Bulan ramadan sudah tiba, tentunya sebagai umat muslim kita menyambut dengan riang gembira. Seperti layaknya bulan istimewa yang selalu ditunggu, kebutuhan akan konsumsi rumah tangga juga menjadi luar biasa yang menyebabkan perubahan pengengeluaran keuangan keluarga. Banyak keluarga mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan ketika bulan ramadan dikarenakan bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga karena kebutuhan yang meningkat.

Menurut Ligwina Hananto (perencana keuangan) pada acara TUMBloggersMeetUp dan Hero Group, 2 Mei 2019yang bertajuk “Belanja Cerdas dan Hemat di Bulan Ramadan Bersama Hero Group” mengatakan ada 4 perubahan perilaku konsumsi di Bulan Ramadan yaitu:

1. Pengeluaran Rutin/Bulanan
Pengeluaran untuk makan siang dan transportasi yang menurun namun beralih ke meningkatnya pengeluaran untuk belanja rumah tangga karena kecenderungan untuk menyediakan hidangan yang lebih baik.

2. Lifestyle
Pengeluaran untuk makan di luar beralih ke pengeluaran untuk acara buka puasa bersama yang lebih sering dan lebih besar pengeluarannya.

3. Sosial/Sedekah
Pengeluaran untuk kegiatan sosial cenderung lebih besar di Bulan Ramadan. Pembayaran zakat, infaq dan sadaqah biasanya lebih banyak.

4. Pengeluaran Tahunan
Pengeluaran tahunan biasanya seperti THR digunakan untuk hari raya atau mudik ke kampung halaman.

Dari perubahan pola perilaku konsumsi tersebut, hal yang paling mempengaruhi keuangan adalah pengeluaran rutin bulanan. Memahami kondisi tersebut maka Hero Group melalui empat bisnisnya yaitu Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA memberikan penawaran yang menarik dengan belanja cerdas dan hemat anti boncos. Berbagai penawaran menarik bagi pelanggan, antara lain:

  • Hero Supermarket

Mengusung program “Pasar Ramadan 30 days of discovery”, yang merupakan program promosi dengan minimum pembelanjaan IDR.300.000; berhak untuk melakukan pembelian produk yang sudah ditentukan dengan harga spesial. Selain itu terdapat program promosi tematik selama periode Ramadan yaitu dari tanggal 29 April-6 Juni 2019 dengan menghadirkan ribuan produk berkualitas dengan merk terbaik. Informasi lengkap bisa dilihat di www.herosupermarket.id .

  • Giant

Menawarkan ribuan produk dengan harga terjangkau melalui program “Belanja Murah Bulan Berkah”, serta “Pasar Ramadan Berlimpah Berkah” dan “Santap Segera Saat Berbuka” dimana Giant menghadirkan menu-menu baru dari kategori makanan siap saji dengan sajian yang menggugah selera dan harga yang murah. Informasi lengkap bisa dilihat di www.giant.co.id .

  • Guardian

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, bugar dan merawat kecantikan selama Ramadan, Guardian menghadirkan berbagai inspirasi menarik melalui program “Fit dan cantik Selama Ramadan”. Ada ratusan produk dengan diskon spesial sampai 30% dan berbagai tips untuk menjaga tubut tetap fit dan cantik selama Ramadan. Promo akan berlangsung pada periode 25 April-22 Mei 2019. Terdapat juga promo +1000, dimana pelanggan cukup menambahkan IDR.1000; dan mendapatkan produk kedua secara gratis untuk ratusan produk favorit. Informasi dan penawaran lengkap bisa dilihat di instagram @guardian_id.

  • IKEA

Untuk menyempurnakan perabot rumah tangga di bulan Ramadan, IKEA meberikan penawaran terbatas untuk pembelianwajan IDENTISK dari harga IDR.499.000; menjadi IDR.399.200 ;dari tanggal 26 April-5 Mei 2019. Tidak hanya itu saja, dapatkan gift voucher IKEA senilai IDR.1.500.000; untuk setiap pembelian METOD Kitchen dengan minimum pembelian IDR.15.000.000; dan kelipatan IDR.5.000.000; selama periode 25 April-26 Mei 2019 dan akan banyak penawaran menarik lainnya selama bulan Ramadan yang akan selalu di update melalui website www.IKEA.co.id.

Dengan program-program yang ditawarkan tersebut, diharapkan pengelolaan keluangan keluarga bisa terjaga dengan baik. Agar pengelolaan keuangan bisa terjaga, ada 4 point yang harus dikuasi menurut Ligwina, yaitu: menghasilkan uang, membelanjakannya, berbagi, dan menabung.  Dengan kenaikan harga di bulan Ramadan tentunya kita sudah terbiasa untuk menyiapkan dana tersebut jauh sebelum Ramadan datang. Jika ada pengeluaran yang lebih besar daripada biasanya coba gunakan dana darurat yang dimiliki untuk membantu pengeluaran tersebut. Misalnya tiba-tiba harus membayar uang sekolah anak bersamaan dengan Ramadan, maka bisa gunakan dana pendidikan anak atau dana darurat yang dimiliki sehingga pengeluaran bualan tetap terjaga.

Nah karenanya kita bisa memanfaatkan promo diskon dari berbagai supermarket agar lebih hemat dengan belanja sesuai kebutuhan dan bijak penggunaannya.

Melalui acara TUMBloggersMeetUp dan Hero Group ini diharapkan agar masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan cara mengelola keuangan yang cerdas dan tepat di bulan Ramadan dengan tidak melewatkan penawaran menarik dari Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA. Selamat beribadah puasa dan berbelanja hemat anti boncos.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku