Yey akhirnya gw memberanikan diri juga tadi siang (eh barusan deng wong baru jam 1 tadi) buat dateng ke (YKI) Yayasan Kanker Indonesia untuk papsmear, horay!. Pertanyaannya adalah kenapa baru sekarang diet? hueheh jawabannya sudah pasti sibuk (ini jawaban standar banget deh), atau sebenernya lebih tepatnya ga punya nyali buat papsmear (nah ini lebih bener alesannya). Ih padahal mah ya kalo gw pikir-pikir ngapain juga takut, orang kalo berhubungan suami istri aja kagak takut, lah ini koq takut? Mungkin karena terlalu didramatisir aja kali ya sama gw, makanya sampe sekarang gw beraninya make alat kontrasepsi tuh suntik kb, kagak berani make spiral huehehe, ya alesannya ya itu takut dan males diobok-obok sama dokternya jadi cari aman aja walaupun capek tiap bulan nyuntik mulu.

Nah kalo takut, terus kenapa sekarang gw berani?. Sungguh, ini bener-bener gw berani-beraniin setengah mati supaya jadi papsmear soalnya gw mulai agak ngeri dan takut waktu baca artikel di The Urban Mama mengenai kanker. Takut kalo kena kanker dan ketahuannya udah telat, mending jauh-jauh hari tau duluan ya biar kalo harus diobatin juga gampang dan ga pake harus gimana-gimana gitu yang menyeramkan. Yang bikin gw sepaneng lagi adalah pas baca artikel itu, siceritakan bahwa gejalanya kayak orang sakit magh akut, karena dia mengira kalo dia magh tapi ternyata kanker dan telat ketahuannya akhirnya meninggal. Waktu baca itu gw langsung ketakutan setengah mati, soalnya gw kan magh akut, takut kalo ternyata misalnya gw bukan magh tapi kanker? huaaaaaaa pengen jerit ga sih kalo kayak gitu, tapi semoga aja enggak ya, Amin.

Karena dari artikel The Urban Mama itulah gw memantapkan diri dan hati serta memupuk keberanian sebanyak-banyaknya untuk papsmear secepatnya dan yes gw papsmear. Sebenernya gw udah nyari tahu tentang papsmear dan tempat-tempat buat papsmear serta biayanya berapa udah lama banget, udah dari kemaren-kemaren deh nyari-nyari di forum, mbah google bahkan ampe telfon ke rumah sakit buat nanya harganya hihi dan jawabannya adalah MAHAL ya boooo, tapi ya demi buat sehat kenapa tidak? ya kan?. Eh tetapi dari hasil gw berselancar di dunia maya itu, gw menemukan tempat untuk papsmear yang murah meriah dan deket banget dari kantor gw, tinggal sekoprolan doang, dilempar atau ditendang juga nyampe hihi, yaitu di Yayasan Kanker Indonesia Pusat di menteng. Harga pasmear nya cuman 50rb aja, coba bandingkan dengan rumah sakit bersalin atau praktek dokter kandungan, paling murah 250rb cyyinnn, lumayan kan 200rb buat beli bedak, eh? hihi. Tapi emang hasilnya ga langsung besok jadi, kira-kira 2 mingguan baru jadi, ya gpp lah ya yang penting mah datanya akurat dan hasilnya baik, ya kan?

Nah tadi gw ke YKI jam 1 siang habis makan siang, oh ya pemeriksaan papsmear ini dibuka setiap hari kerja dari jam 9-2. Karena tutup jam 2 jadi gw kesananya jam 1 biar ga antri dan penuh, tapi emang ga antri sih, orang yang daftar tadi cuman gw doang huehe. Sampe sana gw langsung daftar, dimintain ktp buat nyatet identitas kita lalu kita disuruh isi formulir ketersediaan untuk diperiksa. Habis isi formulir, terus bayar deh 50rb, dikasih kwitansi dan kwitansi ini wajib disimpen buat ambil hasilnya nanti, ya inget ya disimpan kwitansinya. Terus kita disuruh simpe kartu berobat dan disuruh simpen no rekam medisnya di hp supaya kalo misalnya kartu berobatnya ga bawa atau hilang, bisa dicariin rekam medisnya kalo kita tau no rekam medisnya. Tapi no rekam medis ini cuman berlaku di satu cabang aja, jadi kalau kita buat pertamanya di menteng, rekam medis itu ga berlaku di lebak bulus, begitu kira-kira. Habis daftar, nunggu sebentar lalu dipanggil masuk, disini ditanyain juga punya anak berapa, pernah keguguran ga, pake alat kontrasepsi apa, pertama haid tanggal berapa dan bla bla lainnya kemudian diperiksa deh, sumpah pas saat itu gw deg-degan gitu serta perasaan ga menentu, tapi karena dokternya cewek dan asyik dan disuruh santai jangan tegang akhirnya santai lah gw, kemudia dia periksa dan ga berasa apa-apa, ya biasa aja lah kayak usg vaginal waktu hamil dulu, malah lebih ga enak pas usg dibandingkan papsmear ini, sumpah ga berasa. Pas diperiksa tiba-tiba dokter bilang:

Dokter : “Haidnya tanggal berapa kemaren?”

Gw:  ” Tanggal 3/4 dok, sekitar segituan”

Dokter: ” Koq ada darahnya ya?”

Gw:  (tiba-tiba panik dan takut), hah darah? kenapa dok?”

Dokter: (meriksa lagi), oh ini sariawan, ga bahaya, sama kayak kita kalo sariawan di bibir, ini gara-gara pola makan aja, kurang makan sayur dan buah ya?”

Gw: (doeng serasa ketampar) hehe iya dok

Dokter: “Makan sayur dan buah ya bu, walaupun ga bahaya kan tetep aja ga enak, takutnya nanti malah membesar”

Gw: “Iya dok” (pr banget nih)

Dannnnn baru ketahuan kan pas diperiksa? PR banget nih buat gw dan mungkin temen-temen yang lain untuk makan sayur dan buah. Selama ini mana gw ngerti kalo di daerah vital kita bisa juga sariawan karena selama ini gw ngerasa baik-baik aja dan ga ada masalah sama sekali, huhu. Baiklah daripada kenapa-kenapa mending diikutin deh perintahnya si bu dokter buat makan sayur dan buah. Karena disuruh makan buah, akhirnya habis periksa gw beli es buah, huahahaha ga usah pada komen lah ya, ini sih cuman alesan gw aja karena haus dan panas serta ngiler ngeliat orang dengan enaknya makan es buah, ya siapa yang kagak kepengen, hihi.

Yah semoga (berdoa komat kamit) hasilnya normal dan ga ada yang menakutkan ya, Amin. Mari kita tunggu hasilnya 2 minggu kedepan, yay! (padahal deg-degan nunggu hasilnya).

Jadi siapa yang belum papsmear heh? heh? heh? Ayo papsmear! ga sakit, sumpah deh ga sakit!

Comments (13)

  • de

    hai Dieta,
    lam kenal yah.

    papsmear memang terdengar sedikit menakutkan, tapi kalo udah pernah mah gak sengeri yg dibayangkan toh. Insya Allah de juga rutin tiap tahun papsmear.

  • maria augusta

    hai, dieta
    satu tahun yg lalu, saya pernah tkena radang radang servik akut dan sudah diobati. Tp msh ada rasa khawatir kl tkena penyakit itu lg. Kebetulan saya mbaca artikel ini. Saya jd pengen papsmear. Apa ada pantangannya sblm papsmear? Thanks ya utk infonya.

    • rida

      tau radang serviks akut drmana bu? dan gmna cara obatin nya? terus kalo pap smear kita telanjang gitu g sih wktu dperiksa?

      • Alia

        Aku lg radang vagina stress luar biasa dan deg2an nunggu hasil test papsmear huahuaa..aku dah coba Vagina toilet sampe 4x mmg ada perubahan tapi mahal

  • cika

    sis dieta ..

    boleh tau yki yg di daerah mana yah .. thanks

  • Yuyu

    Buuu…betul nih ga sakit..rasanya gimna sih?

  • resha

    Sist bener ga sakit ??? Dr kmren ragu aq sist mau pap smear tp takuuuuutttt 😭😭 liat video nya di youtube ngeriiiiii…

    • resha

      Sist bener ga sakit ??? Dr kmren aq ragu mau pap smear takuuuttt 😭😭 liat video nya di youtube ngeri 😭😭

  • Vivi

    Sis bneran ga sakit? Ga kerasa apa2 gt? Aku ada dijadwalin pap smear bln depan, nyali blm berani hahaha

  • syndhe

    Sist terus hasil papnya udah keluar belum ? Bener ga sakit kan ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku