Sebagai orang Bogor (ngaku orang Bogor karena ktp sudah Bogor yaaa) gw seringkali ditanya oleh teman-teman dekat tempat wisata dan kuliner di Bogor yang asyik, nyaman, seru untuk dikunjungi ketika teman-teman ingin berlibur di Bogor. Sebagai orang Bogor juga, ternyata gw tidak punya banyak referensi tempat wisata di Bogor baik Kota Bogor maupun Kabupaten Bogor yang kata orang-orang di Kabupaten Bogor pun banyak tempat wisata yang bagus dengan pemandangan yang tidak kalah keren dibanding kota-kota wisata lainnya seperti Bali, Malang, Bandung.

Sebagai kota yang dekat dengan ibu kota negara, gw pribadi berharap tempat wisata di Bogor bisa menajdi pilihan yang bagus bagi anak muda, orangtua dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu berliburnya di Bogor. Oleh karena itu, ketika diundang oleh Disbudpar Kab. Bogor untuk mengikuti Farm Trip Disbudpar Kab. Bogor tentu saja dengan senang hati bersedia gabung di acara tersebut. Farm Trip ini mengundang para Jurnalis dan blogger untuk bersama-sama melihat dan mempromosikan wisata di Kabupaten Bogor. Seperti yang gw bilang diatas, potensi wisata Kabupaten Bogor itu sangat banyak, karenanya Disbudpar Kab. Bogor ingin kembali fokus mengembangkan potensi wisata tersebut. Pengembangan wisata difokuskan pada daerah Bogor Barat, Timur dan juga Utara Kabupaten Bogor. Daerah-daerah tersebut memiliki potensi yang sangat baik dan indah jika dikembangkan, karena selama ini wisatawan hanya beralih ke daerah Selatan Kabupaten Bogor seperti daerah Puncak. Harapannya dari Disbudpar Kab. Bogor nantinya tidak hanya daerah selatan saja tetapi juga daerah barat, timur dan utara bisa juga menjadi destinasi wisata para wisatawan.

Farm trip ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 26-28 Juli 2016. Tempat wisata yang kami kunjungi yaitu Pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah, Curug Cigamea, Kampung Wisata Rumah Joglo Ciampea, Wisata DJampang Parung. Dari tempat wisata diatas hanya salah sedikit tempat wisata yang ada di Kabupaten Bogor. Disbudpar Kab. Bogor berharap semua aspek bisa turut membantu mengembangkan dan mempromosikan tempat wisata yang ada, karena untuk mengembangkan tempat wisata yang nyaman sehingga banyak dikunjungi sudah pasti memerlukan campur tangan semua pihak, tidak hanya Disbudpar Kab. Bogor saja tetapi semua instansi pemerintahan yang terkait, masyarakat setempat juga para wisatawan.

Salah satu tempat yang akan dikembangakan sebagai destinasi pariwasata ke dua selain Puncak adalah Taman Sari. Taman Sari merupakan sebuah daerah di Bogor Barat Kabupaten Bogor yang mempunya potensi wisata yang bagus, salah satunya terdapat Curug Nangka, Curug Luhur dan ada juga Resort yang bagus yaitu High Land Park Resort Bogor.  Dengan tempat-tempat wisata dan potensi alam yang melimpah di Kabupaten Bogor ini, bisa menjadikan Bogor sebagai tempat wisata yang laris dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun non domestik.

Dari hasil Farm Trip yang gw jalanin, memang benar bahwa Bogor memiliki potensi alam yang luar biasa yang sayang jika tidak dikembangkan dengan baik. Semoga kedepan, Bogor benar-benar bisa memiliki tempat wisata yang bagus, indah dan nyaman bagi semua wisatawan. Oh ya, semua tempat wisata yang gw sambangi di atas akan diulas terpisah ya…..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku