postingan ini sungguh telat, karena bukan sibuk tapi web nya baru diberesin, jadi ya baru sempet posting-posting sekarang.

Jadi ceritanya setelah pencarian sekolah sd buat mika yang tak kunjung membuat gw dan age puas akan sekolah yang kita mau, akhirnya kita memutuskan untuk tetap di jalur lama yaitu mika sekolah sd di sekolah negeri. Gw dan age sangat tahu dengan pasti ya perbedaan sekolah negeri dan swasta, karena tahu itu kita ga jadi masukin mika ke sekolah swasta. Konsekuensi terbesar buat gw dan age untuk masukin mika ke sekolah negeri yaitu peran besar gw dan age untuk membantu mika ketika di rumah, dan memang itu yang kita ingin supaya ga terlalu santai dan menyerahkan semuanya ke sekolah. Akhirnya ya sudah sepakat untuk masukin mika ke sekolah negeri.

Masuk sekolah negeri ternyata sekarang juga ga seserem orang bilang yang anaknya harus di test dulu lah, harus bisa baca lah dan endrebe endrebe lainnya. Ternyata ya ga ribet, daftar isi formulir, balikin formulir dan tinggal tunggu pengumuman, ga ada test sama sekali dan ternyata mika di terima karena memang umurnya juga sudah 6 tahun lebih jadi pasti keterima.

Pertama banget gw, age dan mika kaget pasti ya, biasa semuanya dapet di sekolah alam katulampa, ya sekarang emang musti ekstra bener-bener ngajarin anak, cari tahu informasi dan segala macemnya. Walaupun kaget tapi tetep santai sih, jalanin aja lah namanya juga proses, semua butuh proses. Gw sama age juga ga terlalu nge-push mika yang harus bisa ini lah bisa itu lah, dibawa santai aja tapi golnya dapet. Walaupun nih mika masih suka pulang belakangan karena di kelas ternayta dia ga ngerjain tugas tapi malah main, ngobrol atau bengong yang akhirnya temen-temennya udah selesai ya mika belom. Pertama sih was was ya, tapi lama-lama sih mulai santai. Ya kali anak umur 6 tahun bisa ngelakuin semua yang kita mau ya ga bisa, ya ada anak yang emang bener-bener sudah siap/dewasa, ada juga yang belum. Masih banyak juga sih temen mika yang sudah 7 tahun tapi masih belum siap/dewasa. Ya di kelas 1 ini memang anak-anak pengenalan yang namanya sekolah, yang namanya belajar, kaget ya pasti tapi santai lah.

Yang gw lihat selama ini sih karena emang kerjaan gw cuman anter anak sekolah sama jemput sekolah, anak-anak itu ga dibiarin gitu aja sama gurunya, tetap dibantu untuk ngerjain, bahkan ujian aja soalnya dibacain koq karena ya ga semua anak sudah bisa membaca kan? gimana mau paham maksud soal kalo anaknya aja belum bisa membaca, right?. Yah intinya mah sebenernya ga ada sistem pendidikan yang jelek, tapi gimana kita melihat dari sudut pandangnya aja. Ga semua sekolah mahal bagus dan ga semua sekolah murah jelek, masing-masing sekolah punya kelebihan dan kekurangan, nah tinggal kita orangtua yang punya peran besar di rumah untuk bisa mendampingi anak menjadi anak yang terdidik dengan baik.

Jadi, karena ga ada buku manual jadi orangtua, ya buat gw dan age segalam macam hal akan dicoba mencari pola didik yang sesuai dengan karakter anak. Mika dan Jibril walaupun kakak adik tetap beda karakternya, jadi ya pinter pinternya kita orangtua gimana meramunya hahaha. Bisa ya gw ngemeng gini? bisa kalo ngemeng doang mah, kalo di suruh mengaplikasikannya juga masih naik turun beremosi ahaha.

 

Semangat ya anak sd ibu dan bapak. Semoga kamu bisa terus menjadi cahaya yang indah bagi kami dan adikmu. Semoga kami juga bisa menjadi tempat yang nyaman bagimu untuk bersandar. Selamat menjadi anak sd!

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku