Kemarin gw dapet report hasil pembelajaran dan pengasuhan Mika di daycare. Sebenernya setiap hari gw selalu dapet report harian tentang apa saja yang dilakukan Mika pada hari tersebut seperti makan apa saja, belajar apa saja, tidur dari jam berapa sampai jam berapa dan hal yang lainnya. Tapi yang kemarin gw dapet lebih secara global tentanh tumbuh kembang Mika dan anak-anak lain di daycare tersebut.

Perkembangan pengasuhan yang dilakukan di daycare ini terbagi menjadi 4 kelompok ketrampilan, yaitu: (1) Kemampuan bergaul dan kemandirian; (2) Kemampuan menerima pengetahuan; (3) kemampuan kinestik, meliputi gerak halus dan kasar; (4) Kemampuan bicara dan bahasa. Selain hal itu, upaya yang di lakukan oleh daycare yaitu mulai menambah waktu untuk memperkenalkan anak-anak pada alat musik, kegiatan menyanyi baik bersama maupun sendiri yang merupakan bagian terbesar dalam kegiatan di kelas, olahraga dan juga memasaka yang dilakukan sebulan sekali, selain itu juga meberikan pelajaran agama, etika dan hal-hal lain yang bersifat mendidik.

Dari report yang diberikan dan berdasarkan pola perkembangan pengasuhan diatas berikut laporan perkembangan mika:

  1. Kemampuan bergaul dan kemandirian. Dalam hal ini Mika mampu dalam beraktivitas bersama teman sebaya, berbagi mainan dan perduli terhadap teman. Didalam kegiatan di kelas, Mika sudah mulai berani untuk menyanyi sendiri (berdiri di bangku kelas). Mika pun dapat tidur sendiri ataupun mudah tidur bila ditunggui dan ketika bangun tidak lagi menangis.
  2. Kemampuan menerima pengetahuan/mata ajar. Dalam membuat prakarya, melihat percobaan sederhana, membedakan rasa, meniup lilin dan sebagainya selalu diikuti dengan antusias oleh Mika dan anak-anak lain, tetapi untuk kegiatan di kelas selama satu jam Mika masih sering moody walalupun tetap berada di dalam kelas.
  3. Kemampuan Kinestik (gerak halus dan kasar). Dalam hal ini hampir semua anak termasuk Mika senang berlarian sambil berteriak-teriak, karena hal itu dialihkan ke senam irama untuk membuat semangat bagi anak-anak. Dari segi gerak halus dan kecerdasan dilakukan kegiatan mewarnai gambar-gamabr, bermain warna dan bentuk yang diikuti oleh semua anak-anak. Mika belum mampu mewarnai dengan sempurna tetapi dia sudah mampu membuat coretan-coretan.
  4. Kemampuan berbicara dan bahasa. Berkomunikasi, mendongeng, menyanyi, berkenalan dengan huruf dilakkan secara rutin agar anak terbiasa dalam berbicara dan bersuara. Anak-anak termasuk Mika selalu antusias jika kegiatan mendongeng dilakukan. Mika pun sudah mulai banyak kosakata dalam berbicara.

Selain laporan tersebut diatas, gw pun juga dikasih laporan tentang perkembangan berat dan tinggi badan anak mulai dari Juni 2010-Mei 2010. Karena mika baru masuk akhir tahun 2010 jadi pengukurannya pun dimulai medio desember 2010 dengan hasil berat badan 9,5kg dan tinggi 81cm. Akhir maret 2011, berat badan 10kg dan tinggi 82,5cm dan pada awal mei 2011, berat badan 10,5kg dan tinggi 84cm.

Ternyata ga cuman itu aja, ada lagi laporan kegiatan yang bisa/tidak dilakukan oleh Mika dengan rentang umur 25-26 bulan.  Okay kegitannya seperti:

  1. Mika dapat melakukan kegiatan meletakkan satu kubus diatas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut. Ehem kalo dirumah Mika ini perasaan suka jail, soalnya kalo lagi main kubus dan bikin menara pasti dia dengan sengaja jatohin kubus-kubus itu supaya gw kesel, haha anak gw emang agak jail (seperti bapaknya).
  2. Mika sudah bisa mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain papa dan mama. Nah yang ini emang bener udah bisa, karena udah mulai banyak kosakata yang dia kenal jadi ngebuat Mika bawelnya minta ampun dan selalu nanya mulu, hehe. Terkadang gw sih seneng nanggepinnya tapi kadang-kadang capek bowww hehe.
  3. Mika mampu berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan.
  4. Mika sudah mulai bisa membuka baju dan celananya. Untuk baju asal yang tidak kancing dia sudah mulai bisa membuka baju. tapi ya balik lagi, Mika itu memang moody abis, jadi kalo dia ga mau ya ga bakal mau.
  5. Mika sudah bisa naik tangga sendiri dengan posisi tegak dan berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. kalo hal ini emang kesenangannya dia dibolehin naik tangga.
  6. Mika juga sudah mampu menunjukkan paling sedikit satu bagian dari badannya (rambut, mata, hidung, dll). Hal ini hal paling menarik, karena kalo ditanya tentang bagian tubuh, Mika akan selalu antusias menjawabnya sambil nyengir lebar, hihi.
  7. Mika sudah mampu makan nasi sendiri dari mulai sedikit yang tumpah atau banyak yang tumpah, tetapi biasanya kalo banyak yang tumpah karena sengaja dia tumpahin atau dimain-mainin. tetapi kalo memang dia niat mau makan, yang tumpah pun sedikit karena masuk semua ke mulutnya.
  8. Mika juga sudah mampu membantu memungut mainannya sendiri atau membantu mengangkat pirirng jika diminta.
  9. Tanpa berpegangan pada apapun, Mika sudah dapat menendang bola kecil ke depan. Sebenernya ga cuman buola kecil aja, bola besar pun sudah bisa dia tendang tapi menggunakan kaki kiri. Entah kenapa untuk masalah menendang, Mika selalu menggunakan kaki kirinya, beberapa kali diajarin untuk menendang dengan kaki kanan tetapi pasti kaki kiri lagi yang menendang, entahlah mungkin Mika kidal seperti datuknya, hehe.
  10. Jika diberikan pinsil, mika sudah dapat mencoret-coret kertas tanpa bantuan dan petunjuk. Sama ini mika selalu mencoret-coret di kertas, tidak pernah ditempat lain karena selalu gw dan age alihkan kembali ke kertas, tetapi entah kenapa kemarin dia mulai mencoret-coret di kaki dan tangannya sambil pamer hasil karyanya *tepok jidat*. Gw berusaha untuk mengalihkan lagi ke kertas, semoga berhasil, hehe.

Laporan kali ini bener-bener lebih komplit dari laporan biasanya, bahkan sampai ada laporan tentang materi ajar yang mereka lakukan dari Februari-April 2011, selain itu juga kita dikasih laporan menu harian makan siang, buah serta sncak setiap harinya dari Februari-April 2011 juga. Ga cuman laporan aja, kita juga dikasih Lagu dan Doa yang diajarkan disana, jadi orang tua tahu apa saja yang diajarkan ke anak-anak mereka. Nah dengan dikasihnya catatan lagu ini gw jadi ga bingung lagi kalo mika minta nyanyiin lagu yang dia tahu di datcare tapi gw ga tau, hehe soalnya sering kayak gitu, Mika minta nyanyi lagu apa yang gw ga tau lagunya kayak apa, jadilah gw mengarang indah, hihi.

Dengan adanaya laporan kayak gini, gw jadi tambah cinta sama nih daycare hehe. Sungguh dia membuat hidup gw jadi lebih mudah, heh apa sih? maksud gw, dengan adanya daycare yang sekalian hampir sama kayak playgorup ini membantu banget juga dalam perkembangan mika, karena sebelum masuk ke daycare itu dan masih sama ART, jauh banget bedanya perkembangan Mika. Tapi ya gw sadar banget tumbuh kembang anak tetep aja orangtua yang bertanggung jawab bukan sekolah atau siapapun dan ini gw setuju banget. Gw juga ga nyerahin sepenuhnya ke daycare lah, tetep dirumah juga gw ajarin mika dan main sama mika juga, ga lantas cuek bebek aja. Tapi yang jelas, gw ngerasa nyaman dan aman lah anak gw di daycare dibanding sama ART dirumah berduaan aja, karena hal ini juga gw keukeuh seureukeh ga mau pake ART lagi, biar lah capek badan tapi hati seneng hehe.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku