Sampai saat ini, gw masih mencoba untuk terus belajar ikhlas menjalani hidup ini karena kenyataannya  untuk ikhlas itu susyeh banget ya booo, ngemeng sih gampang, tapi praktiknya, huwwooo pengen garuk tembok rasanya haha *lebay*. Lebay? ya ho oh lebay wong emang susah koq, ga banyak orang yang bisa bener-bener ikhlas lahir batin, sedikit banget lah, yang banyak mah orang yg bilang ikhlas tapi hatinya ga ikhlas hahaha dan gw pun termasuk didalamnya. Makanya gw mencoba bener-bener belajar ikhlas lahir bathin luar dalem deh.

Kenapa gw pengen belajar ikhlas ditambah sabar? Karena ya emang harus! haha. Enggak sih, kalopun emang harus tapi gw punya motivasi dan pemikiran sendiri. Gw berfikir dengan gw bisa ikhlas dan sabar menjalani serta menghadapi kehidupan ini, gw pasti akan enjoy ngejalanin segala macam duri-duri kehidupan *tssaaahhh gaya gw udah kayak apaan aje*. Selain dari pemikiran itu, gw juga melihat contoh nyata sih, orang yang bener-bener ikhlas sama hidupnya dan juga sabar, dia enjoy banget ngejalanin kehidupan ini, nah gw pengen banget kayak gitu. Kenapa? karena capek, sakit dan pengen enjoy.

Jadi berawal dari gw yang sering sakit yang notabene ternyata gw sakitnya ya sakit sutris ya, yang mana pula tuh penyakit sutris pasti di idap oleh kaum wanita yang menjadikan kebanyak wanita kena penyakit magh, pusing, tensi tinggi, mual dan hal yang ga enak laiinya. Nah itu pun terjadi sama gw, kena sakit magh akut karena kebanyakan mikir mulu, takut mulu, sutris mulu, ditambah saraf gw yang sensitif ga boleh dijejelin banyak fikiran apalagi fikiran negatif, jadi mau ga mau gw harus bisa keluar dari titik kesakitan ini karena ya capek lah ya boo sakit mulu, ga cuman capek fisik tapi juga hati dan juga duit hahaha, yang seneng mah dokter dan para pabrik karena dapet duit mulu dari gw, haha.

Karena pengen sehat dan enjoy, akhirnya ya itu gw mulai berfikir dan memotivasi diri gw mencari cara untuk bisa enjoy ngejalanin hidup yang akhirnya ketemu sama si ikhlas dan sabar ini. Sebenernya gw lebih bersyukur sih karena dibukakan mata untuk ngelihat langusng contoh di depan mata, yaitu mertua gw, melihat mama mertua yang begitu ikhlas sama hidupnya dan menjalaninya dengan sabar, membuat dia hidup itu nyaman dan enjoy bahkan beliau bilang sudah siap dipanggil kapanpun sama Tuhan. Booo coba ya kl gw pasti udah sutris, mana siap gw dipanggil Tuhan sekarang? pasti yang ada gw banyak takutnya, takut ntar anak gw gimana? suami gw gmn dan takut takut lainnya. Tapi kata mama mertua, coba aja belajar untuk mengendalikan diri untuk ikhlas ngejalanin apapun dan sabar karena ketika kita bener-bener ikhlas dan sabar, kuasa Tuhan itu baik. Tuhan ga akan diem dan jahat, pasti memberikan kita yang terbaik, jadi ga usah takut.

Mendengar itu membuat gw bener-bener berfikir bahwa iya sih selama ini ketakutan yang ada pada diri gw bahwa gw sebenernya ga ikhlas sama jalan hidup gw sekarang, kemarin bahkan nanti makanya jadi parno dan takut. Tapi bukan berarti kita ikhlas terus kita ga berusaha ya, tetep lah usaha yang terbaik tapi keputusan kan tetep sama yang Kuasa kan? nah ketika keputusan itu berbeda sama yang kita inginkan, kita bisa ga ikhlas nerimanya? nah disini pelajarannya karena biasanya jarang orang yang siap jika keputusan dari yang Kuasa itu berbeda sama yang kita inginkan dan terkadang lupa kalo sebenernya itu hal yang baik. Dulu gw pernah merasa kenapa Tuhan ga sayang sama gw? koq ga mengabulkan apa yang gw inginkan? padahal gw dah solat dan lainnya tetapi kenapa ga dikabulin yang gw pengen?. Sekarang? gw ga pernah mau berfikir seperti itu lagi karena ya ga gitu haha. Kita kan manusia yang banyak maunya yang sebenernya kita ga tau maunya kita ini baik ga sih buat kita, karena yang tau ya cuman Tuhan. Manusia berusaha dan berdoa, ketika sesuai bersyukur ketika ga sesuai ya ikhlas.

Untuk gw pribadi belajar ikhlas dan sabar ini bener-bener sulit, tapi gw ingin terus bisa melewatinya karena gw merasakan betul bahwa ketika gw ikhlas dengan sungguh-sungguh, rezeki Tuhan datang dengan mudah dan baik, ga pernah terfikirkan oleh gw dan selalu ajaib. Dan bener banget kalo kita sudah bisa melewatinya, ketika terjadi lagi kita bisa mudah melewatinya tanpa rasa takut. Yeepp buat gw makna dan dampak ikhlas ini besar banget, bisa keluar dari titik ketepurukan, melewati jembatan ikhlas dengan sabar, yang didapat pasti luar biasa.

Mari belajar………….

Comments (1)

  • adinda fajri bahtiar

    susah bgt sabar. . . Memang udah berusaha sabar dg menerima apa yg terjadi, tp hati tetep ga ikhlas :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku