari proteksi itu, tetapi sebaliknya selama kontrak kita ga terjadi apa-apa alias ga klaim polis, ya sudah hangus aja premi yang kita bayar. Rugi? gw pertamanya mikirnya gitu, rugi dunk gw udah ngeluarin duit tapi kl ga gw klaim gw ga dapet apa-apa. Sampai akhirnya gw mikir, ya namanya juga proteksi neng bukan investasi, yang loe proteksiin kan jiwa loe, masa jiwa loe mo loe investasiin juga sih? emang loe yakin umur loe bakal panjang ampe 100 tahun? kalo tiba-tiba besok loe meninggal gimana? anak loe mo dapet duit dari mana buat dia hidup kalo loe dah ga ada di dunia ini? Nah karena itu dibutuhin nih asuransi jiwa ini, dan yang dibutuhkan adalah yang bener-bener asuransi jiwa murni. Kalo kata Ligwina (pakar finacial planning), kalo loe mau invetasi boleh, tapi ga jadi satu sama asuransi jiwa, pisahin, investasi sendiri, asuransi jiwa sendiri karena keuntungan yang di dapat akan berbeda. Makanya ga disarankan si unit link ini.

Berbekal pengetahuan yang gw dapat, akhirnya gw mencoba mengajukan pendapat gw ini ke pak suami, dan seperti  yang sudah gw duga dia agak mengkeret ketika gw bilang gw maunya ikutan asuransi jiwa termlife, kalo ga ada apa-apa ya hangus. Pertamanya agak susah diterima pak suami karena dia mikir dia bakal keilangan duit yang sudah dikeluarin, tapi setelah gw kasih penjelasan panjang lebar akhirnya dia mengerti  juga dan setuju, yey!

Lalu apa yang gw lakukan setelah mendapatkan persetujuan dari pak suami? Akhirnya pas kemaren gw cuti (sebelum gw jatoh sakit kemaren), gw mendatangi beberapa perusahaan asuransi yang banyak direkomendasiin sama orang-orang. Gw dateng ke Manu****, Taka***, Sinar***, A*A, Jiwa***** dan sedang menunggu hitung-hitungan dari Sun****. Dari semua yg gw datengin cuman Manu**** dan Taka*** yang bener-bener ada termlifenya. Padahal kata orang-orang A*A juga ada tapi koq pas gw kesana ngobrol sama agentnya yang dikasih ke gw malah unitlink dan dia bilang ga ada termlife, padahal gw dah kekeuh maunya termlife tapi tetep dia bilang ga ada produk itu, ya sudah lah ya lewat aja, lagi pula gw udah males duluan ngeliat agentnya yang kayak ga niat buat ngejelasinnya, jadi gw udah langsung males duluan dan sudah lah lewat aja. Karena gw belom dapet ilustrasi dari si sun****, sampai saat ini gw dan pak suami tertarik dengan manu****, sebenernya gw lebih ke Taka*** cuman karena dia ga bisa 20 tahun, mentok di 15 tahun, jadi pak suami agak gak mau, dan premi lebih murah si manu**** sih daripada si taka*** huehehe *penting yang ini hihihi*. Karena masih nunggu si sun**** jadinya kita belom putusin mau ikut yang mana, kalo sudah dapat ilustrasinya dari sun**** baru gw dan pak suami bisa menentukan akan memilih asuransi yang mana. Tapi yang jelas secepatnya kami akan membuat asuransi jiwa, Yeay!

Mari membuat asuransi jiwa buat yang belum!

Comments (2)

  • amnah atisah

    dieta tulung diapdet yaa cerita ttg perburuan termlife ini,
    gw lagi nyari juga soalnya.jadi bisa buat panduan 🙂

    salam kenal dari sesama warga bogor btw gw barusan follow dirimu di twitter 🙂

  • kiky

    hi! salam kenal ya…sok tau aja nih, kalo aku pake C*gna.. *sumpah gue bukan agen :p*
    liat aja website kalo buat ilustrasinya sih..
    untuk rumah sakit/kesehatan pake ini juga kebetulan, cepet sih klaimnya…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku