Ehmm gw emang jarang banget ngomongin tentang bokap, bukan karena bokap cowok dan gw cewek, tetapi emang dimana-mana namanya anak pasti lebih deket ke nyokap dibanding bokap, walaupun gw sama bokap juga deket.
Kenapa tiba-tiba gw ngomongin tentang bokap padahal hari ini bukan hari ayah atau sejenisnya? Gpp sih pengen aja karena emang ga pernah diomongin, tapi sebenernya lebih kepada bangganya gw dan senengnya gw punya bokap ya kayak bokap gw walaupun bokap bermuka sangar, bersuara keras dan tampangnya bikin takut orang, tapi disisi lain bokap amat sangat perhatian dan sayang sama anak-anaknya, menantunya dan terutama CUCUnya! Kenapa gw gedein tuh kata CUCU? karena ya posisi gw sebagai anak sekarang dikalahkan oleh mika si cucu kesayangan bokap hahaha.

IMG_1762

Bokap emang punya tampang sangar dan bikin orang yang baru ngeliatnya takut dan malas nyari masalah ke dia, udah gitu bokap juga suaranya keras *ya orang padang juga namanya ya*, tetapi seperti yang gw bilang tadi, bokap tuh sayang sama anak-anaknya, perhatian dan ga pengen anaknya seperti dia dulu, hidup susah, dll *ya standar orang tua lah ya*. Bokap itu jarang marah-marah sama anaknya, dia lebih banyak diem, dan nyuruh nyokap buat ngomong ke kita (gw dan adek gw) kalo dia ga suka sama kelakuan kita berdua. Iya bokap gw tuh kayak susah negur gw atau adik gw, pasti nyokap duluan yang disuruh, tetapi sekalinya dia negur, oh rasanya mak jleb yang diomongin sama dia dan biasanya gw langsung nurut dibandingkan nyokap yang ngomong hihi. Dan yang lucunya kalo kata nyokap gw sih ya yang bilang: “Papa kamu tuh kayang orang celeng kalo ga ada anak-anaknya dirumah”, hihihi gw langsung ngakak pas nyokap ngomong gini ke gw, tapi emang bener, bokap tuh galau sugalau lah kalo dia pulang kerja ga ada anak-anaknya, dan yang bikin lucu walaupun galau tapi dia sok jaga gengsi kalo dia fine aja ga ada anak-anaknya hahaha. Emang dulu waktu gw masih tinggal bareng bokap nyokap, pasti tiap pulang kerja bokap bakal nanyain gw dan adik gw kemana, kalopun kita udah pulang ya udah biasa aja dianya ke gw dan adik gw hihi, padahal tadi nyariin. Intinya sih dia pengen sampe rumah liat anaknya aja udah seneng dan puas.

Karena bokap jarang marah, makanya gw dan adik gw paling takut sama bokap, tapi bokap paling gampang di mintain duit dibandingkan nyokap *ya iyalah ya emak-emak kan pelit dan perhitungan hihi*. Enggak sih, di keluarga gw emang ada aturan tersendiri masalah keuangan ini, untuk hal rutin setiap bulannya kayak uang jajan, spp sekolah tuh dari nyokap, tetapi kalo misalnya gw butuh baju baru, sepatu baru atau uang tambahan jajan ya mintanya ke bokap, ya gitu lah kira-kira. Bokap orang yang amat sangat tegas, dia pengen semua anak-anaknya bisa jadi anak yang sukses dengan jerih payah sendiri. Tapi emang gw agak lebih disetir ya dibandingkan adik gw yang bebas memilih, ya maklum lah anak pertama jadi pasti buat trial n error hihi. Karena bokap yang tegas dan selalu ngasih apa yang kita butuhin, makanya gw sama adik gw untuk masalah sekolah ga pernah mau main-main, pengen buat bokap bangga sama gw. Dan walaupun gw tau dia bangga sama gw, tapi tetep lhoooo dia sok jaga wibawa supaya ga ketahuan kalo sebenernya dia bangga sama gw atau adik gw, sok lempeng aja gitu. Sebenernya bokap itu malah jarang banget nyemangatin gw atau adik gw untuk bisa ngelakuin sesuatu, tetapi lebih kepada ngecelin gw dan adik gw, tapi gw ga tau juga ya dengan bokap yang kayak gini gw dan adik gw malah jadi semangat ngebuktiin ke bokap kalo kita bisa naklukin tantangan dari bokap. Bener deh bokap tuh sering banget bilang: “Ah kayak kamu bisa aja, palingan juga ga lulus” atau “Ah papa ga pernah liat kamu bisa main alat musik, mana bisa kamu ngeband” atau “Ah papa ga yakin sama kamu, kamu kerjaannya main melulu” dan lainnya yang kira-kira hampir sama kata-katanya. Tapi ga jarang juga sih keluar kata-kata yang menyemangati buat kita, tapi ya itu JARANG! hihi. Nah kalo kitabisa buktiin sama dia kalo kita bisa, dia bakal bangga banget dan kadang suka lebay dan bikin mules, eh? hihi.

Bokap itu orang yang sangat disiplin banget, makanya ga heran dia dinobatkan jadi pegawai teladan di kantornya, wong OB kantor aja belom dateng dia udah dateng duluan hihi. Buat bokap kalo kerja itu harus total, gaboleh setengah-setengah, jalanin semua kerjaan dengan sungguh-sungguh, dan gw cuman bisa nyengir doang kalo bokap bilang gitu, emang dasar gila kerja, bahkan sakit aja masih masuk kerja.

Gw sama bokap bisa dibilang kayak temen, sering curhat dan minta pendapat bokap, bahkan sampe gw nikah pun, masalah pekerjaan aja kadang gw suka minta pendapat sama bokap karena gimanapun juga dia lebih berpengalaman kerja di pemerintahan ya, nah gw kan baru dan langsung sutrisno deh ah kerja di pemerintahan, nah bokap bener-bener nguatin gw banget untuk bisa lebih berfikir terbuka dan sabar. Banyak banget nasihat-nasihat bokap tuh yang menohok banget buat gw, membuat gw langsung instropeksi diri dan mencoba menjalani saran-saran dari bokap. Kalo kata nyokap dan age, gw sama bokap itu persis sama banget tingkah dan kelakuannya, keras kepalanya, emosiannya, panikan, galak hihihi, pokoknya bagaikan pinang dibelah dua lah, sama persis sis sis, cuman beda kelamin aja, makanya gw agak lebih deket dan berani ke bokap dibanding adik gw, ya mungkin karena wataknya sama kali ya….

Yang jelas, sebagai anak gw sangat beruntung dan bangga punya bokap seperti papa, banyak hal yang bisa gw ambil dari cara bokap mendidik gw dengan keunikan dan kelebayannya hihi. Yang jelas buat gw, bisa membuat bokap bangga adalah suatu hal yang sangat berarti buat gw karena gimanapun juga jasa bokap sebagai orangtua ga bisa dibayar dengan apapun, dengan membuat beliau bangga sudah membuat gw bahagia dan membuktikan bahwa gw bisa jadi anak yang dia banggakan.

Psssttt….Sebenernya gw nulis gini karena ulah bokap sih, kebetulan nih besok sabtu bokap mau ke Papua, padahal dia pengen banget ketemu mika, jadilah akhirnya kemarin malam mika diboyong ke puncak ikutan acara kantornya bokap demi bisa main sama cucunya hahaha. Jadilah gw mikir, bokap gw emang bener-bener deh ya sama anak dan cucunya *dan gw yakin semua orangtua dimanapun berada juga gitu*.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku