Sungguh sebagai orang yang sering banget sakit, gw pengen bener-bener bisa sehat jiwa dan raga, jasmani dan rohani. Capek ya booo sakit terus, pusing tiap hari yang ga ilang-ilang, belom lagi kl capek sedikit gw langsung tepar, ga ada habisnya deh penderitaan gw masalah sakit ini.  Belom lagi sering ga masuk kantor karena sakit, tapi yang lebih ga enak sih ngeluarin duit buat ke nebus obat dan bayar dokternya, ih beneran ga enak walaupun diganti sama kantornya age tapi tetep aja, awal ngeluarinnya kagak enak, mahalll booo dan bikin gw tambah pusing hueheehhe.

Karena kemarin gw kena typus, sejak itu gw pengen bisa menjadi orang yang sehat bagaimanapun caranya, bahkan kalo harus berhenti kerja dan membuat gw sehat kembali bakal gw lakuin, karena gw ngerasa badan gw ini udah capek dan lelah banget, pengen banget istirahatin badan supaya ga dirongrong sama obat terus, takutnya makin menjadi lemah lah gw kalo apa-apa obat. Sampai akhirnya gw berinisiatif buat melakukan satu hal yang selama ini ga pernah gw lakuin karena malas ataupun ketika gw lakukan pasti abis itu gw tepar karena capek, apalagi kalo bukan OLAH RAGA!. Gw sadar banget ya tubuh gw ini butuh banget gerak, olah raga ringan supaya organ tubuh gw bisa berjalan dengan baik. Walaupun gw kerja, ngurus rumah juga, ngurus anak dan suami serta ga punya ART tetep aja kayaknya gw ngerasa itu ga cukup untuk pergerakan tubuh gw, gw butuh ekstra gerak lagi yang bisa bikin gw bugar dan prima *tsahh bahasanya* yang ga lain dan bukan yaitu olah raga.

Nah karena kebutuhan ini, gw mencoba mulai mencari olahraga apa yang bisa bikin gw berkeringat, bergerak, tapi gak bikin gw capek setengah mampus yang membuat gw besoknya tepar menyebabkan gw bisa ga masuk kerja karena tepar kecapean abis olahraga, nanti yang ada bisa-bisa boss gw bercuap-cuap mesra ke gw, hihi. Sebenernya dari dulu gw pengen banget pilates atau fitness, gw sempet nyari tau tempat pilates di bogor tapi sayang ga ada jadwal latihan untuk sabtu atau minggu, semua di hari kerja dan jam kerja, ya sudah lah yuk dadah babay deh. Terus gw dapet info kalo pilates juga ada di Celfit, gw sempet pengen masuk celfit tuh biar bisa ikutan pilates dan juga fitnes ringan setiap sabtu dan minggu gitu, tapi oh tapi sama age gw dilarang buat ikut fitnes karena fitnes kan bukan olahraga yang ringan-ringan banget dan takut gw terlalu memforsir diri yang akhirnya ntar malah gw tepar lagi, jadi belum dapet restu dari age kalo gw fitnes dan juga dia ga mau nemenin gw kl fitnes, huh!. Dia pengennya gw ikut fitnes kalo gw udah sehat dan bisa ikutan fitnes tanpa tepar. Ya sudahlah akhirnya gw minta age buat mikir olahraga apa yang cocok buat gw? *abis gw males mikir lagi*

Keluarlah ide dari age buat gw ikutan olahraga senam pernafasan. Sebenernya ini udah dari duluuuuuuuuu bangetttttttttttt (dari zaman pacaran kayaknya) age nyuruh gw ikutan senam pernafasan ini cuman gw nya rada malas karena kayaknya ga asyik dan ga seasyik fitnes atau senam aerobik gt, dan sepertinya membosankan, jadinya gw agak males, ditambah katanya yang ikutan banyakan orang yang udah pada tua, oh my oh. Lalu? akhirnya age agak sedikit membujuk gw untuk nyobain dulu ikut senam pernafasan, kalo emang gw ga suka ya udah ga usah di ikutin lagi karena ya kalo gw ga seneng bukannya sehat malah sebel, kesel dan buntut-buntutnya cemberut nyalahin age hehe. Karena bujukan dan rayuan yang tiada hentinya serta embel-embel lain akhirnya gw setuju untuk nyoba ikut senam pernafasan ini sekalian juga ajak papa mertua ikutan supaya sakit parkinsonnya bisa sembuh dan dia bisa gampang bergerak lagi karena sekarang udah rada sulit buat bergerak.

Akhirnya jadilah gw, age dan papa mertua ikut senam pernafasan sabtu dan minggu kemarin. Dan emang betul kebanyak yang ikut udah pada tua-tua, walaupun ada juga yang muda tapi lebih sedikit. Yang tua-tua itu juga ikut senam pernafasannya udah 20 tahunan gitu, udah lama banget, ngelihat mereka-mereka itu seneng deh, semangat buat sehat dan masih pada bugar walaupun umurnya dah pada tua. Bahkan ada yang umurnya 90 tahun masih sehat dan kuat naik angkot ke tempat latihan senam dan ngikutin semua gerakan senam, gilingggg gw yang muda langsung malu gitu, tuh kakek semangat hidup dan ingin sehatnya kuat banget!. Langsung deh tiba-tiba gw semangat 45 ga mau kalah sama si kakek hihi.

Nah di hari pertama itu (sabtu) kita di kasih pengarahan dulu dan dipisahin latihannya sama yang lain karena kita perlu belajar dari awal semua gerakan-gerakannya, nanti kalo dah tau semua gerakan baru bisa gabung sama yang lain. Waktu pengarahan itu dikasih tau, kebanyakan yang datang kesini dan ikut senam karena mereka ingin sehat bukan ingin sembuh, karena kalo ingin sembuh, pas udah sembuh ya udah ga senam lagi buat jaga kesehatannya. Nah kalo ingin sehat dia akan terus rutin senam supaya tubuhnya sehat dan bugar. Gw dapet cerita juga dari anggota yang lain kalo beliau punya penyakit asma yang parah, hampir tiap hari di nebulizer dan selalu bawa obat semprot kemana-mana, tapi semenjak ikut senam pernafasan, alat nebulizer dan obat semprot ga pernah dipake lagi dan dia rajin serta rutin ikut senam pernafasan setiap minggunya, padahal juga dia baru ikut senam 5 bulan tapi kesehatannya drastis banget dari sebelum ikut senam, asmanya ga pernah kumat lagi. Hiyaaa makin pengen lah gw ikutan, soalnya emang gw bertekad buat bener-bener bisa sembuh dan sehat!.

Dan memang bener sih, kalo buat anak muda pasti membosankan karena ya gerakannya itu-itu aja sampe bertahun-tahun lamanya ya gerakannya ga bakal berubah, gitu-gitu aja, tetapi banyak gerakan, sampai berapa gerakan gitu dan sampai berapa kali melakukannya, jadi satu gerakan (jurus) bisa dilakuin 15-30x sambil tahan nafas dan kalo bisa dzikir. Nah mampus dah tuh, gimana ngelakuinnya? susah booo! beneran susah karena senam pernafasan ini bener-bener butuh kita untuk konsentrasi tinggi, melakukan gerakan cepat, sambil tahan nafas dan dzikir yang dilakuin sampai hitungan 15-30x. jadi hitungan ini istilahnya kayak detik ya, 15x itungan tuh kira-kira sama kayak 1- detik, jadi kalo 15x ya kita nahan nafas kira-kira 15 detik atau lebih. Kemarin gw baru sampe hitungan 6 aja udah susah nahan nafasnya giman 15 hitungan? 15 detik tahan nafas? bisa kayaknya kl ga pake gerak, kalo pake gerak susah booo, makanya butuh konsentrasi juga disini. Tapi banyak juga kasus yang bisa nahan nafas sambil gerak tapi lupa dzikirnya atau dzikir tapi malah lupa buat tahan nafas hahaha. Tapi buat pemula atau yang mau latihan ga bakal dipaksa loe harus bisa tahan nafas dan harus dzikir, ga ada pemaksaan sama sekali, kalo emang baru bisa gerakannya aja, ya udah latihan gerakannya aja karena gerakannya juga ga gampang. Makanya ga dipaksain harus bisa semuanya, tapi nantinya harus bisa semua supaya keseimbangan dalam tubuh ini dapat berjalan dengan baik, gitulah kira-kira intinya hihi.

Ya udah akhirnya latihan deh gerakan kesatu, itu terus sampe bisa dan kita hafal gerakannya. Itu yaaa padahal cuman gerak gitu doang sumpah bikin keringetan dan capek tapi capeknya beda, ga kayak capek habis fitnes atau lari, ini capek yang kayak semua energi di dalam tubuh tuh keluar, keringet keluar semua dan memang habis itu badan segar dan enteng. Nah hari minggu nya kita belajar gerakan kedua dan ketiga, huwwwoooo makin susah dan hitungannya makin ditambah, tapi gw ga ngerasa itu beban sih, enak aja gitu ngikutinnya, santai dan menyenangkan. Gw ngerasanya kayak gw sedang bercengkrama dengan energi-energi yang ada di tubuh gw ini, berusaha buat ngebuang energi yang kotor keluar dan memasukkan energi yang bersih ke dalam tubuh gw. Nah dari 2 hari itu, gw ngerasain badan gw super enak, yang biasanya gw pusing, ini ga pusing, bahkan makan aja gw lahap bener kayak orang yg ga pernah dikasih makan padahal makannya sama sayur lodeh hehe. Bukan cuman makan doang yang enak, tidur juga jadi enak, lelap bener deh dan tenang gitu, jarang-jarang kan gw bisa tidur lelap kayak gitu. Jadi pas bangun tidur badan tuh terasa seger dan ga capek kayak abis lari. Karena efek yang lumayan besar buat gw,  gw bertekad buat ikutan rutin senam ini setiap sabtu dan minggu, kecuali kalo ada urusan lain ya, paling libur dulu sekali hehe. Senengnya adalah bisa olahraga bareng age karena dia ikutan juga dan juga bisa ajak mika ke lapangan rumput buat dia berjemur dan lari-larian, jadi pulang senam mika ikut makan lahap dan tidur dengan lelap huehehehe.

Yah semoga ya dengan ikutan senam pernafasan ini gw bisa bener-bener sehat, ga terus minum obat melulu (capek) dan daya tahan tubuh gw bisa kuat, Amin. Gw yakin lah ya selama kita mau berusaha untuk sehat dan sembuh pasti Allah akan memberikan jalan terbaikNya buat kita.

Yay, hidup sehat!

Comments (18)

  • Euis

    Really like it…^_^ rin gan tp bermanfaat…btw latihannya dimana..?? sy jg mantan typuses hehehe… malah pernah tiphoid 620..

  • fahira

    Assalamu’alaikum…..anak sy punya asma yg lumayan parah,kasihan bgt liatnya kl lg kambuh……baca artikel ini membuat saya ingin mengikutsertakan pada senam pnapasan ini….kbtln kami jg tinggal di bogor tepatnya sentul city……sy mau tanya alamat tempat senam pernapasannya dmn yaa……sy tunggu dgn sangat ya mba balasannya…..trims sblmnya

    • dieta

      Salam,

      latihan kalo sabtu minggu di belakang gedung karet, atau belakang telkom, di depan SD Papandayan, didaerah situ, masuknya dari gedung karet juga bisa. Kalo malam tidak salah hari selasa dan kamis di gedung kpkn di deket BTM.

  • Shanti

    Halo Mbak,

    mau tanya.. kalo pilates di bogor di mana ya? yg hari kerja juga gapapa

    terima kasih 🙂

  • sinta maharani

    Alamat lengkapnya pilates di bogor dmn pandunya mba ?? Info donk pls
    Thx

    • dieta

      Alamat lengkapnya sih ga tau tp yang jelas di jalan pandu disamping warung lagita

  • don

    mbak dieta, saya tinggal di sentul city, istri saya penderita asma, saya sdg cari cari senam pernafasan di daerah bogor dan membaca blog mbak dieta, terima kasih atas sharingnya, kalau boleh tahu dimana lokasi senamnya dan apakah harus daftar member dulu? jika ya, mohon info dimana kami bisa mendaftar? terima kasih

    • dieta

      biasanya mereka latihan setiap hari sabtu dan minggu pagi di belakang LRPI/telkom pajajaran.

    • Voni

      @ Don, Saya jg tinggal di sentul city, mau cari Pilates/yoga, apa bisa kita cari group dan panggil guru untuk datang ke sentul saja biar dekat 🙂

  • dewi

    halo mbak dieta, saya jg lg cr info ttg pilates di bogor. punya info ttg biaya pilates yg di jalan pandu itu gak? dan nama tmptnya?
    trims 😉

    • dieta

      saya ga tau kalo masalah harga karena saya sendiri juga belum pernah ikutan yang di pandu

  • Ify

    Mba, didaerah mana yah senam yogany? Karena sy juga hampir sama sprti mba hehe parahnya saya itu susah konsentrasi dan pelupa.. Pernah denger katanya kalo yoga bisa menigkatkan konsentrasi..

  • Teti Hasniati

    Dear Dieta….jln Pandu itu di mana? Sy ga tau Bogor kecuali ke Botani Square…..tolong dong di kasih patokan jalannya…thanks alot

    • dieta

      Jalan pandu tuh jalan ke arah tanah baru atau ke warung jambu. Kalo keluar tol bogor, ambil keluar tanah baru, nah nanti belok kiri terus kekanan atas, nah itu sudah jalan pandu. atau kalo mau bayar tol bogor kan diatasnya ada jembatan tuh, nah itu jalan pandu.

  • igun

    Aslkm. Olahraga pernafasannya apa namanya ? dimana ya tempat latihannya? hari apa aja?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku