Pertama mengenal wanita ini tentu saja di kantor tempat saya bekerja menjadi PNS, dari luar dia terlihat biasa saja, tidak ada ubahnya dengan wanita lain, berbadan lumayan berisi alias tidak kurus dan juga tidak gemuk, menggunakan jilbab, memnggunakan kaca mata, yah seperti wanita dewasa pada umumnya, tidak terlihat sama sekali seperti wanita yang sakit atau pernah terbaring lemah tak berdaya di bangsal rumah sakit, jadi pada awalnya saya tidak tahu kalo dia sebenernya bukan wanita biasa seperti pada umumnya. Karena dia terlihat seperti wanita pada umumnya, tentu saja saya tidak menganggap dia sebagai wanita ya biasa saja seperti saya, berteman seperti biasa, tetapi saya memanggil dia dengan sebutan “Mbak Nanik”, karena ya dia memang lebih tua beberapa tahun dari saya dan juga orang jawa, jadi saya slalu memanggil dia dengan sebutan Mbak.

Mbak Nanik sosok orang yang wagu haha, ya dia sudah lama tinggal di Jakarta tapi gaya biacaranya masih dengan logat jawa kentel dan kalo dia berbicara ikut-ikutan saya ngomong bahasa jakarta alias gwlti elo yang terdengar rasanya aneh dan malah ingin ketawa ngakak kalo dia ngomong seperti itu, aneh lah, tapi memang lucu. Mbak nanik juga ga jarang jadi bahan ejekan/bahan lucu-lucuan saya dan teman-teman ketika bercanda, dan dia ga pernah marah sama sekali, ngambek pun tidak, ya terima aja di bercandain, jadilah kami semakin menjadi-jadi menggoda dia. Seperti yang saya bilang di atas, awalnya saya tidak tahu kalo dia sakit sampai pada akhirnya dia cerita ke saya kalo dia mengidap penyakit Multiple Sclerosis (MS) yang saat itu sepertinya saya baru mendengarnya, yaitu sejenis penyakit autoimunisasi yang menyerang saraf pusat [otak dan sumsum tulang belakang (spinal cord)]. MS berpuncak disebabkan oleh kerosakan myelin iaitu selubung pelindung yang mengelilingi saraf pada sistem saraf pusat. Pada MS, kerosakan myelin (demyelinasi) menyebabkan gangguan kemampuan serabut saraf untuk menghantarkan ‘pesan’ ke dan dari otak, yang pada akhirnya menghasilkan berbagai macam gejala MS. Lokasi terjadinya kerosakan myelin (plak atau lesi) seolah-olah sebagai kawasan (parut/luka) yang mengeras. Parut-parut atau luka-luka ini terbentuk pada otak dan tulang belakang pada tempoh waktu dan kawasan yang berbeza. Secara kasarnya, istilah Multiple Sclerosis sendiri membawa maksud banyak luka atau parut.

Gejala-Gejala MS

Gangguan penglihatan (visual disturbances) seperti :

* Penglihatan kabur
* Penglihatan berganda/berbayang (diplopia)
* Ketidakselesaan pada mata (eye discomfort)
* Gerakan mata yang tak terkawal
* Buta sepenuhnya (sangat jarang terjadi)

Gangguan keseimbangan dan koordinasi seperti :

* Hilang keseimbangan tubuh
* Menggigil/gementar (tremor)
* Ketidakstabilan berjalan (ataxia)
* perasaan sedang berpusing (vertigo)
* Kaku/kejang anggota badan
* gangguan koordinasi

Perubahan rasa (sensation changes)

* Perasaan dicucuk
* Kebas (paraesthesia)
* Perasaan seperti terbakar

Gangguan percakapan

* Percakapan menjadi lambat
* Perubahan nada
* Sukar mengunyah dan menelan (dysphagia)

Keletihan yang berlebihan

* Perasaan lemah dan letih yang datang tidak terduga dan tidak sepadan dengan aktiviti yang sedang dikerjakan. Keletihan yang berlebihan ini adalah gejala penyakit MS yang paling umum (dan yang paling menyusahkan).

6- Gangguan pundi kencing dan usus besar

* Gangguan pundi kencing meliputi: sering buang air kecil, tidak dapat buang air kecil secara lancar atau sukar menahan air kecil.
* Gangguan usus meliputi: sembelit dan kadang-kadang cirit-birit.

Masalah Seksual

* Kurang kemampuan seksual (impotent)
* Keghairahan (libido) berkurang

Sensitif terhadap panas

* Gejala-gejala semakin teruk dengan udara panas

Gangguan Kognitif dan Emosi

* Kehilangan memori jangka pendek
* Hilang tumpuan / konsentrasi, sukar membuat penilaian serta menyelesaikan masalah.

 

Dilihat dari penjelasan diatas tentu saja bukan penyakit remeh temeh yang ada di tubuh mbak nanik, kalo permsalahan syaraf memang agak riskan ya, susah banget lah. Tapi yang jelas dari cerita dia, gw sendiri kalo jadi dia udah sutris mampus kayaknya, ga kebayang kalo itu terjadi sama gw kayaknya gw udah ga tau musti ngapain deh. Jadi kejadiannya, tiba-tiba mbak nan ga bisa gerakin kakinya, awalnya masih bisa diseret sampai akhirnya ga bisa, langsung di bawa ke rs di jogja, dan sempet lama tinggal di rs, dia juga pernah  merasakan yang namanya lumpuh total, dokter berusaha melakukan apapun supaya dia bisa kembali normal, bisa berjalan ya pokoknya bisa beraktifitas lagi, makanya dia dirawat intensif di rs dan bahkan kasus sakitnya dia malah jadi bahan penelitian dokternya karena memang langka. Oh ya, pada tahu artis pepeng kan? nah sakitnya mbak nanik sama seperti pepeng, beruntung mbak nan sekarang terlewat dari lumpuhnya tapi karena itu dia kehilangan penglihatan di salah satu matanya, ya dia hanya bisa melihat dengan 1 mata. Fuihhh, gw pas diceritain itu cuman bisa diem melongo ga habis fikir, nih orang kuat banget ngelewatinnya, kalo gw kayaknya udah angkat tangan dan nangis sepanjang hari deh. Ajaibnya lagi, sebenernya walaupun kita ngelihatnya kayak orang normal tapi sebenernya dia tiap hari merasakan nyeri yang dahsyat tapi dia mencoba untuk ga ngerasainnya, karena katanya kalo semakin di rasa semakin sakit, jadi dia mencoba berteman dengan sakitnya supaya dia masih bisa beraktifitas normal. Yang sedihnya nih, waktu dia lumpuh dulu dia ditinggal sama pacarnya loh padahal dah mau nikah, huhu tega banget ya tapi Alhamdulillah Allah memang baik, dia dapet jodoh yang baik yang bisa menerima dia apa adanya, ga takut dengan penyakit yang di derita sama mbak nan, malah suaminya ini mensupport untuk mbak nan sehat. Salah satu kebaikan Allah lagi, waktu dia hamil, dia ga ngerasain nyeri, ga ngerasain sakit MS nya itu, gila ya ajaib banget ga sih, makanya kadang dia bilang enak kalo aku hamil terus deh, ga ngerasain sakit.

Waktu dulu gw masih kerja, kita selalu pulang bareng naik KRL, tahu kan KRL itu penuhnya bin ajaib, terkadang suka ga tega lihat dia berdiri desak-desakan, karena gw tahu banget di berdirinya dia di KRL, dia menahan segala nyeri di tubuhnya. Serba salah juga, mau minta tempat duduk tapi ya itu dia ga terlihat seperti orang sakit, terlihat seperti orang sehat, muka pucet juga enggak, makanya takut ga ada yang percaya kalo dia sakit, yang akhirnya kita suka maksa dia untuk pake kursi lipet aja tapi dia ga pernah mau. Oh ya, seperti gejala-gejala MS diatas, salah satunya keseimbangan berjalan dia juga mengalaminya, jalannya agak sedikit tertatih tapi masih bisa jalan, masih bisa lari tapi ya tertatih tadi, apalagi kalo MS nya mulai menyerang, jalannya bisa lama tapi dia ga pernah ngeluh sama sekali ke kita, ya datar aja dan seperti biasa saja. Terkadang gw suka malu, gw aja yang sakit ga separah dia sukanya ngeluh mulu, koq dia yang sakitnya lebih parah ga pernah ngeluh, huhu malu banget deh.

Dia benar-benar wanita hebat deh, dapet beasiswa dah hasil nya cum laude, bener-bener angkat topi sama beliau. Merasakan sakit setiap hari tapi masih bisa berprestasi dengan sangat sangat baik. Sempet sedih pas dapet kabar, kemarin dia masuk rs karena MS nya menyerang kembali yang mana dia masih tertahan di IGD RSCM selama 36 jam karena ga dapet kamar, kamar perawatan semua penuh dan antri walaupun akhirnya dapet kamar juga.

Dari mbak nan gw belajar bahwa hidup ini ya harus di lewati dan Allah pasti bersama kita. Sehat terus ya mbak nan, panjat doa untukmu selalu. Kamu Wanita yang Hebat di Mataku……….

 

Comments (1)

  • andripj

    Inalilahi wainalilahi rojiun. nanik supriyanti di RS.PKU JOGJA jam 3.45. Jenazah akan dimakamkan di pemakaman mriyan-kretek-bantul-jogja jam16.00 (keluarga)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku