Taman Ade Irma Suryani (taman topi)

Taman Ade Irma Suryani Bogor ini sebenernya nama aslinya, tetapi kebanyakan orang taunya adalah Taman Topi Bogor. Taman ade irma suryani ini memang lebih dikenal dengan taman topi oleh kalangan warga bogor ataupun diluar bogor, kebanyakan ga ada yang tau dan kenal dengan taman ade irma suryani karena kalah populer dibanding taman topi. Taman ade irma suryani ini sebenarnya memang terletak di kawasan Merdeka (kapten muslihat) disebelah stasiun Bogor. Jadi kalo dari Jakarta dan naik kereta api gampang banget nemuin taman ade irma suryani ini.

Pintu masuk

Gw mau cerita sedikit sih tentang taman ini. Sebetulnya hampir tiap hari gw ngelewatin tempat ini, ya gimana ga tiap hari soalnya kan gw tiap hari kerja naik kereta, jadi mau ga mau gw pasti bakal numpang lewat taman topi ini buat ke satasiun, jadi buat gw udah ga asing lah ma ni tempat. Tapi ternyata di dalam taman topi ini emang ada tempat wisata (ya istilahnya tempat main-main lah ya) Taman ade irma suryani ini. Sebelumnya gw belom pernah masuk daerah ini sampai pada akhirnya gw masuk juga karena eyeliner (band nya age) manggung disitu, bertepatan dengan event nya kota bogor yaitu pesta rakyat bogor, maklumlah bentar lagi kan ulang tahun Bogor, makanya menjelang ulang tahun pasti banyak acara-acara kayak gini.

eyeliner

Okay, sebelum ngalor ngidul gw akan mulai dongengnya, hehe. Untuk masuk ke Taman ade irma suryani ini sih gratis kalo kemaren, ga tau sebelum-sebelumnya gratis apa kagak, tapi walaupun ga gratis gw pikir tiketnya ga bakalan mahal banget, karena emang taman ini diperuntukkan untuk rakyat, jadi rakyat kalangan bawah pun bisa menikmatinya walaupun versinya jauh banget ya sama miniapolis, hahaha, tapi buat mereka dengan adanya ini juga udah ngebuat mereka happy tanpa ngeluarin duit banyak. Nah ditaman ini emang banyak banget permainannya, mulai dari monorail, jungkat-jangkit, gajah terbang, komidi putar, putar-putar, caterpillar, perahu boat, flying fox, berbagai jenis patung hewan, ayunan, panjat-panjatan, dan masih banyak lagi (gw ga hafal semua). Harga tiket untuk masing-masing permainan juga murah koq tapi gw ga tau berapa dan gw pikir sih ga sampe 10rb deh, mungkin cuman 2rb, hehe soalnya kemaren karena eyeliner tampilnya udah sore jadi ga sempet ngajakin mika buat main itu semua. Gw cuman ajak mika naik patung-patung itu, ayunan sama naik kuda-kudaan aja, hehe.  Sebenernya tempatnya sih lumayan bagus lah, bersih cuman memang perlu perawatan lebih supaya lebih bagus lagi dan menarik massa lebih banyak lagi. Keadaan kayak sekarang aja udah rame banget lho pengunjungnya apalagi kalo lebih ok pasti kalangan atas pun mau main kesini daripada ke fun city atau miniapolis, hihi.

Intinya sih buat gw, bersyukur banget masih ada tempat kayak gini di Bogor, jadi anak-anak ga cuman main di mall aja, tapi bisa menjelajah taman gede sambil lari-larian dan main mainan yang ada. Soalnya gw mikirnya mall itu bukan buat tempat bermain sih, tapi buat tempat belanja hehe, walaupun sekarang di mall-mall udah banyak tempat main buat anak-anak juga. Tapi balik lagi ya dan ini khusus buat gw sendiri, gw lebih antusias ngajak Mika ke tempat kayak taman ade irma suryani ini daripada ke fun city atau sejenisnya, soalnya gw bisa ikut-ikutan lari-larian di taman sama mika jadi makin seru (sekali lagi ini versi gw, hihi). Jadi, yuk ah kita lestarikan taman-taman seperti ini supaya ga punah dan ga dijadiin mall baru lagi, sebel booo kalo taman atau tempat main anak-anak diancurin trus dijadiin mall, berasa sakit hati gituh, hehe *lebay*.

Gempa Jogja 5 tahun lalu

Hari ini tepat 5 tahun lalu di suatu pagi kota Jogjakarta mengalami gempa yang cukup besar yang membuat kota Jogja porak poranda dan seperti mati suri. Dan ketika kejadian gempa 5 tahun lalu, gw ada di Jogja untuk mengenyam pendidikan disana. Sungguh hal yang tidak pernah gw ataupun masyarakat jogja harapkan bahkan bayangkan akan terjadi gempa yang bisa dibilang membuat kami trauma lahir batin.

Kejadian gempa di pagi hari itu membuat seluruh warga jogja panik luar biasa. Gempa itu benar-benar terasa sekali guncangannya di kota, bagaiman yang di Bantul atau daerah yang dekat pusat gempa? saya tidak bisa menggambarkannya karena memang banyak rumah-rumah yang hancur berkeping-keping, begitu juga dengan sekolah ataupun gedung perkantoran, semua ga luput dari amukan sang gempa. Waktu gempa terjadi, gw langsung keluar rumah karena guncangan semakin keras, semua orang keluar dari rumah masing-masing, kebetulan waktu itu age lagi ada di Jogja dan ini membuat gw sedikit kuat dan ga nangis. Anak-anak kost gw udah pada panik dan nangis, bahkan sampai ada yang lari entah kemana bawa handuk dan ijazah, haha (kl inget ini mau ketawa). Mungkin kalo ga ada age, gw pasti udah ikutan lari juga tuh bawa ijazah, hihi. Dari kepanikan itu, kami mengira itu adalah gempa yang disebabkan oleh letusan gunung merapi, karena saat itu memang gunung merapi juga lagi seneng bergoncang-goncang. Tetapi ternyata kami salah, itu bukan dari gunung merapi!. Tak lama orang-orang mulai berteriak tsunami sambil berlari-larian hendak menyelamatkan diri. Mendengar orang teriak tsunami, air datang dan sejenisnya, gw bukannya kabur malah mikir: kalo emang tsunami sepertinya air bah nya ga akan sampai sini, jauh sekali sepertinya. Tetapi Alhamdulillah, tsunami itu tidak ada, hanya gempa, ya gempa yang sampai sekarang masih terasa menyayat dihati.

Sejak gempa terjadi, Jogja pun mati suri. Walupun listrik masih menyala tetapi keadaan kota yang biasanya ramai mendadak sepi dan hampir seperti kota mati. Rumah makan pun tidak ada yang buka, sehingga membuat kesulitan bagi kami yang kost untuk mencari makanan, jikapun ada yang buka sudah pasti antri panjang sekali. Oh, saat itu saya rindu Jogja yang seperti biasanya dan ingin sekali pulang ke Jakarta. Karena banyak rumah yang rusak, banyak warga Jogja yang mengungsi ke pengungsian yang disebar disetiap titik. Beberapa anak kost gw ada juga yang ke pengungsian karena takut terjadi gempa lagi dan takut rumah kost ambruk, tapi gw dan beberapa temen kost yang lain tetep setia di kost sambil tidur berjamaah di ruang tamu kost, biar kalo ada gempa lagi kami bisa langsung keluar rumah.

Walaupun diguncang gempa yang lumayan besar, Jogja bisa bangkit dari keterpurukan itu, semua warga bahu membahu untuk membangun kembali rumah mereka yang rusak. Bahkan sampai waktu KKN pun gw ditempatkan di daerah yang terkena gempa juga untuk membantu membuat fasilitas atau pengajaran baru bagi warga disana. Sungguh, gempa 5 tahun lalu merupaka kenangan yang tidak akan pernah terlupakan dan trauma itu masih membekas dihati. Semoga bencana alam apapun dapat membuat kita menjadi kuat dan sadar akan kekuatan Yang Maha Kuasa, Amin.

Coffee Time Cafe

Kemarin sore pulang kerja, age ngajakin makan di luar (maklum baru gajian, jadi foya-foya,hehe) dan kebetulan Taya bareng pulang sama kita jadi sekalian aja makan malem bareng. Sebenernya ga tau pengen makan apa karena emang gw saaat itu lagi bingung mau makan apa, pengennya makan di tempat makan yang baru atau yang belom pernah gw kunjungin. Sebenernya penasaran sama Leisure (baru buka di Bogor) karena di spanduknya Leisure ini tempat makan, reflexy sama playground buat anak-anak, mikirnya lumayan lah buat Mika main-main. Tetapi entah kenapa kita ga nemu tempatnya di mana, di spanduknya sih dikasih tahu di Jl. Padjajaran no.78, tapi kan jalan padjajaran itu panjang banget boooo dan nomor urut nya ga pernah teratur, maksud gw ngacak, jadi bisa aja yang nomor 51 dimana, nomor 55 nya dimana. Nah karena males nyari-nyari lagi dan tiba-tiba gw ngelihat plang Coffe time cafe, gw langsung nanya sama age: “itu tempat ngopi doang ya? ga ada makanannya?” ternyata kata age dan taya ga cuman menu kopi aja disitu ada banyak jenis makanan yang bisa gw makan koq disitu dan katanya lagi tempatnya enak. Ih curang deh, ternyata age ma taya dah pernah kesitu, ya iyalah secara ternyata cuman sekoprolan doang dari kantor mereka, hahaha.

Okay jadilah kami berbelok ke coffee time cafe ini, dan pas baru di tempat parkiran gw langsung ngeh ini tempat. Jadi dulu dan sampe sekarang sih, tempat coffee time ini sebelum ada cafenya adalah tempat outlet keramik gitu yang barangnya bagus-bagus banget dan sekarang dibuat juga cafenya. Pas baru masuk, gw udah seneng ngeliat tempatnya, Ok juga buat nongkrong-nongkrong dan berasa nyantai banget kayak dirumah (eh ini serius lho) ditambah interiornya juga keren dan lucu-lucu yang dari keramik-keramik mereka jual itu. Selai tempat menu yang disedian juga lumayan banyak, harganya ga terlalu mahal banget kalo gw bilang, dan juga ada menu untuk anak-anaknya walaopun cuman 3 menu.

Akhirnya gw memesan Steak sunda (Rp.20.000) dan Strawbery Crush (Rp.13.000), steaknya sih enak cuman agak asin aja sedikit, tapi pas gw campur sama mayonaise dan saos sih rasa asinnya ilang, ga terlalu buruk lah kata gw, masih enak buat dimakan dan porsinya cukup bikin gw kenyang. Kalo age dia memesan Calamari (Rp. 17.500) , Ice Coklat (Rp. 10.000) dan Rain city salad (Rp. 15000), calamarynya empuk pas digigit jadi langsung enak buat dikunyah, yang gw suka ice coklat nya pas buat gw, ga terlalu manis tapi sedap buat diminum. Untuk saladnya sayangnya gw ga nyobain jadi ga tau rasanya enak apa enggak, tapi kalo dilihat penampakannya yang langsung habis sama age pasti saladnya ga  mengecewakan. Nah kalo Taya sih dia memesan Tempura (Rp. 17.500) dan Lemon Squash (Rp. 8000), ngeliat lahapnya taya makan, gw yakin juga bahwa tuh tempura ga mengecewakan tapi gw ga tau ya kalo ternyata taya laper berat, jadi bisa aja dia kelaperan, hehe *piss tay!*. Buat mika gw memesan I Love Chicken (Rp. 17.500), rasanya sih gw bilang agak hambar ya, entah kenapa mungkin karena untuk anak-anak atau emang kayak gitu, gw juga ga terlalu tau, karena agak hambar jadi Mika ga terlalu doyan, dia cuman makan kentang gorangnya aja.

Nah selain makanan yang lumayan dan tempat yang ok, ada satu lagi yang gw suka dari tempat ini, yaitu TOILET nya! serius deh toiletnya bagus (norak sih gw soalnya ga bisa punya toliet kayak gitu). Jadi tolietnya gede, didalamnya ada airmancur mininya dan taman kecil gitu lah, ada tempat shower dan wastafelnya juga, arsitektur dan interior di dalamnya juga bagus-bagus dan terbuat dari keramik-keramik yang mereka jual, jadi tambah cantik. Nuansa etnik nya dapet  banget kalo gw bilang, dan kalo gw punya toilet/kamar mandi kayak gitu kayaknya gw betah berlama-lama di kamar mandi, hehe. Banyak sih tempat makan yang gw temuin tolietnya juga pada bagus-bagus, tapi ini lucu aja kalo kata gw, unik lah, kalo penasaran liat langsung aja ke coffee time cafe, hihi.

Coffee Time Cafe (murni keramik)

Jl. Guntur No. 2, Bogor. Tlp. 0251-8381167

Hasil Pembelajaran dan pengasuhan di daycare

Kemarin gw dapet report hasil pembelajaran dan pengasuhan Mika di daycare. Sebenernya setiap hari gw selalu dapet report harian tentang apa saja yang dilakukan Mika pada hari tersebut seperti makan apa saja, belajar apa saja, tidur dari jam berapa sampai jam berapa dan hal yang lainnya. Tapi yang kemarin gw dapet lebih secara global tentanh tumbuh kembang Mika dan anak-anak lain di daycare tersebut.

Perkembangan pengasuhan yang dilakukan di daycare ini terbagi menjadi 4 kelompok ketrampilan, yaitu: (1) Kemampuan bergaul dan kemandirian; (2) Kemampuan menerima pengetahuan; (3) kemampuan kinestik, meliputi gerak halus dan kasar; (4) Kemampuan bicara dan bahasa. Selain hal itu, upaya yang di lakukan oleh daycare yaitu mulai menambah waktu untuk memperkenalkan anak-anak pada alat musik, kegiatan menyanyi baik bersama maupun sendiri yang merupakan bagian terbesar dalam kegiatan di kelas, olahraga dan juga memasaka yang dilakukan sebulan sekali, selain itu juga meberikan pelajaran agama, etika dan hal-hal lain yang bersifat mendidik.

Dari report yang diberikan dan berdasarkan pola perkembangan pengasuhan diatas berikut laporan perkembangan mika:

  1. Kemampuan bergaul dan kemandirian. Dalam hal ini Mika mampu dalam beraktivitas bersama teman sebaya, berbagi mainan dan perduli terhadap teman. Didalam kegiatan di kelas, Mika sudah mulai berani untuk menyanyi sendiri (berdiri di bangku kelas). Mika pun dapat tidur sendiri ataupun mudah tidur bila ditunggui dan ketika bangun tidak lagi menangis.
  2. Kemampuan menerima pengetahuan/mata ajar. Dalam membuat prakarya, melihat percobaan sederhana, membedakan rasa, meniup lilin dan sebagainya selalu diikuti dengan antusias oleh Mika dan anak-anak lain, tetapi untuk kegiatan di kelas selama satu jam Mika masih sering moody walalupun tetap berada di dalam kelas.
  3. Kemampuan Kinestik (gerak halus dan kasar). Dalam hal ini hampir semua anak termasuk Mika senang berlarian sambil berteriak-teriak, karena hal itu dialihkan ke senam irama untuk membuat semangat bagi anak-anak. Dari segi gerak halus dan kecerdasan dilakukan kegiatan mewarnai gambar-gamabr, bermain warna dan bentuk yang diikuti oleh semua anak-anak. Mika belum mampu mewarnai dengan sempurna tetapi dia sudah mampu membuat coretan-coretan.
  4. Kemampuan berbicara dan bahasa. Berkomunikasi, mendongeng, menyanyi, berkenalan dengan huruf dilakkan secara rutin agar anak terbiasa dalam berbicara dan bersuara. Anak-anak termasuk Mika selalu antusias jika kegiatan mendongeng dilakukan. Mika pun sudah mulai banyak kosakata dalam berbicara.

Selain laporan tersebut diatas, gw pun juga dikasih laporan tentang perkembangan berat dan tinggi badan anak mulai dari Juni 2010-Mei 2010. Karena mika baru masuk akhir tahun 2010 jadi pengukurannya pun dimulai medio desember 2010 dengan hasil berat badan 9,5kg dan tinggi 81cm. Akhir maret 2011, berat badan 10kg dan tinggi 82,5cm dan pada awal mei 2011, berat badan 10,5kg dan tinggi 84cm.

Ternyata ga cuman itu aja, ada lagi laporan kegiatan yang bisa/tidak dilakukan oleh Mika dengan rentang umur 25-26 bulan.  Okay kegitannya seperti:

  1. Mika dapat melakukan kegiatan meletakkan satu kubus diatas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut. Ehem kalo dirumah Mika ini perasaan suka jail, soalnya kalo lagi main kubus dan bikin menara pasti dia dengan sengaja jatohin kubus-kubus itu supaya gw kesel, haha anak gw emang agak jail (seperti bapaknya).
  2. Mika sudah bisa mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain papa dan mama. Nah yang ini emang bener udah bisa, karena udah mulai banyak kosakata yang dia kenal jadi ngebuat Mika bawelnya minta ampun dan selalu nanya mulu, hehe. Terkadang gw sih seneng nanggepinnya tapi kadang-kadang capek bowww hehe.
  3. Mika mampu berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan.
  4. Mika sudah mulai bisa membuka baju dan celananya. Untuk baju asal yang tidak kancing dia sudah mulai bisa membuka baju. tapi ya balik lagi, Mika itu memang moody abis, jadi kalo dia ga mau ya ga bakal mau.
  5. Mika sudah bisa naik tangga sendiri dengan posisi tegak dan berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. kalo hal ini emang kesenangannya dia dibolehin naik tangga.
  6. Mika juga sudah mampu menunjukkan paling sedikit satu bagian dari badannya (rambut, mata, hidung, dll). Hal ini hal paling menarik, karena kalo ditanya tentang bagian tubuh, Mika akan selalu antusias menjawabnya sambil nyengir lebar, hihi.
  7. Mika sudah mampu makan nasi sendiri dari mulai sedikit yang tumpah atau banyak yang tumpah, tetapi biasanya kalo banyak yang tumpah karena sengaja dia tumpahin atau dimain-mainin. tetapi kalo memang dia niat mau makan, yang tumpah pun sedikit karena masuk semua ke mulutnya.
  8. Mika juga sudah mampu membantu memungut mainannya sendiri atau membantu mengangkat pirirng jika diminta.
  9. Tanpa berpegangan pada apapun, Mika sudah dapat menendang bola kecil ke depan. Sebenernya ga cuman buola kecil aja, bola besar pun sudah bisa dia tendang tapi menggunakan kaki kiri. Entah kenapa untuk masalah menendang, Mika selalu menggunakan kaki kirinya, beberapa kali diajarin untuk menendang dengan kaki kanan tetapi pasti kaki kiri lagi yang menendang, entahlah mungkin Mika kidal seperti datuknya, hehe.
  10. Jika diberikan pinsil, mika sudah dapat mencoret-coret kertas tanpa bantuan dan petunjuk. Sama ini mika selalu mencoret-coret di kertas, tidak pernah ditempat lain karena selalu gw dan age alihkan kembali ke kertas, tetapi entah kenapa kemarin dia mulai mencoret-coret di kaki dan tangannya sambil pamer hasil karyanya *tepok jidat*. Gw berusaha untuk mengalihkan lagi ke kertas, semoga berhasil, hehe.

Laporan kali ini bener-bener lebih komplit dari laporan biasanya, bahkan sampai ada laporan tentang materi ajar yang mereka lakukan dari Februari-April 2011, selain itu juga kita dikasih laporan menu harian makan siang, buah serta sncak setiap harinya dari Februari-April 2011 juga. Ga cuman laporan aja, kita juga dikasih Lagu dan Doa yang diajarkan disana, jadi orang tua tahu apa saja yang diajarkan ke anak-anak mereka. Nah dengan dikasihnya catatan lagu ini gw jadi ga bingung lagi kalo mika minta nyanyiin lagu yang dia tahu di datcare tapi gw ga tau, hehe soalnya sering kayak gitu, Mika minta nyanyi lagu apa yang gw ga tau lagunya kayak apa, jadilah gw mengarang indah, hihi.

Dengan adanaya laporan kayak gini, gw jadi tambah cinta sama nih daycare hehe. Sungguh dia membuat hidup gw jadi lebih mudah, heh apa sih? maksud gw, dengan adanya daycare yang sekalian hampir sama kayak playgorup ini membantu banget juga dalam perkembangan mika, karena sebelum masuk ke daycare itu dan masih sama ART, jauh banget bedanya perkembangan Mika. Tapi ya gw sadar banget tumbuh kembang anak tetep aja orangtua yang bertanggung jawab bukan sekolah atau siapapun dan ini gw setuju banget. Gw juga ga nyerahin sepenuhnya ke daycare lah, tetep dirumah juga gw ajarin mika dan main sama mika juga, ga lantas cuek bebek aja. Tapi yang jelas, gw ngerasa nyaman dan aman lah anak gw di daycare dibanding sama ART dirumah berduaan aja, karena hal ini juga gw keukeuh seureukeh ga mau pake ART lagi, biar lah capek badan tapi hati seneng hehe.

Alergi

Entah kenapa tiba-tiba tangan gw gatel-gatel dan bentol-bentol, gw mikir kayaknya kaligata nih, tapi setau gw kan kaligata gede-gede gitu ya bentol-bentol merahnya (soalnya ini jg gw sering ngaleminnya), nah kemarin ini ga bentol-bentol gede tapi kecil-kecil dan merah-merah. Pertamanya gatel ditangan, lama-lama ke kaki tapi ga ke badan. Gw berusaha menenangkan diri dengan mengusap usap tangan dengan belaian yang sangat halus, tapi lama-kelamaan ga tahan juga sama gatelnya, akhirnya digaruk lah sekuat tenaga, hehe.

Sampai saat ini gw juga belum mendapatkan kepastian yang jelas apa penyebab alergi ini, curiga sih dan dokter pun curiga karena kena tanah atau serangga, entahlah. Soalnya gini, minggu pagi gw sok-sok an mo motongin rumput di pekarangan rumah gw yang udah pada tinggi-tinggi, gw nyabutin rumputnya pake tangan sama pake parit, salahnya gw adalah gw ga pake sarung tangan dan baru ngelakuin pekerjaan cabut rumput ini pertama kalinya, hehe maap ya bukannya saya anak manja ga pernah nyabut rumput tapi emang ga pernah karena ga suka bercocok tanam jadi pasti lewat aja deh tuh kerjaan. Pas ngerjainnya sih ga ada masalah ya, tapi tiba-tiba malamnya tangan gw itu langsung gatal-gatal kayak yang gw ceritain diatas. Sampe-sampe gw ga bisa tidur nyenyak karena ngegarukin tangan mulu. Pagi nya karena hari senin dan musti ngantor, pas abis mandi tiba-tiba tambah parah gatelnya dan ga bisa ditolerir lagi. Niat mo kerja gw batalin, langsung sms boss minta izin ga masuk dan mau ke dokter aja. Age sih nawarin ke dokter kulit, tapi karena gw ga tau jadwal praktek dokter kulit jam berapa akhirnya gw coba ke dokter umum langganan gw aja, kalo nanti dari sana ga sembuh baru ke dokter kulit deh pikir gw waktu itu. Akhirnya ke dokter umum lah gw, dan ceritain keadaan gw sebelumnya (yg masalah nyabut rumput itu), dan si dokter nyengir kuda sambil bilang: lain kali ga usah nyabutin rumput lagi ya bu, hehe. *sial*. Dokter sih yakin itu alergi, cuman kata dia kalo alergi itu yang ditakutin bukan bentol-bentolnya tapi takutnya sesak nafas, ini yg harus dihindarin, dan beruntung gw ga pake sesak nafas. Akhirnya gw dikasih oleh-oleh obat alergi yang gw tau banget pasti obat alergi ini bikin ngantuk setengah mampus deh, sama caladine lotion, udah itu aja. Dan bener lho abis gw minum obat tuh alergi langsung ngantuk dan tidur dengan nyenyak, hehe sesaat lupa sama gatelnya hihi.

Sekarang sih masih agak gatel ya tapi udah ga bentol-bentol lagi, cuman obatnya ga gw minum, takut gw tidur di kantor dengan nyenyak, hehe. Gw cuman bawa si caladine lotionnya aja buat ngilangin gatel, semoga aja lah cepet ilang gatelnya. Maklum aja sih soalnya kulit gw ini emang rada sensitif dengan apapun, terkadang nyamuk cuman lewat aja bisa bikin bentol-bentol kulit gw, makanya kalo banyak nyamuk pasti gw udah heboh sendiri ngomel-ngomel sambil garuk-garuk, hihi.

  • Siapa hayoh?

    ga suka kekerasan, sebel bunyi klakson, suka renang, ga suka makan babat, suka banget pizza dan buah duku